Menu
Cart

KESEHATAN

Makanan Mentah dan Makanan yang Dimasak, Mana yang Lebih Sehat?

Oleh: Roselinda Lewellyn Njoto | 3 menit membaca


Siapa yang tidak suka sashimi? Makanan khas Jepang yang satu ini terbuat dari ikan mentah yang segar. Ikan ini disajikan dalam keadaan mentah, tanpa dibumbui atau dimasak. Namun, masakan tersebut memiliki banyak penggemar dari berbagai negara, termasuk di Indonesia. Berbicara soal raw food atau makanan mentah, akhir-akhir ini banyak yang mengonsumsi makanan mentah sebagai makanan diet. Mereka percaya bahwa raw food jauh lebih sehat dibanding makanan matang, benarkah pendapat tersebut?

Makanan Mentah dan Makanan yang Dimasak, Mana yang Lebih Sehat?

MAKANAN mentah dianggap sebagai makanan sehat karena dipercaya dapat membuat tingkat asam-basa dalam darah menjadi lebih normal. Raw food dianggap sebagai menu makanan sehat karena mengandung enzim yang tidak hilang atau rusak akibat proses memasak. Selain itu, sebagian besar sayuran mengandung antioksidan yang diklaim dapat hilang setelah melalui proses memasak.

Jika Anda ingin menggunakan makanan mentah sebagai bagian dari resep makanan diet Anda, pertimbangkan untuk menggunakan sayur dan buah berikut ini. Karena sayur dan buah berikut lebih sehat dan baik dikonsumsi dalam keadaan mentah dibandingkan setelah melalui proses memasak.

Tomat

jual suplemen antioksidan murahBuah berwarna merah yang satu ini sangat cocok berada dalam daftar makanan untuk diet Anda. Pasalnya, tomat mengandung likopen dan karotenoid, yakni jenis antioksidan yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Kadar likopen dalam tomat bisa hancur setelah melalui proses pengolahan, sekali pun tomat tersebut diolah dengan bahan yang sehat seperti minyak zaitun. Walaupun tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan antara menyantap tomat dalam keadaan mentah atau matang, tetapi kami lebih menyarankan Anda untuk mengonsumsi tomat dalam keadaan mentah, tidak diolah menjadi jus, tidak dicampur dengan bahan-bahan lain, dan tidak dimasak dengan metode apapun.

Brokoli

jual suplemen multivitamin murah dan lengkapSelanjutnya, lengkapi pola makan sehat Anda dengan mengonsumsi brokoli. Namun, sebagian besar orang bingung memilih cara yang sehat untuk menikmati sayuran hijau yang satu ini. Para peneliti pernah membandingkan manfaat dari brokoli mentah, brokoli rebus, dan brokoli kukus. Hasilnya, tingkat polifenol, glucosinolates, beta-karoten, lutein, alpha, dan gamma-tokoferol di dalam brokoli yang dikukus atau direbus mengalami sedikit penurunan dibanding brokoli yang masih mentah. Kadar Vitamin C pada brokoli yang direbus juga mengalami penurunan. Hal ini membuktikan bahwa brokoli mentah adalah makanan sehat yang dapat melengkapi resep makanan diet Anda.

Bawang Putih

jual suplemen detoksifikasi murahSudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih memiliki sifat anti-kanker yang juga dapat membantu pencegahan penyakit kardiovaskular. Sayangnya, ketika melalui proses pengolahan kemampuannya untuk mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular jadi berkurang. Salah studi membuktikan bahwa konsumsi bawang putih mentah dua kali atau lebih dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker paru-paru. Kesimpulannya, Anda masih bisa memperoleh manfaat anti-kanker dan pencegahan penyakit kardiovaskular dari bawang putih yang sudah dimasak, tetapi akan jauh lebih baik jika Anda mengonsumsi bawang putih mentah untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

Jamur

jual suplemen antioksidan murah

Banyak yang takut mengonsumsi jamur dalam keadaan mentah karena khawatir masih ada kandungan racun di dalam jamur tersebut. Akan tetapi, ada beberapa jenis jamur yang aman dikonsumsi dalam keadaan mentah, seperti dipakai sebagai topping untuk membuat salad. Memasak jamur dapat menghilangkan zat karsinogenik ringan yang terkandung di dalam jamur. Zat ini bersifat sebagai anti-kanker. Ini adalah alasan mengapa Anda tidak boleh melewatkan jamur mentah untuk dikonsumsi.

Nah, makanan yang baik dikonsumsi dalam keadaan mentah ini bisa menjadi makanan sehat yang tepat, lho. Mari lengkapi pola makan sehat Anda dengan memilih makanan yang lebih sehat dikonsumsi dalam kondisi mentah.


Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli antioksidan pria, Beli antioksidan wanita, Beli a_stamina tubuh, Beli detoksifikasi pria, Beli detoksifikasi wanita, Beli kategori_kesehatan, Beli Kesehatan, Beli multivitamin pria, Beli multivitamin wanita, Beli stamina tubuh pria, Beli stamina tubuh wanita, Beli suplemen pria, Beli suplemen wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com