FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
Menjemput Rezeki 2019 dengan menjadi Reseller AsmaraKu... Click Here
Advertisement
Advertisement

5 Cara Memanfaatkan Bunga Pernikahan

Sebagai salah satu item yang tidak bisa absen dari acara pernikahan, bunga justru menjadi barang yang paling banyak dibuang setelah acara selesai. Sebagai dekorasi, setelah acara berakhir biasanya bunga juga akan berakhir di tempat sampah. Sungguh sangat disayangkan, padahal dengan beberapa cara kreatif Anda dapat memanfaatkan kembali bunga bekas pernikahan. 

5 Cara Memanfaatkan Bunga Pernikahan

DALAM acara pernikahan, bunga merupakan salah satu dekorasi pernikahan yang paling banyak digunakan untuk menghiasi venue acara. Untuk membuat lokasi pernikahan terlihat indah dan sesuai dengan tema, biasanya florist akan menggunakan banyak jenis bunga untuk menghiasnya.

Selain untuk dekorasi tempat acara, bunga juga akan dirangkai sedemikian rupa menjadi buket bunga yang cantik. Semua itu dilakukan agar pesta pernikahan Anda terasa lebih meriah dan romantis. 

Namun, apakah Anda memikirkan kemana bunga-bunga tersebut pergi setelah acara usai? Yup, tidak salah lagi, bunga akan berakhir di tempat pembuangan setelah acara berakhir. Sangat disayangkan bukan membuang bunga yang begitu banyak?

Nah, ketimbang Anda membuang begitu saja bunga dekorasi pernikahan, sebaiknya manfaat kembali dengan 5 cara berikut. 

1. Jual Kembali

Merangkai kembali bunga-bunga yang Anda kumpulkan dari pesta pernikahan dan menaruhnya ke dalam pot merupakan salah satu cara memanfaatkan bunga bekas pernikahan. Gunakan pot yang minimalis namun tetap membawa unsur eksotis dan bersahaja sehingga akan tetap terlihat cantik meskipun bunga tersebut adalah bunga dari dekorasi pesta pernikahan.

Apabila Anda bisa menatanya dengan baik, maka bukan tidak mungkin bunga-bunga tersebut dapat dijual kembali. Dengan demikian Anda tidak membuang-buang bunga dan justru bisa mendapatkan uang. 

Namun jika Anda tidak sempat menjualnya, minta pada florist yang menangani bunga untuk merangkainya jadi beberapa buket kecil untuk diberikan pada undangan yang datang. 

Rose Dancing Cloud Luxury In Vase, Rp 745.000,- ; Beli di sini

2. Confetti

Cara memanfaatkan bunga bekas pernikahan lainnya adalah dengan menjadikan bunga-bunga tersebut sebagai confetti. Jika Anda melakukan acara akad dan resepsi di tempat yang berbeda, maka gunakan bunga dari lokasi sebelumnya sebagai bunga tabur untuk lokasi resepsi. 

Selain digunakan untuk bunga tabur saat Anda berjalan memasuki tempat resepsi, Anda juga bisa menjual kembali sisa bunga pada toko bunga besar untuk dimanfaatkan sebagai bunga tabur bagi para pengiring pengantin lain. 

3. Tanam Kembali Succulents

Succulents merupakan salah satu bunga yang sangat cocok jika digunakan dalam acara pernikahan di tempat dengan iklim yang panas karena jenis tanaman ini sangat toleran dengan suhu tinggi.

Tidak hanya tahan pada cuaca panas, tanaman yang sedang menjadi tren untuk buket bunga pernikahan ini sangat mudah ditemui. Anda dapat mengunjungi florist Jakarta langganan untuk memesan bunga ini. 

Di sisi lain, selain memiliki gaya yang keren dan sifatnya berkelanjutan, tanaman jenis ini juga dapat ditanam kembali setelah digunakan. Untuk membuat succulents kembali menarik, Anda dapat menatanya dengan memasukan tanaman ke dalam pot berisi tanah dengan keadaan yang lembab.

4. Donasikan untuk Amal

    Mendonasikan bunga merupakan salah satu cara memanfaatkan bunga bekas pernikahan yang menyenangkan dan bermakna. Meskipun terkesan sepele, tapi siapa sangka bunga dari acara pernikahan Anda ternyata bisa bermanfaat bagi orang lain.

    Meskipun bunga tidak bisa bertahan lama, beberapa tempat seperti rumah sakit, panti jompo dan tempat sosial lainnya akan sangat senang bila Anda turut menyumbangkan rangkaian bunga yang indah untuk tempat tersebut.

    Anda bisa juga memberikan buket bunga pernikahan yang telah dirangkai indah di dalam vas untuk diberikan kepada rumah sakit maupun di panti werdha. Dengan demikian, bunga tersebut tetap bisa bermanfaat dan memberikan kebahagiaan bagi orang lain. 

    Passionate Red Rose Kiss, Rp 945.000,- ; Beli di sini

    5. Hiasan Album & Hiasan Kartu

    Tidak harus dalam keadaan segar, Anda tetap bisa memanfaatkan bunga-bunga bekas pernikahan dengan mengeringkannya dan digunakan sebagai hiasan cantik. Anda dapat memanfaatkan bunga kering untuk diletakan sebagai hiasan dalam frame foto,ubah jadi kertas daur ulang, atau gunakan sebagai hiasan kartu ucapan.

    Membuat sisa-sisa bunga bekas perniakahan Anda dengan melakukan daur ulang adalah cara yang bijak karena selain mengurangi sampah, Anda juga bisa mengenang pesta pernikahan dengan cara yang unik.

    Dengan memanfaatkan bunga-bunga yang tersisa dalam acara pernikahan, maka Anda secara tidak langsung telah melakukan sesuatu yang dapat menjaga kelestarian lingkungan. Tidak hanya itu, Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri karena telah mengubah bunga bekas jadi sesuatu yang lebih bermanfaat. 

    Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait

    icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
    Keranjang Belanja
    Halaman Privasi
    Kembali —

    Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
    ketika berbelanja di Asmaraku.com

    Gambar Halaman Privasi