FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Menjemput Rezeki 2019 dengan menjadi Reseller AsmaraKu... Click Here
Advertisement
Advertisement

Apa yang Harus Dilakukan Jika Bercinta Tanpa Kondom?

Informasi kategori pasutri ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Atika Nurmalitasari - Dokter Umum.

Saat gairah bercinta sedang memuncak, hubungan intim dapat terjadi begitu saja tanpa adanya persiapan pengaman seperti kondom. Bagi sebagian pasangan hal itu mungkin tidak masalah. Tapi bagaimana jika Anda berdua sedang tidak merencanakan kehamilan? Apa yang harus dilakukan? 

Apa yang Harus Dilakukan Jika Bercinta Tanpa Kondom?

MELAKUKAN hubungan seks tanpa kondom memang dapat membuat sesi bercinta terasa lebih intim. Namun di samping itu semua, Anda dan pasangan harus tetap ingat pada perlindungan yang aman.

Sudah menjadi rahasia umum, kondom merupakan alat kontrasepsi terbaik untuk mencegah penyakit menular seksual (PMS). Umum terbuat dari bahan lateks, kondom akan membantu Anda terhindar dari penyakit mengerikan seperti raja singa, infeksi saluran kencing, sampai HIV/AIDS.

Tidak hanya itu, kondom juga akan mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Hal ini sangat penting terlebih jika Anda dan pasangan belum merencanakan untuk memiliki momongan.

Sayangnya, gairah bercinta yang sudah memuncak kadang membuat Anda dan pasangan melakukan hubungan intim begitu saja tanpa pengaman. Kebanyakan pasangan baru tersadar di tengah sesi bercinta atau setelah hubungan intim selesai.

Jika sudah begitu maka hanya kepanikan dan rasa menyesal yang tersisa. Lantas apa yang harus dilakukan setelahnya? Apakah Ada cara yang bisa diperbuat jika terlanjur bercinta tanpa kondom? 

Penasaran? Berikut jawabannya: 

1. Ketahui tanda-tanda yang tidak biasa

Setelah melakukan hubungan seks tanpa kondom, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah apakah muncul tanda/gejala aneh pada diri Anda.

Untuk penyakit menular seksual seperti sifilis, gejala awal umumnya dialami 10-90 hari setelah berhubungan intim. Gejala umum yang biasanya muncul adalah timbulnya luka pada penis/ vagina. 

Luka tersebut sayangnya sering diacuhkan oleh penderita karena tidak menimbulkan rasa sakit. Jika terus didiamkan, bukan tidak mungkin Anda dapat mengalami pembengkakan kelenjar leher, ketiak, atau pangkal paha. 

Selain gejala tersebut, jika Anda menemukan beberapa tanda di bawah ini, kami sarankan untuk segera pergi ke dokter: 

  • Terjadi flek atau pendarahan: Gejala ini mungkin umum bagi wanita. Namun jika Anda para pria yang mengalaminya, tidak perlu menunggu waktu lama, segera periksakan diri Anda ke rumah sakit terdekat. Gejala tersebut bisa jadi merupakan tanda dari infeksi saluran kemih yang perlu cepat ditangani. 
  • Nyeri saat buang air kecil: hal ini umumnya diyakini sebagai tanda infeksi saluran kencing (ISK) namun terkadang bisa menjadi indikasi PMS.
  • Sakit saat berhubungan seks: jika Anda melakukan hubungan intim yang disertai rasa sakit setelah hubungan sebelumnya tanpa kondom, kemungkinan besar Anda terkena infeksi. Segera periksakan kondisi tersebut sebelum terlambat. 

2. Minum pil kontrasepsi darurat

Mungkin saja Anda tidak melihat gejala kehamilan dini pada pagi hari setelah melakukan hubungan seks tanpa kondom. Tapi tetap saja itu masih tidak menutup kemungkinan Anda bisa hamil.

Jadi, segera minum pil kontrasepsi darurat segera setelah Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom lateks. Pil ini sudah dijual dan dapat mencegah kehamilan yang tidak disengaja setelah melakukan hubungan seksual secara spontan.

Tergantung pada kekuatan dan kapasitasnya, Anda bisa minum pil ini dalam 48 atau 72 jam setelah hubungan seks tanpa kondom. Pil ini bekerja dengan cara membalikkan reaksi hormonal dan mencegah sel telur yang telah dibuahi ditanam di dinding rahim jika sudah terbentuk.

Durex Kondom Invisible Special Edition 4 Box, Rp 93.600,- ; Beli di sini

3. Lakukan tes kehamilan di rumah

Kekhawatiran terbesar wanita jika melakukan hubungan seks tanpa kondom adalah hamil. Jika Anda dan pasangan terlanjur bercinta tanpa kondom, selain dua cara di atas, pastikan kondisi Anda dengan melakukan tes kehamilan.

Meskipun tidak bercinta dalam masa subur, tidak ada salah jika Anda tetap memeriksakan kondisi kehamilan. Belilah alat tes kehamilan dengan tingkat akurasi yang tinggi agar Anda merasa lebih tenang.

Perhatikan juga siklus menstruasi Anda dan lihat apakah ada tanda-tanda kehamilan yang terjadi seperti mual, muntah, dan sebagainya satu minggu setelah bercinta tanpa kondom.

Untuk pencegahan selanjutnya, pastikan untuk selalu memakai kondom atau lakukan hubungan intim di luar masa subur (ovulasi). Pada masa subur, kemungkinan untuk hamil semakin tinggi sehingga ada baiknya untuk menghindari hubungan intim pada masa ini. Anda bisa mengetahui masa subur dengan mencatat siklus periode menstruasi. Masa subur biasa terjadi 14 hari setelah menstruasi hari pertama dan berlangsung selama kurang lebih 3 hari.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi