Advertisement
Advertisement

Ingin Beli Kondom? Kenali Dulu Jenis dan Keunggulannya

Bagi sebagian orang kondom mungkin hanyalah alat kontrasepsi biasa yang terbuat dari karet dan berbentuk menyerupai penis. Padahal nyatanya, ada anyak jenis kondom mulai dari kondom wanita sama kondom yang mampu menyala dalam gelap. 

Ingin Beli Kondom? Kenali Dulu Jenis dan Keunggulannya

MENJAGA selalu kesehatan diri Anda dan pasangan dengan melakukan seks yang sehat adalah hal yang sangat penting. Seks sehat berarti seks yang aman dan minim risiko infeksi penyakit menular seksual.

Anda bisa menggunakan kondom untuk memiliki seks yang aman dengan pasangan. Selain itu, kondom juga bisa menjadi salah satu pengendali kehamilan yang paling fleksibel.

Namun, sebelum membeli kondom, Anda harus mencari tahu tentang jenis kondom yang dijual di pasaran. Jangan sampai Anda salah membeli kondom dengan jenis yang kurang nyaman bagi Anda.

Membeli kondom sebelum melakukan hubungan intim bisa menjadi alternatif untuk memproteksi diri dan pasangan dari penyakit menular seksual atau mencegah kehamilan.

Akan tetapi, cermati dulu jenis kondom berikut ini agar Anda bisa memilih yang paling tepat.

1. Lateks

Kondom lateks adalah jenis kondom yang paling umum dijual di pasaran. Kondom jenis ini sangat efektif untuk mencegah kehamilan dan infeksi penyakit menular seksual.

Sayangnya, sebagian orang alergi terhadap lateks sehingga ketika menggunakan kondom jenis ini, kulit terasa gatal, kemerahan, dan timbul ruam.

Namun, iritasi tidak hanya disebabkan oleh alergi lateks, tapi bisa juga karena kondom terlalu kering atau jenis pelumas kondom tidak cocok dengan kulit penggunanya.

2. Non-Lateks

Ada kondom lateks, ada juga jenis kondom non-lateks. Akan tetapi, kondom jenis ini tidak seefektif kondom lateks. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa kondom non-lateks memiliki risiko kerusakan yang lebih tinggi dibanding kondom berbahan lateks.

Bahan yang dipakai untuk membuat kondom non-lateks adalah poliurethane, sehingga tidak jarang kondom ini dikenal juga dengan kondom polyurethane. Bagi Anda yang menggunakan kondom ini sebaiknya menggunakan pelumas kondom berbahan silikon.

Billy Boy Kondom Endurance, Rp 18.000,- ; Beli di sini

3. Kulit Domba

Mungkin Anda akan sedikit heran ketika mengetahui bahwa ada jenis kondom yang terbuat dari kulit domba. Kondom kulit domba diklaim sebagai jenis kondom yang paling nyaman digunakan.

Pengguna kondom kulit domba akan merasakan sensasi seperti tidak memakai kondom ketika melakukan hubungan intim. Bahan kulit domba ini juga terasa sejuk di kulit.

Namun, perlu Anda garis bawahi bahwa kondom kulit domba tidak efektif mencegah penyakit menular seksual dan kehamilan. Pasalnya, kondom kulit domba memiliki pori-pori alami yang bisa ditembus oleh virus HIV dan herpes.

4. Kondom Wanita

Bukan hanya kaum adam yang bisa memakai kondom, kaum hawa pun memiliki kondom khusus.

Akan tetapi, kondom khusus wanita dinilai kurang efektif karena penggunaannya cukup sulit.

Kondom wanita ini tidak bisa digunakan bersamaan dengan kondom pria karena dapat merusak bahan kondom dan mengurangi efektivitasnya.

Anda bisa menggabungkan kondom wanita dengan penggunaan alat kontrasepsi spiral atau pil KB untuk meningkatkan perlindungan terhadap kehamilan.

5. Spermisida

Ketahuilah bahwa beberapa jenis kondom sudah dilengkapi dengan spermisida. Ini adalah zat kimia yang dapat melumpuhkan dan menghancurkan sperma agar tidak membuahi sel telur.

Jelas sekali bahwa kondom spermisida diperlukan oleh pasangan yang ingin mengendalikan kehamilan. Meskipun kemungkinan kecil spermisida dapat merusak kondom lateks, tetapi kondom ini cukup favorit di kalangan pasutri yang ingin menunda atau mengendalikan kehamilan.

6. Ultra-Thin

Kondom ultra-thin adalah kondom lateks super tipis yang bisa meningkatkan kenikmatan saat melakukan hubungan intim. Sayangnya, banyak orang yang meragukan kualitas kondom ultra-thin karena bahannya terlalu tipis sehingga berisiko robek.

Tak perlu khawatir karena kondom ultra-thin yang berkualitas tidak mudah robek dan memiliki kualitas yang sama baiknya dengan kondom lateks konvensional.

Sagami Kondom Original 002 S, Rp 59.800,- ; Beli di sini

7. Dilumasi

Hampir sebagian besar jenis kondom yang dijual di pasaran sudah disertai dengan pelumas agar tidak terasa menyakitkan bagi wanita. Pelumas akan memberikan rasa nyaman bagi kedua belah pihak.

Akan tetapi, terlalu banyak pelumas dalam sebuah kondom bisa membuat kondom tersebut lepas atau robek. Pelumas seperti baby oil dan minyak kelapa justru bisa merobek kondom, sebaiknya pilih kondom dengan pelumas berbasis air atau silikon.

8. Novelty

Jenis kondom novelty ini adalah kondom dengan bentuk dan tampilan yang out of the box alias sedikit nyeleneh.

Kondom novelty bisa berupa kondom bertekstur atau glow in the dark.

Tak perlu ragu menggunakan kondom novelty karena pada dasarnya kondom tersebut terbuat dari lateks sehingga sangat aman bagi penggunanya.

Justru kondom novelty akan memberikan sensasi kenikmatan bercinta yang berbeda.

9. Flavored

Pernah mendengar kondom dengan rasa strawberry, cokelat, atau durian? Ya, itulah jenis kondom flavored atau yang dilengkapi dengan rasa-rasa tertentu.

Jenis kondom ini sangat cocok bagi pasangan yang menyukai seks oral sebab akan membuat permainan jadi lebih menyenangkan.

Kondom dengan aroma ini sangat cocok untuk Anda yang benci aroma karet yang biasanya sangat kuat. 

Sementara itu bukan hanya rasanya saja, kondom flavored akan menebarkan aroma yang sesuai dengan rasanya. Kualitasnya pun sama baik dengan kondom lateks biasa.

 

Kenali jenis kondom sebelum membeli agar Anda bisa menemukan kondom yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hampir semua jenis kondom di atas bisa Anda dapatkan di Indonesia. So, make your choice!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi