FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Guys, Ini Dia 9 Cara Menghilangkan Razor Bumps

Guna memiliki penampilan wajah yang bersih dan rapi, beberapa pria akan melakukan perawatan rutin seperti bercukur. Meskipun kegiatan tersebut sekilas mudah bagi pria, nyatanya setelah bercukur masih banyak pria yang mengalami iritasi atau dikenal dengan razor bumps.

UNTUK menjaga penampilan wajah bersih dan rapi, mencukur jenggot menjadi salah satu rutinitas yang wajib dilakukan. Selain membuat wajah terlihat lebih bersih, pria yang rajin mencukur jenggot dengan teratur akan membuat penampilannya terlihat jauh lebih muda atau baby face.

Sayang, setelah bercukur para pria seringkali mengalami iritasi berupa benjolan, gatal-gatal maupun kulit kemerahan. Iritasi-iritasi karena setelah bercukur inilah yang disebut sebagai razor bumps.

Razor bumps adalah hasil iritasi seperti jerawat yang terjadi di kulit khususnya di bagian dagu dan leher akibat kesalahan pada saat mencukur. Kesalahan pada saat mencukur bisa jadi diakibatkan oleh alat yang digunakan seperti pisau dan prim pencukur maupun cara mencukur yang salah.

Tidak hanya menganggu kesehatan dan kenyamanan karena rasa sakitnya , iritasi tersebut juga cukup menganggu penampilan Anda. Nah, agar hal tersebut tidak lagi terjadi pada Anda, atasi razor bumps dengan 9 cara berikut:

1. Hangatkan Bagian Jenggot

Cara pertama untuk mengatasi iritasi akibat bercukur adalah dengan menghangatkan bagian jenggot. Tidak hanya sebagai cara meredakan iritasi, menghangatkan area jenggot, leher dan sekitarnya juga dapat menjadi langkah untuk menghindari timbulnya razor bumps sebelum bercukur.

Bagi Anda yang belum paham, menghangatkan jenggot yang dimaksud disini adalah membasuh area yang akan dicukur menggunakan air hangat untuk mengangkat kotoran, melembutkan rambut jenggot dan membuka pori-pori kulit.

Langkah ini sangat penting sebab mencukur pada saat kulit wajah kering ataupun langsung mengoleskan krim pencukur di wajah yang kering adalah penyebab utama kulit iritasi pada saat bercukur.

Sementara itu, selain membasuh area jenggot dengan air hangat secara langsung, Anda juga bisa mengompresnya dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat sebelumnya.

2. Lakukan Pijatan

Selain menghangatkan jenggot, untuk menghilangkan razor bumps Anda dapat melakukan pijatan ringan dengan menggunakan shaving cream. Letakan krim pencukur secukupnya pada tangan lalu pijat dengan lembut bagian yang mengalami iritasi.

Pijatan yang dilakukan akan membantu merelaksasi bagian kulit yang iritasi. Tapi ingat, jika iritasi yang Anda alami parah sampai terlihat luka yang terbuka, jangan sekali-kali meletakan krim pencukur di atasnya karena justru dapat memperburuk iritasi.

Gillette Fusion Proglide Cooling Shave Gel, Rp 64.900,- ; Beli di sini 

3. Kompres Dengan Air dingin

Menghangatkan bagian yang terkena razor bumps dengan air hangat memang dapat membuatnya lebih reda. Namun sebagai langkah awal untuk mengurangi rasa sakit dan terbakar , mengompres jenggot dengan air dingin adalah solusinya.

Anda bisa membungkus beberapa es batu dengan handuk lalu meletakkannya di daerah kulit yang iritasi. Selain membantu menenangkan daerah kulit yang meradang mengompres dengan air dingin juga membantu mengurangi gatal-gatal yang memerah.

4. Lakukan Exfoliate

Mengaplikasikan exfoliant sebelum bercukur merupakan salah satu tahap penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Exfoliate penting dilakukan untuk membuang sel-sel kulit mati yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Pada kulit jenggot, sel-sel kulit mati ini akan menghalangi pertumbuhan jenggot yang tentu saja bisa memicu terjadinya iritasi kulit. Lakukan exfoliate dengan menggunakan produk scrub khusus yang memang diformulasikan untuk kulit jenggot.

5. Gunakan Pisau Cukur Pria Berkualitas

Sebagai alat yang langsung bersentuhan dengan kulit, memilih pisau cukur yang baik dan berkualitas menjadi hal yang sangat penting. Jangan disepelekan sebab pisau cukur yang kurang bagus dan kurang tajam akan membuat kulit Anda iritasi pada saat mencukur.

Oleh karena itu saat membeli pisau cukur, pastikan kualitas pisaunya baik. Pisau cukur yang tajam tidak akan membuat Anda perlu menggosok pisau berulang-ulang pada jenggot sehingga tidak memicu timbulnya iritasi kulit.

Gillette Blue 3 Ice, Rp 32.700,- ; Beli di sini

6. Gunakan Tree Tea Oil

Menggunakan aftershave adalah salah satu kebiasaan wajib pria setelah bercukur. Namun tahukah Anda ternyata hal tersebut tidaklah bagus. Memakai aftershave memang akan membuat aroma jenggot menjadi wangi tapi justru bisa melukai pori-pori kulit Anda.

Untuk solusinya, setelah bercukur Anda bisa menggunakan Tree tea oil yang berfungsi antiseptik agar kondisi lembab setelah bercukur tidak ditinggali oleh bakteri. Selain berfungsi sebagai antiseptik, tree tea oil juga memiliki aroma yang tak kalah harum dengan produk aftershave.

7. Madu sebagai Antiseptik

Madu adalah salah satu bahan alami yang telah lama dikenal sebagai antiseptik yang ampuh membunuh bakteri nakal. Selain sebagai anti septik ternyata madu juga bisa digunakan untuk mengatasi iritasi akibat mencukur dengan cepat. Bahan alami madu ini bisa mengurangi pembengkakan pada kulit, menjaga kulit tetap lembab dan mengurangi peradangan. Caranya sangatlah mudah, Anda cukup mengoleskan madu pada kulit yang iritasi diamkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

8. Kurangi Peradangan dengan Lidah Buaya

Gel lidah buaya memang sudah lama dikenal sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang sangat bagus. Tak heran saat ini produk aloe vera gel kian digemari dan semakin bermunculan.

Untuk peradangan akibat mencukur, Anda bisa mengambil esktrak gel lidah buaya segar, lalu gosokkan pada bagian yang iritasi. Biarkan beberapa menit hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

Gel lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan dingin yang akan mengurangi peradangan dan sensasi terbakar akibat iritasi pada saat bercukur.

9. Kunjungi Dokter Kulit

Cara terakhir yang harus Anda pilih jika razor bumps tak kunjung hilang adalah  segera mengunjungi dokter kulit. Tindakan tersebut sangat diperlukan apalagi jika iritasi kulit kian memerah dan meradang.

Jangan tunggu sampai keadaan parah dan biarkan dokter memberikan penangan yang tepat untuk meredakan razor bumps yang Anda miliki.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi