Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE ONGKIR 11-30 November, tanpa minimum order khusus Jawa & Bali.

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Gentlemen, Ini Dia 10 Cara Ampuh Cegah Rambut Berminyak untuk Anda!

Entah karena kesibukan atau buru-buru, masalah rambut pria berminyak bisa dialami setiap orang, terutama bagi pria yang jarang memperhatikan perawatan rambut atau tidak punya waktu untuk mencuci rambut.

SAYANGNYA, bagi sejumlah pria, rambut berminyak atau rambut lepek bisa menjadi pemicu masalah lain yang sulit dikendalikan, seperti kebotakan rambut, rambuk rapuh, ketombe, hingga jerawat atau bruntusan di daerah dahi.

Apa Penyebab Rambut Berminyak?

Secara alami, kulit menghasilkan minyak dari kelenjar sebaceous. Tidak hanya di wajah atau kulit kepala, bahkan di seluruh tubuh. Jadi, tak perlu khawatir apabila mengalami rambut berminyak karena hal itu sepenuhnya terjadi secara natural.

Minyak atau sebum akan menjaga kondisi rambut tetap sehat, lembab dan terhidrasi, sehingga mencegah rambut menjadi rontok, patah atau kebotakan.

Tak hanya itu, minyak pada rambut juga bertindak sebagai lapisan tahan air yang mampu melindungi kulit.

Namun, minyak berlebih yang menumpuk dapat memicu banyak masalah bagi rambut. Penyebab rambut berminyak atau rambut lepek di antaranya:

1. Mencuci rambut berlebihan

Terlalu sering mencuci rambut dapat menghapus minyak alami yang ada di kulit kepala. Sehingga menyebabkan kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak untuk menyeimbangkan kadar minyak alami.

2. Terlalu sering menyentuh rambut

Terkadang, tanpa disadari kita sering menyentuh rambut agar tetap tertata rapi atau tetap cantik. Namun, saat kita menyentuh rambut, kita dapat memindahkan minyak dari tangan ke kulit kepala.

3. Menyisir berlebihan

Sebenarnya, menyisir rambut dapat merangsang produksi minyak alami kulit kepala. Namun jika terlalu berlebihan dapat memicu rambut berminyak dan rambut lepek.

4. Produk yang salah

Formula produk shampoo atau produk perawatan rambut yang tidak tepat dapat mengendap dan menumpuk di kulit kepala.

Inilah yang membuat lapisan tidak diinginkan pada kulit kepala. Misalnya dari produk hair styling, seperti kondisioner, shampo atau pewarna rambut dan waxing.

5. Stres

Saat stres tubuh menghasilkan berbagai jenis hormon, termasuk kelenjar sebaceous yang sangat sensitif terhadap tingkat stres seseorang.

6. Genetika

Jika orangtua atau keluarga kita mengalami rambut berminyak, maka kita juga bisa rentan terhadap kondisi yang sama.

7. Hormon

Peningkatan hormon dapat memengaruhi proses produksi minyak. Pubertas dan pengobatan dapat mengubah tingkat hormon Anda.

8. Kondisi kulit

Penting untuk menjaga kulit kepala tetap sehat. Anda mungkin memiliki kulit kering karena eksim atau psoriasis. Saat kulit mengering dan terlepas, kelenjar sebaceous akan menghasilkan minyak untuk mengimbangi minyak yang hilang.

9. Pola makan tidak sehat

Mengonsumsi makanan yang berlemak atau jenis makanan yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

10. Tipe rambut

Bagi Anda yang memiliki gaya rambut tipis, sayangnya lebih rentan terhadap rambut berminyak. Sebab, hanya ada sedikit rambut untuk menutupi minyak di kulit kepala.

Cara Menghentikan Rambut Berminyak

Bagi Anda yang memiliki jenis rambut berminyak, tak perlu panik! Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk meringankan gejala dan masalah ini.

Jika Anda tahu masalahnya terdapat pada genetika, memang sulit untuk diatasi. Akan tetapi, masih bisa diringankan gejalanya setiap hari.

Berikut cara menghentikan rambut berminyak yang bisa dicoba:

  • Mencuci rambut 2-3 kali seminggu. Tak perlu keramas setiap kali mandi. Coba gunakan air hangat dan tetap gunakan satu jenis produk shampo yang cocok.
  • Ganti produk shampoo yang dipakai secara rutin dengan jenis shampoo berbahan dasar menthol.
  • Periksa jenis bahan dalam produk shampoo yang dipakai. Jangan gunakan apa pun dengan minyak tambahan seperti minyak argan.
  • Coba produk berbahan alami seperti jeruk lemon. Cukup campurkan dua sendok air lemon dengan seperempat air. Air perasan jeruk lemon dapat menghilangkan miyak pada rambut.
  • Gunakan kondisioner 1-2 kali seminggu, atau pakai kondisioner hanya pada ujung rambut.
  • Konsultasikan kondisi rambut berminyak dengan ahli dermatologi.
  • Lakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh keseluruhan dan kesehatan rambut.
  • Perbanyak makan buah dan sayuran serta batasi konsumsi makanan berlemak

Apa Produk Terbaik Untuk Rambut Berminyak?

Memilih produk yang tepat untuk rambut sangat penting. Produk yang cocok akan meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala.

Rambut pria yang tipis, disarankan memakai shampo untuk menebalkan rambut. Shampo ini akan membantu menambah protein ke folikel rambut dan mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Gunakan produk alami sebagai berikut:

  • Shampo khusus untuk rambut berminyak, terutama yang terbuat dari tea tree atau menthol. Tea tree dapat meringankan kondisi rambut berminyak.
  • Jika ingin memakai produk hair styling, gunakan pasta matte agar tidak menambah rambut lepek dan tampak mengkilap.
  • Hindari produk perawatan rambut berbahan silikon. Produk ini dapat menumpuk dan memicu minyak atau kotoran melekat pada kulit kepala.

Shampo kering atau dry shampoo bisa menjadi alternatif ketika Anda tidak memiliki waktu untuk cuci rambut setiap hari.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi