Advertisement
Advertisement

Awas 7 Makanan Ini Buat Jerawat Makin Parah!

Banyak orang mengira jerawat hanya muncul saat seseorang sedang stres, mengalami perubahan hormon, atau terpapar polusi. Lebih dari itu, tanpa disadari makanan yang Anda konsumsi ternyata juga bisa membuat jerawat makin parah.  

Awas 7 Makanan Ini Buat Jerawat Makin Parah!

SAAT jerawat muncul, Anda tentu akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya. Selain jadi lebih rajin mencuci wajah, Anda tentu akan melakukan banyak perawatan wajah agar jerawat cepat hilang.

Namun setelah rutin menggunakan krim anti jerawat, mengapa jerawat tidak kunjung hilang? Apa ada sesuatu yang salah?

Tenang, hal itu mungkin bukan salah dari krim anti jerawat Anda. Tapi bisa jadi jerawat tidak kunjung hilang atau bahkan semakin parah akibat makanan yang Anda konsumsi sehari-hari lho. 

Seperti yang dilansir oleh Ellit Weiss, M.D., seorang dermatologist dari New York menemukan bahwa beberapa makanan dapat memperparah kondisi jerawat.

Meski tak ada jaminan yang pasti namun kemungkinannya cukup tinggi sehingga patut Anda waspadai. Berikut adalah 5 makanan penyebab jerawat Anda semakin parah, check this out guys!

1. Makanan Manis

Jenis makanan pertama yang dapat membuat jerawat Anda makin parah adalah makanan manis. Makanan atau minuman manis yang mengandung banyak gula dapat memperparah kondisi jerawat Anda.

Banyak penelitian memperlihatkan bahwa seseorang yang terlalu sering mengonsumsi banyak gula dalam makanan maupun minumannya memiliki kondisi kulit yang sangat buruk.

Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa dapat memicu hormon penyebab jerawat sehingga tidak mengherankan makanan manis akan membuat jerawat lain jadi ikut muncul. 

Karena itu jagalah wajah bersih dan segar Anda dengan menghindari makanan manis yang berlebihan.

Verile Acne Gel, Rp 18.200,- ; Beli di sini

2. Makanan Bersantan

Selain makanan yang banyak mengandung gula, makanan gurih yang bersantan juga harus dihindari saat Anda berjerawat.

Sebenarnya kelapa sendiri memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit, namun akan berbeda apabila dikonsumsi secara berlebihan dan dalam bentuk kemasan berupa santan.

Santan mengandung lemak jahat yang mampu memblokir asupan oksigen di pembuluh darah sekitar wajah. Nah, jika pembuluh darah di wajah kurang asupan oksigen, maka pori-pori kulit akan terbuka sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalamnya.

3. Kacang-Kacangan

Sebagian besar kacang mengandung banyak lemak, diman jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat kulit wajah semakin berminyak.

Minyak pada permukaan kulit wajah mampu mengikat dan menangkap debu hasil dari radikal bebas yang bisa menyumbat pori-pori kulit dan kemudian membentuk komedo.

Jika tidak diatas dengan krim anti jerawat dan mengurangi konsumsi kacang, perlahan komedo-komedo tersebut akan berubah menjadi jerawat.

Baca juga: Cara yang Salah Menghilangkan Jerawat

4. Fast Food

Makanan yang tidak mengandung nilai gizi ini merupakan faktor mengapa jerawat Anda semakin parah. Karbohidrat yang mengalami proses pengolahan berkali-kali bisa membuat jerawat Anda semakin meradang.

Nah, jadi mulai sekarang Anda harus mengurangi konsumsi makanan penyebab jerawat  yang satu ini jika tak ingin jerawat terus meradang dan muncul.

5. Susu dan Produk Olahannya

Tak hanya faktor hormonal saja, mengonsumsi produk olahan susu juga bisa membuat jerawat Anda semakin parah. Ada baiknya Anda tidak mengonsumsi susu dan makanan olahannya saat berjerawat.

Apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan tersebut, maka kandungan lemak tinggi dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat.

Tetapi jika Anda tetap ingin mengonsumsi susu, sebaiknya pilih susu yang rendah lemak agar terhindar dari jerawat dan mendapatkan wajah bersih dan segar.

Sebamed Clear Face Anti Acne Gel  , Rp 100.000,- ; Beli di sini

6. Mie Instan

Sama halnya dengan pasta atau spagetti, mie instan masih menjadi makanan favorit para remaja. Tapi tahukan Anda, jika mie instan merupakan salah satu makanan penyebab jerawat?

Mie instan mengandung terlalu banyak protein dan minyak jenuh. Terlalu sering mengonsumsi mie instan sangat berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Jadi, cara yang ampuh untuk mencegah jerawat muncul yakni dengan tidak makan mie instan terlalu sering. Makanlah makanan sehat seperti nasi, sayuran dan buah yang kay serat.

7. Kafein

Tahukah Anda ternyata makanan atau minuman yang mengandung kafein dapat memperparah jerawat?

Yap! kafein yang terdapat pada kopi, teh atau minuman bersoda ternyata dapat merangsang kelenjar adrenalin, kelenjar yang bisa meningkatkan kadar stres pada tubuh.

Hal ini merupakan salah satu faktor terbesar pembuat jerawat makin parah. Selain itu efek dari kafein sendiri adalah gangguan tidur, yang mana bila Anda tidur terlalu malam juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi