Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE ONGKIR 11-30 November, tanpa minimum order khusus Jawa & Bali.

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Gentlemen, Perhatikan 5 Alasan Mengapa Testis Anda Sakit

Selama testis tidak terkena benturan, tentu saja Anda tidak akan mengalami nyeri di bagian testis. Namun, jika testis nyeri meskipun tidak terbentur oleh sesuatu, Anda perlu curiga.

ALASAN mengapa testis sakit tidak ada hubungannya dengan kanker. Kanker testis tidak menimbulkan rasa sakit. Jadi, Anda tak perlu khawatir soal kanker jika testismu terasa nyeri.

Mengapa testis sakit secara tiba-tiba? Nah, Anda bisa menemukan jawaban mengapa testismu terasa nyeri melalui poin-poin di bawah ini.

Torsi Testis

Torsi testis adalah kondisi di mana buah zakar Anda terpelintir sehingga menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat.

Kondisi ini bisa dialami oleh pria dari berbagai usia, tapi yang paling sering mengalami kondisi ini adalah remaja berusia 12-16 tahun. Testis nyeri akibat kondisi ini harus ditangani dengan serius.

Pasalnya, torsi testis dapat menyebabkan kerusakan pada buah zakar sehingga berpengaruh pada aliran darah karena pembuluh darah ikut terpelintir dan terjepit.

Untuk mengobati testis sakit karena kondisi ini, penderita torsi testis harus segera berkunjung ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) apabila mendapati salah satu buah zakarnya terasa sakit.

Batu Ginjal, Sembelit, Hernia, atau Masalah Perut

Mungkin Anda tak pernah mengira bahwa berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar perut dapat mengakibatkan testis terasa sakit. Hal ini disebabkan karena saraf organ-organ yang ada di perut berhubungan dengan saraf testis.

Sebagai contoh, pria yang pernah melakukan operasi hernia berisiko mengalami peradangan saraf, sehingga berimbas pada rasa nyeri di sekitar testis.

Untuk kondisi nyeri testis yang disebabkan oleh masalah di area perut, Anda harus mendapatkan pengobatan terlebih dahulu pada masalah perut Anda, baru nanti rasa nyeri di buah zakar akan menghilang dengan sendirinya.

Vasektomi

Prosedur vasektomi dilakukan dengan membuang vas deferens pada skrotum. Vas deferens adalah tabung kecil yang bertugas membawa sperma dari testikel menuju penis.

Tindakan vasektomi ini dianggap sebagai jenis kontrasepsi yang 99% ampuh mencegah kehamilan. Namun, risiko dari vasektomi adalah pria tersebut tidak dapat memperoleh keturunan.

Dalam beberapa kasus vasektomi, sebagian pria yang telah menjalani prosedur vasektomi ini mengalami testis nyeri pasca pembedahan. Akan tetapi, tidak semua pria yang melakukan vasektomi dapat merasakan gejala nyeri pada testis.

Hidrokel

Hidrokel adalah berkumpulnya cairan di sekeliling testis. Kondisi ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, dalam beberapa kasus pria yang mengalami hidrokel dapat merasakan testis nyeri.

Hidrokel juga ditandai dengan bertambahnya ukuran buah zakar menjadi lebih besar.

Penyebab hidrokel yang dialami oleh pria dewasa adalah infeksi pada skrotum. Jenis cacing yang menginfeksi area testis ini adalah Wuchereria bancrofti.

Mengobati testis sakit karena hidrokel bisa dengan melakukan operasi pengangkatan hidrokel.

Namun, prosedur operasi ini hanya disarankan jika ukuran hidrokel semakin besar dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Varikokel

Satu lagi penyebab testis nyeri yang sering dialami oleh pria, yaitu varikokel. Varikokel terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah vena yang terdapat di dalam testis.

Masalah ini disebabkan oleh katup pembuluh darah vena yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga aliran darah akan kembali ke daerah katup yang tidak rusak dan membentuk varikokel ini.

Penanganan varikokel bisa dengan pemberian obat pereda nyeri untuk meredakan rasa sakit di testis.

Selanjutnya, dokter akan menyarankan untuk melakukan embolisasi, yaitu prosedur memasukkan selang untuk menjangkau vena di area varikokel dan memasukkan obat untuk memperbaiki aliran darah.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

5 komentar

  • dWmPMvYQZeASqkl

    MxmYQLSv on
  • LwpuGCWDjgn

    YrhDJNRkyeKBwf on
  • tUdfOWIcNg

    pcXCDAVoJqi on
  • BAbcufHLW

    NRWgnsJXtmMEiyLC on
  • jYRkzHMp

    aLMytpWgSbOGfHoB on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi