FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ingin Payudara Tetap Indah? Ikuti 11 Cara Memilih Bra yang Tepat Ini!

Bagi kebanyakan wanita, memilih bra nyaman untuk payudara besar terkadang cukup sulit. Tidak sedikit wanita yang memakai bra yang sebetulnya kurang nyaman karena tidak mengetahui cara memilih bra yang tepat.

ALHASIL, payudara yang besar dan indah tidak bisa didukung dengan baik, bahkan terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman ketika harus memakai bra.

Sebenarnya, bagaimana cara memilih bra yang tepat? Adakah bra nyaman untuk payudara besar? Jangan khawatir, berikut kami rangkumkan cara memilih bra yang tepat untuk Anda!

1. Sebagian besar support bra berasal dari band yang elastis dan nyaman

Cup dapat menahan payudara tetap pada tempatnya, tetapi sebetulnya band (bagian lingkar bawah bra) berperan menahan payudara sampai 90%. Bra tanpa tali memang ada, tetapi diciptakan dengan maksud untuk melengkapi model baju tertentu.

Tali bra mungkin terlihat menahan bra, namun band sebetulnya juga membantu menjaga bra  menempel dengan tubuh dan membentuk payudara.

Faktanya, jika band dan cup Anda pas, semestinya bra Anda tetap terasa nyaman dan berada pada tempatnya meski Anda melepas tali bra Anda.

 2. Ketahui ukuran bra Anda dan "sister size" Anda 

Sama seperti barang fashion lain yang sukar dicocokkan ukurannya seperti jins, bra juga membutuhkan ukuran yang pas dari setiap merek, bahkan dari satu model ke model yang lain.

Itulah sebabnya, para ahli mengatakan wanita harus mengetahui ukuran bra dan "sister size" nya. Jika sebuah bra tidak cocok dengan payudara Anda, mungkin Anda harus mencoba bra tersebut dalam "sister size" Anda.

Aturan praktisnya adalah sebagai berikut: jika Anda memiliki ukuran bra 32C, ukuran 30D atau 34B mungin juga cocok dengan payudara Anda. Jika Anda memiliki ukuran bra 34C, bisa jadi ukuran 36B atau 32D lebih cocok dengan payudara Anda.

Mengetahui "sister size" sangat berguna untuk mengakomodir perbedaan ukuran antar merek. Terlebih jika ukuran asli bra Anda sulit ditemukan.

3. Ada rasio untuk mengetahui ukuran band dan cup

Ukuran bra adalah rasio yang menggabungkan ukuran cup (huruf AA-M) dan ukuran band (bernomor 28-44). Akan sangat bagus bila Anda bisa mengukur ukuran payudara anda dengan orang yang profesional.

Mungkin saja ukuran bra yang selama ini Anda pakai ternyata salah menurut ahli bra. Anda juga dapat mengukur payudara Anda sendiri di rumah dengan tali pengukur.

Untuk mengukur di sendiri, ada dua hal yang harus Anda ukur:

1. Lingkar bawah payudara untuk ukuran band.

2. Lingkar punggung hingga di puncak puting untuk ukuran cup.

    Dari dua ukuran tersebut, amati selisihnya. Misalnya, jika payudara Anda berukuran 35 inci dan lingkar bawah payudara 32 inci, maka 35-32 = 3, yang berarti huruf ke-3 dalam alfabet, yaitu huruf C.

    4. Jika kedua payudara Anda memiliki ukuran yang berbeda, bulatkan

    Sangat normal dan sangat umum jika ukuran payudara Anda yang satu lebih besar dari yang lain. Jika perbedaannya cukup signifikan sehingga makin menyulitkan memilih bra yang tepat, maka gunakan ukuran payudara yang lebih besar.

    Jika Anda mau, Anda bisa mengganjal payudara yang lebih kecil dengan spons atau bantalan, atau gunakan bra dengan bantalan yang dapat dilepas agar Anda bisa memindahkan bantalan dari payudara yang lebih besar ke yang lebih kecil.

    5. Jika tali band pengikat bra terlalu kencang menekan bahu, ini berarti cup Anda terlalu kecil

    Jika payudara Anda “tumpah” hingga ke tepi cup, berarti tali bra Anda mendapatkan beban ekstra. Anda mungkin bisa mengencangkan tali bra, namun cup yang lebih besar mungkin lebih bisa mengatasi masalah ini.

    6. ...atau band Anda terlalu besar

    Jika tali bra Anda Anda terlalu kencang menekan bahu, itu juga dapat berarti band Anda terlalu longgar dan membuat tali bra Anda juga mendapat beban ekstra.

    Coba lihat punggung Anda di cermin, jika tali bra Anda terlalu kencang sampai tali dan band tertarik ke atas, mungkin band nya terlalu longgar untuk tetap menempel pada tempatnya.

    7. Jika tali bra mudah merosot dan bagian tengah bra tidak menempel di dada, berarti cup terlalu besar

    Jika bagian tengah bra (di antara cup) "melayang" atau tidak menempel di dada dan cup bra tidak terisi penuh, berarti cup bra Anda terlalu besar.

    8. Band harus pas, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar

    Jika ukuran band bra Anda tepat, Anda semestinya bisa menyelipkan jari Anda di antara punggung dan band dengan peregangan kurang lebih satu inci. Band yang terlalu kecil atau terlalu ketat akan menekan payudara dan terasa tidak nyaman.

    Untuk menjaga band tetap pas dan awet dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda memasang pengait di sisi paling luar atau ukuran yang paling longgar terlebih dahulu.

    Baru setelah beberapa minggu pemakaian atau setelah  terasa agak longgar, gunakan kait kedua dan ketiga agar lebih kencang.

    9. Bra nyaman untuk payudara besar

    Menurut survey pada 2016 yang melibatkan 2.000 pelanggan pakaian dalam, Rigby & Peller, ukuran bra yang terpopuler untuk wanita adalah 32DDD dan 34G (32E dan 34F dalam ukuran bra Inggris).

    Banyak merek menawarkan bra dalam berbagai ukuran yang lebih besar, kadang-kadang diberi label sebagai "plus size", "full bust", atau "full figure". Anda pasti pernah mendengar istilah-istilah ini, namun artinya sebetulnya berbeda-beda:

    • Bra dengan band kecil dan cup besar masuk ke dalam kategori "full bust". Pilih ukuran cup DD atau lebih besar dan tali band 36. Ukuran payudara 28G, 30F, 32E, dan 34H juga termasuk "full bust"
    • Bra "Plus size" memiliki ukuran band di atas nomor 38.
    • Bra "Full figure" mencakup ukuran DD dengan band di atas nomor 38. Semua bra "full figure" juga termasuk bra "full size", tapi tidak semua bra "plus size" adalah bra "full figure".

    10. Model dan bahan bra yang berbeda mempunyai tujuan yang berbeda

    Idealnya, bra harus melengkapi & sesuai dengan pakaian Anda. Anda pasti ingin model yang serba guna, tetapi cukup nyaman untuk dipakai sepanjang hari. Anda juga pasti ingin bra yang awet dengan daya tahan tinggi.

    Para ahli menyarankan bahwa setiap wanita setidaknya harus memiliki:

    • Dua bra bermodel tradisional, seperti bra T-shirt halus dengan warna senada dengan warna kulit Anda atau warna hitam yang mudah dipadukan beragam gaya pakaian.
    • Satu bra olahraga yang meminimalkan pantulan payudara selama aktivitas fisik, tetapi tidak menghambat gerakan Anda.
    • Satu bra multi-model: strapless, racerback, halter, dll.
    • Satu bra atau bralette non-underwire yang bisa dipakai untuk bepergian atau bersantai.

    Bahan dan teknologi bra juga penting untuk dipertimbangkan. Sangat penting untuk Anda bertanya pada para ahli pakaian dalam di toko online atau butik lingerie agar Anda tidak salah pilih.

    11. Bra tidak bertahan selamanya. Bahkan bra favorit Anda harus diganti ketika tidak lagi memberi support pada payudara seperti seharusnya

    Para ahli mengatakan, sebaiknya bra tidak dimasukkan dalam mesin pengering. Cukup dicuci dengan tangan dan dijemur dengan diangin-dianginkan. Bra bisa bertahan sekitar satu tahun, dan jangan dipakai beberapa hari berturut-turut agar band tetap awet.

    Tetapi, jika bra dirasa sudah tidak lagi menempel dan mendukung payudara dengan baik, jangan ragu untuk membeli bra baru.

    Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait

    Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
    Download sekarang:

    Logo Google Play Logo Google Play
    icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
    Keranjang Belanja
    Halaman Privasi
    Gambar Halaman Privasi