FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Hiring] Tertarik Dengan Dunia eCommerce? Join AsmaraKu Now!
Advertisement
Advertisement

9 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Banyak yang beranggapan cokelat hanya kudapan manis biasa yang bisa menyebabkan sakit gigi. Padahal lebih dari itu, ternyata cokelat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

9 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

SUPERFOODS yang baik untuk kesehatan tidak melulu identik dengan makanan yang membosankan, hijau dan rasa yang tidak menggairahkan. Ternyata makanan yang sering dianggap sebagai cemilan biasa seperti cokelat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang tidak terduga. 

Bukan tanpa alasan, buah kakao memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dan jika ditambahkan bahan kimia seperti flavonoids dan theobromine, kakao akan menjadi penghancur penyakit yang ampuh. Namun masalahnya rasa asli dari kakao ini pahit dan berkapur, tidak banyak orang yang meyukainya.

Menambahkan susu, gula dan mentega mungkin memang baik untuk memperbaiki rasa namun tidak cukup baik untuk kesehatan Anda. Selain menambah kalori, bahan-bahan tersebut juga akan mengurangi manfaat dari kakao.

Alternatifnya supaya Anda tetap dapat memperoleh manfaat dari kakao adalah dengan memakan cokelat! Eits, tapi pastikan ya bahwa cokelat yang Anda konsumsi mengandung setidaknya 70 persen kakao. Karena cokelat yang mengandung lemak dan gula tinggi maka batasi konsumsinya cukup 7 ons atau empat cokelat batangan setiap minggunya.

Lalu apa saja manfaat cokelat bagi kesehatan? berikut daftarnya:

1. Menjaga hati lebih sehat

Sebuah penelitian baru-baru ini mengklaim bahwa cokelat memiliki manfaat untuk kardiovaskular. Penelitian dilakukan pada lebih dari 31.000 wanita di Swedia, mereka yang memakan dark chocolate setiap minggu terbukti mengalami sepertiga penurunan terhadap resiko gagal jantung.

Begitu pula dengan penelitian jangka panjang di Jerman yang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi satu papan dark chocolate setiap hari mengalami penurunan tekanan darah tinggi dan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke sebesar 39 persen.

Sebagian besar dikarenakan flavonoids, kandungan antioksidan alami dalam cokelat yang mampu melonggarkkan pembuluh darah vena dan arteri. Namun karena cokelat dibungkus dengan gula, susu dan mentega yang cukup banyak, pastikan Anda tidak melewatkan sesi olahraga supaya tetap sehat.

Apalagi sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi cokelat dan olahraga sangatlah baik terutama bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan karena di dalam cokelat mengandung lima kali flavonoids yang dimiliki Apel.

2. Menurunkan berat badan

Jika Anda saat ini sedang diet dan bertanya-tanya apakah ada kesempatan untuk menambahkan cokelat pada menu diet Anda maka berbahagialah karena kenyataannya mungkin lebih dari yang Anda harapkan.

Sebuah penelitian dari University of Copenhagen menemukan bahwa dark chocolate dapat membuat perut kenyang lebih lama. Dark chocolate mampu mengurangi hasrat untuk makan makanan manis, asin dan berlemak. Jadi tunggu apa lagi jika Anda bisa diet dengan cokelat mengapa tidak?

Ferrero Rocher T5, Rp 33.900,- ; Beli di sini

3. Anak yang lebih bahagia

Tahukah Anda bahwa wanita yang mengonsumsi cokelat setiap hari selama kehamilannya akan mampu mengendalikan stres karena sindrom mom-to-be lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi cokelat. Penelitian juga menunjukkan bahwa bayi juga akan lebih bahagia dan lebih banyak tersenyum.

4. Pencegahan diabetes

Permen adalah musuh diabetes? Yup, tentu saja! Dalam sebuah penelitian pada sampel kecil di Italia menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi cokelat batangan setiap hari selama 15 hari menunjukkan adanya penurunan resistensi insulin hampir setenganya.

Hal ini tidak lain juga dikarenakan flavonoids yang meningkatkan produksi nitric oxide dan itu membantu mengendalikan sensitivitas insulin. Jadi mulai sekarang rutinlah mengonsumsi cokelat untuk mencegah diabetes ya. 

Baca juga: 5 Jenis Kue Terfavorit untuk Ulang Tahun

5. Mengurangi stres

Kalau yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda ya. Yup, sudah menjadi rahasia umum jika orang yang sedang galau atau stres akan melampiaskan perasaan tersebut dengan cokelat berharap supaya stres yang dirasakan berkurang.

Dan ternyata hal itu tidaklah buruk untuk dilakukan karena sudah ada penelitian ilmiahnya. Ilmuwan Swiss menemukan bahwa mereka yang sedang depresi dan stres kemudian mengonsumsi cokelat setiap hari selama dua minggu mengalami penurunan stres yang cukup signifikan.

Jadi jika Anda sedang patah hati jangan ambil satu ember es krim namun cukup satu batang cokelat saja ya. Selamat mencoba!

6. Perlindungan dari matahari

Peneliti dari London baru-baru ini menemukan manfaat cokelat bagi kesehatan dengan menguji efek cokelat dari paparan sinar matahari. Dalam penelitian tersebut, peneliti mengonsumsi cokelat dengan kandungan flavonoids tinggi selama tiga minggu.

Setelah tiga minggu, hasilnya menunjukkan bahwa kulit membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk menunjukkan warna kemerahan yang berarti tidak terjadi sunburn di kulit. Untuk itu pastikan Anda hanya mengonsumsi cokelat dengan kandungan flavonoid yang tinggi.

Chocodot Nib's Cokelat Banyak Rejeki, Rp 14.000,- ; Beli di sini

7. Kecerdasan lebih tinggi

Lain kali jika Anda sedang berada di bawah tekanan saat kerja, jangan sungkan dan merasa bersalah dengan membeli dark chocolate. Sebab tidak hanya membantu tubuh Anda menahan stres namun cokelat juga baik untuk meningkatkan kekuatan otak saat benar-benar dibutuhkan.

Pernyataan tersebut didukung oleh peneliti dari University of Nottingham yang menemukan bahwa meminum kokoa dengan tingkat flavonoid tinggi akan meningkatkan aliran darah menuju bagian otak selama 2 hingga 3 jam. Hal tersebut bagus karena dapat meningkatkan kinerja dan kewaspadaan dalam jangka pendek.

Tidak hanya itu penelitian juga dilakukan oleh peneliti dari Universitas Oxford dan Norway yang melihat efek jangka panjang cokelat pada otak dengan penelitian pada lebih dari 20.000 orang berusia lebih dari 70 tahun yang sedang diet.

Mereka menemukan bahwa mengonsumsi cokelat berflavonoid tinggi, wine dan teh mampu signifikan meningkatkan skor kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi cokelat.

8. Menyembuhkan batuk

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa cokelat mampu menenangkan batuk seperti efek dari kodein. Hal ini diakibatkan karena kandungan theobromine di dalam cokelat. Bahan kimia tersebut bertanggung jawab atas rasa cokelat yang enak yang dapat menekan aktivitas bagian dari otak yang disebut vagus nerve.

Baca juga: 7 Jenis Cokelat yang Harus Anda Tahu

9. Mengatasi diare

Manfaat cokelat bagi kesehatan terakhir adalah mampu membantu mengatasi diare. Pernyataan tersebut nampaknya selaras dengan sejarah di Amerika Selatan dan Eropa yang telah lama menggunakan kakao sebagai obat diare sejak abad ke 16.

Penelitian di masa modern ini juga menunjukkan bahwa flavonoid dalam kakao mampu mengikat protein yang dapat mengatur sekresi cairan di usus kecil yang mampu menghentikan diare.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi