FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Advertisement
Advertisement

Berapa Jumlah Kalori yang Dibakar Saat Bercinta?

Bagi pasutri, bercinta merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan dan menggairahkan. Namun selain menyenangkan, siapa sangka melakukan hubungan intim dapat membantu Anda menurunkan kalori?


Berapa Jumlah Kalori yang Dibakar Saat Bercinta

PERNAHKAH berpikir berapa banyak kalori yang dapat Anda bakar saat melakukan hubungan intim? Atau mengira waktu olahraga Anda yang membosankan dapat diganti dengan hubungan seks bersama pasangan yang lebih menyenangkan?

Beberapa orang berpikir salah satu manfaat bercinta adalah olahraga, karena melakukan berbagai gerakan, dan banyaknya kekuatan yang dikeluarkan pun menghasilkan banyak keringat.

Memang benar bercinta dapat menjadi salah satu cara membakar kalori, namun ternyata jumlah kalori yang terbakar saat melakukan hubungan intim tergantung dari berbagai faktor, termasuk berat badan, dan seberapa kuat tenaga yang Anda keluarkan saat bercinta.

 

 Vivo Kondom Fire & Ice, Rp 16.400,- ; Beli di sini

Pada tahun 2013 lalu, peneliti dari Universitas Montreal melakukan eksperimen terhadap 21 pasangan heteroseksual. Para pasangan tersebut diminta untuk berlari di atas treadmill selama 30 menit, dan akan dibandingkan dengan kalori yang dibakar saat bercinta.

Hasilnya, rata-rata pria membakar 100 kalori dalam satu sesi bercinta, sementara wanita hanya membakar sekitar 69 kalori. Diperkirakan bahwa pria membakar sekitar 4.2 kalori per menit, dan wanita sekitar 3.1 kalori per menit.

Secara total, jumlah kalori yang dibakar selama melakukan hubungan seks jauh di bawah olahraga. Hal ini karena rata-rata pria membakar sekitar 267 kalori selama berolahraga.

Meski seks tidak menjadi cara membakar kalori yang efektif, peneliti tetap mengatakan bahwa aktivitas seksual masih dapat diperhitungkan sebagai olahraga yang membakar kalori secara cukup signifikan.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Berhubungan Intim 

Bukan tanpa alasan, ini karena penelitian hanya menghitung 30 menit para pasangan melakukan hubungan seks, sehingga dapat diperkirakan jika makin lama Anda dan pasangan hubungan intim, tentunya makin banyak kalori yang dibakar.

Untuk memperhitungkannya, Anda dapat mengalikan berapa menit sesi hubungan seks yang dilakukan dengan 4.2 kalori yang merupakan rata-rata kalori yang dibakar selama hubungan seks per menitnya.

Namun sebelum Anda tertarik untuk langsung menggantikan seluruh waktu olahraga Anda dengan hubungan seks, penelitian lain di tahun yang sama mengatakan bahwa ternyata seks tidak dapat disebut sebagai olahraga yang sebenarnya.

Sebuah penelitian lain mengatakan bahwa seks dapat membakar sekitar 100-300 kalori. Namun ini dibuktikan tidak benar, karena rata-rata hubungan seks yang benar-benar intens dan dapat diperhitungkan sebagai olahraga hanyalah enam menit. Dengan waktu itu, diperkirakan bahwa seorang laki-laki umur 30an, dengan berat badan sekitar 70 kg, hanya membakar 21 kalori.

 

 Durex Play Vibrations Ring, Rp 78.900,- ; Beli di sini

Kesimpulannya, jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan menggunakan seks sebagai cara membakar kalori, ini tidak akan dapat menunjukkan perubahan yang signifikan. Sesi olahraga yang tepat memang lebih baik untuk menurunkan berat badan, namun tidak berarti hubungan seks tidak memiliki manfaat kesehatan.  

Ada banyak manfaat bercinta seperti meningkatkan mood, serta imunitas tubuh. Orang-orang yang melakukan hubungan seks setidaknya satu kali seminggu menunjukkan level immunoglobulin A atau protein yang mengandung antibodi dan mencegah tubuh terinfeksi berbagai penyakit. Ini berarti lebih sering melakukan hubungan seks ternyata juga dapat membuat Anda tetap sehat.

Kehidupan seks yang sehat dan reguler juga dapat mengurangi risiko kanker, khususnya kanker prostat, pada pria. Pria yang melakukan ejakulasi setidaknya 21 kali dalam satu bulan memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat dibanding pria yang hanya melakukannya empat sampai tujuh kali dalam sebulan.

Jadi sayangnya, bercinta dengan pasangan memang tidak membakar lemak dan kalori sebanyak yang Anda harapkan. Namun itu seharusnya tidak menghentikan Anda melakukan hubungan seks dengan berbagai manfaat kesehatan yang juga dihasilkan.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi