Advertisement
Advertisement

Ingin Punya Kulit Wajah Seperti Oppa Korea? Ini Dia Caranya!

Teknik merawat wajah pria mungkin tidak seribet kaum wanita. Namun, apakah mencuci wajah saja sudah cukup bila ingin mempunyai kulit kinclong seperti oppa-oppa Korea? Tentu saja tidak.

TIDAK cukup hanya dengan mencuci wajah saja, kaum adam yang ingin tampil menarik seperti oppa Korea juga perlu tahu trik merawat wajah pria.

Salah satu alasan mengapa merawat wajah pria itu penting adalah karena kulit pria tidak kebal terhadap penuaan, polusi, stres, serta dampak buruk sinar matahari.

Sama seperti wanita, pria juga bisa mengalami penuaan dini, noda hitam, kerutan, hingga lingkar hitam atau kantung mata.

Di samping itu, mungkin banyak yang belum tahu kalau kulit pria dan wanita itu berbeda. Hasil riset menunjukkan, kulit pria rata-rata 25% lebih tebal dan kasar ketimbang wanita.

Selain itu, kulit pria juga cenderung lebih berminyak. Lebih banyaknya produksi sebum inilah yang menyebabkan pria tetap bisa jerawatan meski usianya sudah menginjak 30-40 tahunan.

Setelah menyimak sekilas soal pentingnya merawat kulit wajah, maka pertanyaannya sekarang, bagaimanakah caranya? Selain itu, produk apa saja yang sekiranya perlu dilakukan kaum adam agar kulit wajahnya tetap oke seperti oppa Korea? Berikut ulasannya.

1.Pentingnya CTM

Apa itu CTM? CTM merupakan singkatan dari cleansing, toning, dan moisturising. Cleansing atau membersihkan wajah tak hanya penting untuk menghilangkan kotoran, namun juga mengikis sel kulit mati.

Ketahuilah bahwa ada perbedaan antara sabun muka batangan dengan produk cleanser pembersih. Secara umum, sabun muka lebih keras kandungan bahan kimianya dibanding produk pembersih.

Dalam memilih produk pembersih, pilih yang formulanya lembut dan bebas alkohol agar kulit tidak kering. Bahan seperti asam glikolat (glycolic acid) juga baik karena mampu mengikis sel kulit mati tanpa menghilangkan minyak dan nutrisi yang ada di lapisan atas kulit.

Membersihkan wajah secukupnya saja. Semakin sering bukan berarti semakin bersih. Bersihkan wajah 2 kali sehari, yakni di pagi dan malam sebelum tidur agar tidak timbul whitehead, blackhead, maupun jerawat pada wajah. Untuk toning, cukup gunakan air mawar.

Setelah membersihkan wajah, tetap aplikasikan moisturizer meski kulit sudah berminyak agar kulit tidak pecah-pecah, kering, serta kusam.

Untuk ini, pilih produk pelembab yang ringan agar kulit terlindungi tapi tetap tidak berminyak. Usahakan untuk membeli yang berlabel ‘non-comedogenic’ dan mengandung hanya sedikit bahan kimia.

2. Jangan Abaikan Sunscreen!

Produk penting lain yang sering diabaikan pria adalah sunscreen atau tabir surya. Sama seperti wanita, pria diimbau mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 minimal 15 menit sebelum keluar rumah.

Dengan begitu, kulit tak hanya terhindar dari kusam dan penuaan dini, namun juga kanker kulit yang disebabkan radiasi sinar UV.

3. Exfoliating itu Wajib

Kadang kala membersihkan wajah menggunakan pembersih biasa saja tak cukup. Karenanya, pria juga perlu exfoliating (pengangkatan sel kulit mati) menggunakan produk scrub agar timbunan kotoran maupun sel kulit mati di lapisan kulit paling luar hilang.

Tak hanya membuat kulit lebih bersih, scrubbing juga membantu melunakkan folikel rambut sehingga aktivitas bercukur lebih mudah dan bebas iritasi. Cukup lakukan 1-3 minggu sekali agar kulit tidak terlalu menipis.

4. Cegah Kerutan

Beberapa bagian kulit, terutama di sekitar mata, tidak memiliki banyak kelenjar minyak dan keringat. Kolagen yang diproduksi pun sedikit, sehingga lebih rawan kendur dan kering.

Inilah alasan mengapa kerutan dan garis halus lebih mudah nampak di area sekitar mata. Guna mencegahnya, oleskan krim mata setiap pagi dan malam sebelum tidur.

5. Bibir Juga Perlu Dirawat

Bibir pria mungkin tak butuh lipstik seperti wanita. Tapi karena bibir pria juga bisa pecah-pecah dan merusak penampilan, maka belilah lip balm berkualitas.

Sama seperti kulit, kulit bibir juga dapat menua. Salah satu tandanya adalah muncul garis halus. Oleh sebab itu, oleskan lip balm yang mengandung SPF di siang hari, dan gunakan yang mampu menghidrasi serta menutrisi saat malam hari.

6. Janggut juga Harus Dibersihkan

Untuk pria yang hobi memelihara janggut, kebersihannya juga perlu diperhatikan. Langkah terbaik yang dapat ditempuh adalah mencucinya rutin menggunakan sabun muka atau sampo.

Tak perlu melakukannya berlebihan agar minyak alami di area tersebut tidak terkikis. Setelah bersih, baru oleskan minyak khusus janggut yang disertai wewangian.

7. Pakai Masker itu Normal!

Terakhir, gunakan masker 2 kali seminggu. Pria seharusnya tak perlu malu menggunakan masker. Di samping menyegarkan, masker juga efektif menutrisi dan meningkatkan kesehatan kulit.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi