Advertisement
Advertisement

Berbagai Jenis Orientasi Seksual di Dunia (Part 1)

Dahulu orang hanya mengenal jenis orientasi seksual seperti heteroseksual atau menyukai lawan jenis. Namun seiring berjalannya waktu, siapa sangka orientasi seksual telah berkembang menjadi begitu beragam hingga

Berbagai Jenis Orientasi Seksual di Dunia

LGBT mungkin bukan lagi hal yang asing didengar. Lesbian, Gay, Bisexual merupakan tiga dari beberapa jenis orientasi seksual yang dikenal banyak orang, sedangkan T dalam LGBT berarti Transgender. 

Istilah yang dijelaskan di atas merupakan orientasi seksual, bukan gender. Orientasi seksual dan gender adalah hal yang berbeda. Orientasi seksual adalah dengan siapa Anda tertarik secara romantis saja, dan atau secara seksual.

Sedangkan gender adalah bagaimana Anda menampilkan diri Anda dalam masyarakat, sesuai dengan bagaimana ‘perempuan’ dan ‘laki-laki’ didefinisikan di masyarakat tempat Anda tinggal. Terdapat juga kemungkinan seseorang tidak merasa dirinya cocok di gender tertentu atau biasa disebut non-binary.

Orientasi seksual sendiri tidak hitam putih, melainkan sebuah spektrum. Menyukai laki-laki bukan berarti Anda tidak menyukai seorang perempuan, begitu juga sebaliknya.

Atau jika Anda seorang transgender pastinya akan melakukan hubungan intim sesama jenis, dan sebaliknya. Belum tentu. Dengan berada dalam suatu spektrum, jenis orientasi seksual akan memiliki banyak jenis dan kemungkinan.

Karena itulah kini banyak sekali istilah orientasi seksual yang mungkin membuat Anda bingung dan bertanya-tanya apa perbedaannya. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut jenis orientasi seksual bagian pertama yang diakui di dunia:

1. Lesbian

Istilah ini menggambarkan seorang perempuan yang secara emosional, romantis, dan atau seksual tertarik dengan perempuan lainnya. Namun, tidak semua lesbian menggunakan istilah ini, dan lebih memilih istilah ‘gay’ untuk menggambarkan ketertarikan mereka dengan sesama wanita.

2. Gay

Kebalikan dari lesbian, istilah gay mendeskripsikan ketertarikan secara emosional, romantis, dan atau seksual terhadap sesama jenis dimana istilah ini digunakan untuk menggunakan laki-laki yang tertarik pada laki-laki lain.

Tapi tidak hanya itu, istilah ini juga dapat digunakan untuk seseorang yang menyukai orang lain dengan jenis kelamin yang sama. Pada penggunaannya saat ini istilah gay tidak terpaku pada jenis kelamin lagi. 

Okamoto Kondom Crown, Rp 32.400,- ; Beli di sini

3. Biseksual

Biseksual berarti seseorang yang tertarik secara emosional, romantis, dan atau tertarik untuk melakukan hubungan intim dengan lebih dari satu jenis kelamin ataupun gender.

Seorang yang biseksual mungkin tidak menyukai kedua jenis kelamin atau gender secara bersamaan, dan juga tidak berarti dalam cara atau tingkat ketertarikan yang sama.  

Misalnya, Anda perempuan dapat menjadi biseksual meski selama ini hanya pernah berhubungan dengan seorang laki-laki, karena biseksualitas bisa berarti dapat lebih tertarik dengan salah satu jenis kelamin dibanding yang lainnya walaupun tidak menutup kemungkinan adanya ketertarikan dengan sesama jenis.

4. Transgender

Transgender sebenarnya bukan sebuah orientasi seksual. Istilah ini lebih menggambarkan seseorang dengan identitas gender, atau cara ia mengekspresikan gendernya, yang berbeda dari yang telah melekat padanya saat lahir.

Contohnya, transgender berarti seseorang yang merasa dirinya lebih ‘perempuan’ dibanding laki-laki, yang merupakan jenis kelaminnya. Untuk mewujudkan identitas gendernya ia bisa berdandan seperti gender lawan yang diyakini atau bahkan melakukan operasi penggantian kelamin agar bisa berubah seutuhnya.

Meskipun demikian, perlu diingat seorang transgender pun dapat memiliki orientasi seksual apapun. Misalnya ia adalah seorang transgender yang berubah menjadi wanita, ia bisa menyukai wanita lain atau laki-laki lain. 

Baca juga: 7 Jenis Preferensi Seksual yang Harus Anda Tahu

5. Queer

Selain LGBT, kadang huruf Q pun ditambahkan. Istilah Q yang berarti Queer, dapat menjadi istilah ‘payung’ untuk seseorang yang tidak straight atau menyukai lawan jenis, dan atau yang tidak merasa sesuai dengan gender apapun.

Istilah queer juga dapat digunakan untuk orang-orang yang merasa dirinya punya berbagai orientasi seksual atau identitas gender. 

6. Questioning

Questioning juga dapat berarti Q dalam LGBTQ. Ini menjelaskan seseorang dalam masa dimana dirinya tidak yakin, atau sedang mengeksplorasi orientasi sesksual dan identitas gender nya.  

Joy Kit Power Up, Rp 49.000,- ; Beli di sini

7. Aseksual

Aseksual termasuk jenis orientasi seksual dimana seseorang tidak merasa adanya ketertarikan atau bahkan keinginan untuk melakukan hubungan seksual dengan apapun.

Aseksual juga tidak sama dengan selibat atau seseorang yang memang secara sadar memutuskan untuk tidak melakukan hubungan seksual. Mereka yang mengganggap dirinya aseksual lebih merasa tidak tertarik berhubungan dengan gender apapun. 

8. Aromantik

Istilah ini menggambarkan seseorang yang tidak punya ketertarikan secara romantis terhadap orang lain. Mereka biasanya merasa lebih nyaman dengan hubungan pertemanan, keluarga, atau hubungan non-romantis lainnya.

Baca juga:  9 Sexual Fetish Aneh yang Harus Anda Tahu

9. Straight

Istilah straight adalah cara non-formal untuk mengatakan bahwa seseorang adalah heteroseksual, atau tertarik secara emosional dan atau seksual pada lawan jenis. 

10. Bi-curious

Istilah terakhir pada kamus orientasi seksual yang pertama ini adalah bi-curious. Seorang yang bi-curious mirip dengan questioning, namun lebih spesifik dimana Ia merasa penasaran untuk terlibat aktivitas seksual dengan orang lain yang memiliki gender sama atau berbeda. 


Itulah 10 dari 19 jenis orientasi seksual yang ada, namun tidak menutup kemungkinan lebih banyak lagi variasi orientasi seksual lainnya dengan fluiditas seksualitas. 

Dengan siapapun Anda tertarik, hal yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah penggunaan alat kontrasepsi dalam berhubungan seksual. Alat kontrasepsi penting dalam hubungan intim yang bahkan yang tidak menghasilkan pembuahan dalam rahim, untuk menjauhkan berbagai macam penyakit menular seksual.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi