FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Hati-hati! Makanan Anda Mempengaruhi Kulit Anda, Lho.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “You are what you eat”. Meskipun itu hanyalah ungkapan, namun istilah tersebut terkadang ada benarnya, lho.

MAKANAN Anda sebenarnya dapat tercermin dari kulit Anda. Meskipun tidak semua makanan berdampak langsung kepada kulit Anda, terkadang pengaruh makanan terhadap kulit benar-benar ada, lho.

Itulah mengapa penting untuk makan makanan yang kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kulit. Yuk, intip apa saja pengaruh makanan terhadap kulit!

1. Ikan dan kacang

Ikan dan kacang memiliki satu kesamaan, yaitu asam lemak omega. Zat tersebut telah terbukti dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi suplemen asam lemak omega dapat meminimalisir infeksi eritema kulit. Ini berarti, kulit orang-orang yang mengonsumsi ikan dan kacang tidak akan mudah terbakar sinar matahari.

Meskipun demikian, Anda tetap harus menggunakan perlindungan tambahan dari sunblock atau sunscreen sebagai perlindungan luar.

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Suplemen Kulit Terbaik untuk Wanita

2. Sayuran hijau

Sebagai makanan kulit cantik, sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A yang juga dikenal sebagai retinol. Retinol sendiri berfungsi memperbaiki kulit setelah terkena sinar matahari.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa retinol terbukti mengurangi resiko tumor yang terjadi pada tikus. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi sayuran hijau.

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, dan seledri sangat baik untuk kesehatan kulit. Anda juga dapat membuat jus dari sayuran hijau yang dicampur dengan buah-buahan supaya lebih segar.

3. Jeruk dan lemon

Jika sayuran hijau bukan selera Anda, maka Anda bisa mensiasatinya dengan buah-buahan. Buah jeruk dan lemon mengandung vitamin C yang sangat penting karena vitamin C tidak dapat diproduksi oleh tubuh.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memenuhi asupan vitamin C Anda. Setelah dikonsumsi, vitamin C akan menuju sel-sel kulit untuk kemudian membantu produksi kolagen dan berperan sebagai antioksidan.

Jadi, vitamin C akan melindungi Anda dari radiasi sinar matahari dan segala polusi dari lingkungan. Selain enak dan mudah ditemukan, jeruk dan lemon juga mudah diolah, kok.

4. Makanan rendah glisemik

Makanan kulit cantik seperti dari biji-bijian, jagung dan wortel atau makanan yang mengandung indeks glisemik rendah dan sangat baik untuk kesehatan kulit. Yang dimaksudkan dengan indeks glisemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat.

Sebaliknya, makanan yang mengandung glisemik tinggi mengandung karbohidrat tinggi dan akan diserap dengan cepat oleh tubuh. Ini dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula darah.

Setelah itu, tubuh Anda akan melepaskan insulin untuk membantu prosesnya. Hal ini akan menyebabkan resistensi insulin jika hal ini cukup sering terjadi. Selain beresiko penyakit diabetes, kerentanan insulin juga dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan rendah glisemik.

Nah, sekarang Anda sudah mengerti apa saja pengaruh makanan terhadap kulit. Selain sehat untuk kulit, daftar makanan di atas juga baik untuk menjaga diet Anda. Jadi, sambil menyelam minum air, Anda akan memiliki kulit sekaligus tubuh yang sehat.

Jangan lupa untuk memperhatikan cara pengolahan makanan dengan baik. Sebaiknya Anda menghindari proses makanan yang digoreng sebisa mungkin agar terhindar dari lemak jahat.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi