FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

Efektifkah Makeup dengan SPF Melindungi Wajah?

Menjaga wajah dari sinar ultraviolet tentu sangat penting. Karena itu akhirnya banyak wanita yang memilih makeup dengan kandungan SPF agar wajah tetap cantik sekaligus terlindung dari matahari. Namun apakah makeup dengan kandungan SPF lebih baik dari sunblock/ sunscreen?

Rahasia Make Up dengan SPF

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. Bahan ini biasanya terdapat pada produk perawatan wajah seperti kosmetik untuk melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari.

Fungsi tersebut penting sebab matahari memiliki dua jenis sinar yaitu UV A dan UV B. Sinar UV A berperan dalam penuaan kulit (Ageing) sementara sinar UV B berperan dalam membakar kulit (Burn).

Karena itulah melindungi wajah dengan produk SPF sangat penting. Bagi wanita sendiri, menggunakan produk kosmetik dengan kandungan SPF menjadi pilihannya karena bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus; cantik dan terlindung dari sinar matahari. 

Namun pertanyaannya, dibandingkan dengan sunblock, apakah makeup dengan kandungan SPF benar-benar mampu melindungi agar Anda selalu memiliki wajah bersih dan sehat

Apakah produk make up dengan SPF sama efektif seperti sunblock?

Untuk mendapatkan perlindungan maksimal sesuai dengan label SPF yang terdapat pada sunblock atau sunscreen, Anda harus mengaplikasikan produk sebanyak 2mg per satu sentimeter persegi kulit atau sebesar uang logam untuk setiap bagian wajah.

Masalahnya, banyak orang hanya mengaplikasikan sunblock setengah atau bahkan kurang dari dosis yang dianjurkan. Terlebih lagi jika SPF tersebut digabungkan dengan foundation, maka wanita akan lebih sedikit untuk memakainya pada wajah mereka.

Padahal jika ingin perlindungan maksimal dari SPF sunblock, Anda harus mengaplikasikan kembali setiap dua jam sekali. Sekarang bayangkan, apakah Anda akan mengaplikasikan foundation sebanyak itu setiap dua jam sekali?

 

 Banana Boat Ultra Protect SPF 80, Rp 172.700,- ; Beli di sini

Kebanyakan wanita hanya menggunakan makeup dengan SPF pada saat akan memulai aktivitas lalu tidak pernah diperbaharui lagi sampai kegiatan berakhir. Karena itulah sebagian besar produk make up dengan SPF tidak bisa maksimal memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet.

Bisa dikatakan SPF pada makeup hanya lah sebagai hiasan pada sebuah kue. Anda tidak akan mendapatkan perlindungan maksimal hanya dengan mengandalkan SPF pada makeup dan bukan dari sunblock.

Bagaimana cara terbaik mendapatkan perlindungan SPF?

Anda dapat menggunakan pelembab dengan SPF 30 dengan broad spectrum atau memiliki perlindungan terhadap UV A dan UV B. Tidak hanya menghidrasi kulit, SPF juga akan melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Jika Anda tidak ingin memakai makeup, setelah pelembab pakai sunblock lalu aplikasikan bedak agar wajah tidak mengkilap. Jika Anda memakai makeup aplikasikan makeup setelah sunblock dan pelembab.

Tunggu beberapa menit sampai sunblock dan pelembab wajah benar-benar meresap lalu aplikasikan makeup seperti biasa dan selesaikan dengan setting powder agar tidak kelihatan mengkilap.

Acerola Jin Moisture Vital Watery Cream, Rp 238.000,- ; Beli di sini

Cara memakai makeup dengan SPF

Meskipun perlindungan makeup dengan kandungan SPF mungkin kurang maksimal, bukan berarti Anda tidak bisa memakainya sama sekali. Pilih makeup dengan SPF minimal 30 dan memiliki broad spectrum.

Selain wajah, jangan sampai melewatkan bibir dari perhatian Anda. Bibir hampir tidak memiliki melanin sehingga sangat rentan oleh sinar matahari. Pilih pelembab bibir dengan SPFminimal 30 dan bertekstur matte.

Pelembab bibir dengan tekstur shine akan semakin menarik sinar matahari dan malah membuatnya terbakar. Aplikasikan lip balm dengan SPF setiap 30 menit sekali.

Untuk aplikasi sunblock wajah, Anda dapat menggunakan bedak dengan SPF sehingga memiliki fungsi menyerap minyak berlebih pada wajah dan juga melindungi dari bahaya sinar matahari yang dapat membuat kulit terbakar dan kusam serta berbahaya dalam jangka panjang.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi