FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
[Promo 12.12]Bayar pakai OVO, dapatkan 30% cashback, max 10rb!
Advertisement
Advertisement

Jangan Sampai Salah Langkah Memakai Skincare! Ini Dia Langkah yang Benar

Merawat kulit wajah bagi sebagian wanita merupakan keharusan. Tetapi, dari sekian banyak produk perawatan kulit wajah yang Anda gunakan, apakah Anda sudah mengetahui urutan skincare yang benar?

TIDAK sedikit yang mengaku masih bingung cara merawat kulit wajah yang benar. Bagaimana urutan skincare yang benar? Apakah toner, serum, krim pelembab dan masih banyak lagi produk lainnya?

Jangan biarkan diri Anda bingung! Mempraktekkan urutan skincare yang benar adalah salah satu cara merawat wajah agar tidak kusam. Jika tidak diterapkan dengan tepat urutannya, produk akan kurang efektif bekerja & wajah Anda akan tetap kusam.

Wah, jangan sampai itu terjadi, ya! Jadi, untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada Anda tentang urutan skincare yang benar dan cara merawat wajah agar tidak kusam, yuk cek langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Pembersih

Pakar kecantikan dan dokter kulit merekomendasikan agar Anda rutin mencuci wajah sebelum memakai produk kosmetik.

Cara merawat kulit wajah yang ideal yaitu dengan menghapus riasan dan cuci muka hingga bersih, karena wajah yang bebas minyak dan bersih akan lebih mudah menyerap bahan perawatan kulit wajah.

Sebaiknya pilih jenis produk pembersih wajah yang berformula ringan dan lembut agar tetap aman bagi kulit sensitif.

Langkah 2: Toner

Toner di masa kini mengalami banyak modifikasi sesuai dengan kebutuhan banyak tipe kulit. Toner yang dapat dijumpai di pasaran terbuat dari beragam bahan, mulai dari yang lembut hingga yang "kuat". Bahan toner yang Anda butuhkan tergantung dengan tipe kulit Anda.

Toner pada dasarnya berfungsi sebagai pelembab kulit, sehingga dengan memakai toner sebelum produk yang lain, produk perawatan kulit bisa diserap sempurna ke dalam lapisan terdalam kulit.

  • Untuk kulit berjerawat

Untuk yang memiliki jenis kulit berjerawat, gunakan toner dengan BHA (asam beta hidroksi) atau AHA (asam alfa hidroksi) yang dapat membuka pori-pori, menghilangkan jerawat dan komedo.

  • Untuk semua jenis kulit

Pilih jenis toner yang dilengkapi dengan pelembab. Toner ini akan membantu mengisi kembali kelembaban kulit yang hilang saat mencuci wajah. Gunakan secara rutin 2x sehari, pagi atau malam.

Langkah 3: Serum

Serum pada dasarnya adalah cairan yang dapat menambah nutrisi, kelembaban, dan antioksidan yang sangat terkonsentrasi dan benar-benar mampu meningkatkan kesehatan kulit setelah digunakan.

Gunakan serum pada pagi dan malam hari. Pada pagi hari, serum yang mengandung vitamin C dapat melindungi kulit dari peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas di siang hari, sekaligus mencerahkan kulit atau memudarkan spot hitam.

Sementara, serum yang dipakai pada malam hari akan menarik udara ke kulit agar kulit senantiasa lembut dan terhidrasi. Bila perlu, pilih jenis serum malam yang mengandung zat anti-aging

Langkah 4: Krim Mata

Krim mata bertekstur ringan dan tipis, jadi sangat nyaman diaplikasikan di sekitar mata. Untuk mengaplikasikan krim mata, cukup gunakan di area sekitar mata secara tipis dan merata.

Krim mata dapat dimasukkan dalam kulkas lalu dipakai di pagi hari untuk mengurangi mata bengkak atau kantung mata.

Sedangkan untuk krim mata di malam hari, sebaiknya dilengkapi retinol untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah

Langkah 5: Mengurangi Flek Hitam

Bekas jerawat atau noda hitam di wajah terkadang sulit dihilangkan. Cobalah memakai toner penghilang jerawat pada pagi hari, atau pastikan untuk memakai toner sebelum pelembab agar bisa meresap ke lapisan kulit terdalam.

Dokter kulit merekomendasikan untuk memakai produk hidrokuinon atau niacinamide (vitamin B3) yang mampu mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam.

Langkah 6: Moisturizer

Moisturizer tidak hanya membuat kulit terhidrasi, tetapi juga membantu mengunci nutrisi dan manfaat semua produk yang sudah digunakan agar bahannya bisa meresap lebih efektif.

Pastikan untuk memakai moisturizer di pagi hari berbahan dasar hyaluronic. Produk ini terasa ringan dan dapat melembabkan kulit. Idealnya, produk moisturizer juga memiliki tabir surya minimal SPF 30. Setelah dioleskan, diamkan selama 5 menit agar meresap sempurna sebelum merias wajah.

Langkah 7: Retinoid

Retinoid meresap ke dalam kulit Anda untuk mempercepat pergantian sel, dan meremajakan kulit, sehingga kulit Anda akan terlihat lebih segar, halus dan kencang. Hasilnya kadang bisa terlihat dalam waktu 4-6 bulan selama perawatan.

Retinoid juga memicu kolagen dan pengelupasan kulit, yang berarti kulit juga akan tampak lebih cerah dan memudarkan bekas jerawat atau bintik-bintik hitam.

Langkah 9: Sunscreen

Tabir surya atau sunscreen umumnya dipakai pada riasan terakhir untuk menangkal paparan sinar UV A dan UV B matahari. Kenapa? Agar sunscreen lebih menyerap ke dalam kulit dan efektif menangkal sinar UV.

Itulah sebabnya, sunscreen harus dipakai pada rangkaian terakhir perawatan kulit wajah. Pastikan memakai sunscreen dengan SPF minima SPF 30.

Langkah 10: Lakukan dengan rutin

Karena perawatan kulit membutuhkan ketelatenan dan kesabaran, sebaiknya lakukan secara rutin agar hasilnya lebih mksimal. Dengan pemakaian teratur, wajah akan tampak lebih mulus, cerah dan terlihat awet muda.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

12 komentar

  • azQnmXrUiLt

    EluQJwxOUmDnp on
  • fhPXgtTeRG

    wXncUvoRFbV on
  • snSjwHmW

    GXaViNgpCEzYcTt on
  • AGUIZRjzNgDMoTf

    IBQdNfkt on
  • JCYFqdwOMSgA

    QuIlKJSnzMDPEd on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi