Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

Belanja sekarang, 3 JAM langsung sampai (area terbatas)! 3-hour instant delivery, Order Now

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

4 Manfaat Cuddling Bagi Kesehatan Anda

Berpelukan adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan pasangan. Namun, nampaknya masih banyak yang belum tau bahwa cuddling adalah kegiatan yang membawa manfaat kesehatan bagi fisik maupun emosi.

BERPELUKAN dengan pasangan yang biasa disebut cuddling, merupakan suatu hal yang sudah biasa dilakukan dalam suatu hubungan.

Anda dapat melakukannya ketika sedang bersantai bersama sambil menonton TV, ketika menghabiskan waktu luang di sore hari, atau sesaat sebelum Anda tidur. 

Mungkin sebagian dari Anda berpikir cuddling adalah hal sederhana yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap hubungan. Padahal, berpelukan dengan pasangan ternyata membawa manfaat baik bagi kesehatan Anda, lho.

Lalu, apa saja manfaat dari cuddling yang sebenarnya? Simak ulasan di bawah ini yuk!

1. Membuat Anda Merasa Baik

Cuddling adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu tubuh Andamelepaskan hormon oksitosin, yang biasa dikenal dengan hormon kebahagiaan dan hormon cinta.

Peran hormon ini berdampak penting pada tingkah laku dan respon emosi manusia dalam membangun ketenangan, kepercayaan, serta kestabilan psikologis.

Elizabeth Lombardo, psikolog serta penulis dari buku A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness mengatakan bahwa hormon ini dapat meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan. 

Selain itu, dengan cuddle artinya Anda juga melepaskan endorfin, yaitu zat kimia seperti morfin yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan memiliki peran penting dalam memicu perasaan senang.

Hormon endorfin biasanya dihasilkan tubuh ketika Anda  berolahraga atau ketika Anda memakan cokelat, yang juga membantu menambah perasaan baik.

2. Mengurangi Stress dan Tekanan Darah

Hormon oksitosin yang meningkat karena kontak fisik seperti berciuman dan cuddling, ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah—yang artinya juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Dengan dikeluarkannya hormon tersebut ketika sedang cuddling, artinya secara tidak langsung cuddling juga memicu fungsi fisik dan emosi Anda, sehingga dapat mengurangi rasa stres serta gangguan kecemasan.

3. Membantu Komunikasi dengan Pasangan

Hubungan yang baik dilandasi oleh komunikasi yang baik. David Klow, seorang konselor pernikahan dan keluarga ternama di Chicago menyatakan bahwa ada banyak sekali orang-orang yang mengaku kesulitan dalam berkomunikasi.

Kebanyakan orang hanya ingin langsung dimengerti, tanpa mau bersusah-payah melewati proses komunikasi sebelumnya. 

Bisa dibilang, cuddle artinya dapat menjadi salah satu cara untuk memulai suatu percakapan penting dengan pasangan Anda.

Di lain sisi, cuddling juga bisa jadi bentuk komunikasi non-verbal dalam menyatakan hal-hal yang tidak bisa diutarakan dalam kata-kata, lho!

4. Mempererat Hubungan dengan Pasangan dan Bayi

Dr. Fran Walfish, seorang psikoterapis anak, keluarga dan pasangan, menyatakan bahwa cuddling adalah salah satu hal yang baik untuk dilakukan karena dapat meningkatkan ikatan emosional.

Peran hormon oksitosin sudah lama ditemukan dalam sistem reproduksi wanita, sekaligus merupakan neuropeptida yang bertindak sebagai senyawa organik pengirim sinyal di dalam otak.

Karena itulah, zat ini memiliki peran biologis yang dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak.

Studi yang dilakukan Lane Strathearn dari Baylor College of Medicine, menunjukkan wanita yang dibesarkan dengan kurangnya kasih sayang kesulitan mengekspresikan rasa sayangnya kepada pasangan dan anak-anaknya.

Namun, jangan khawatir. Ingin lebih dekat dengan pasangan adalah hal yang baik, dan rasa ingin ini dapat Anda tunjukkan melalui cuddling.

Nah, itu dia beberapa manfaat cuddling bagi kesehatan Anda. Sudah siap mengajak pasangan untuk cuddling hari ini?

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi