Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

KESEHATAN

Olahraga Tepat Untuk Darah Rendah

Oleh: Asmaraku Shop | 3 menit membaca


Tekanan darah rendah membatasi Anda untuk berolahraga? Well, terbatas bukan berarti jadi tidak sama sekali, kan? Yuk, simak olahraga apa saja yang aman untuk rutin Anda lakukan!

Anda mungkin pernah merasa pusing ketika berpindah posisi saat berolahraga, terutama saat posisi kepala Anda berada lebih rendah daripada jantung. Istilah medis untuk kondisi ini adalah Orthostatic Hypotension. Gejala ini juga biasa timbul saat kepala dan jantung berada di posisi sejajar. Ini diakibatkan pada posisi tersebut, tekanan darah Anda tidak mampu menyuplai kembali darah ke otak. Saat otak kekurangan oksigen yang disuplai melalui darah, Anda akan merasakan sensasi pusing. Jika berlebihan, dapat menyebabkan Anda kehilangan kesadaran diri, karenanya, Anda harus berhati-hati demi menghindari kondisi ini.

Kami bertanya pada para ahli bagaimana kunci untuk tetap berolahraga tanpa khawatir tekanan darah Anda menjadi drop. Ahli fitness Jivesh Shetty dan konsultan penyakit dalam Dr. Rajesh Meena memberikan pencerahan dari kekhawatiran Anda untuk berolahraga dengan tekanan darah dan memberikan Anda panduan untuk menghindari terjadinya komplikasi.

Jika Anda adalah pemula dalam hal fitness, Jivesh mengatakan agar memulai dengan perlahan dan hanya menggunakan 60-70% dari kemampuan maksimal Anda. Suplai darah ke sekeliling otot di awal latihan biasanya rendah dan dapat menyebabkan kelelahan serta pusing. Untuk itu pastikan Anda meminum banyak air. Perhatikan jika Anda berolahraga dalam durasi lama, tekanan darah rendah bisa menyebabkan aliran darah ke otak, jantung dan paru-paru terhambat. Beri jeda sejenak di antara masing-masing gerakan akan menghindari hal tersebut terjadi.

Saat mengubah posisi, terutama bagian yang mengharuskan Anda mengangkat kepala, lakukan dengan perlahan. Selalu lakukan pendinginan setelah latihan jika kondisi Anda termasuk kronis. Kebanyakan orang mengetahui masalah mereka, namun mereka lupa untuk mengambil langkah-langkah pencegahan. Jika ini terjadi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah duduk bersandar hingga rasa pusing tadi hilang.

Konsultasikan pada dokter Anda jika kondisi terus berlanjut. Beberapa dokter biasanya akan menyarankan penambahan asupan sodium, sedangkan untuk Anda yang memiliki gejala hipertensi kemungkinan harus mengurangi asupan sodium Anda.

Semakin sering Anda berlatih, tubuh Anda akan beradaptasi dengan tekanan darah rendah. Penambahan beban berselang saat Anda mengangkat beban, latihan daya tahan dan kardio akan membantu mempercepat adaptasi Anda. Faktanya, kebanyakan dari orang yang berpengalaman fitness memiliki tekanan darah yang rendah.

Jevish juga menekankan manfaat terpenting dari fitness adalah bahwa berlatih secara rutin membantu regulasi tekanan darah. Baik tekanan darah rendah maupun tekanan darah tinggi. Setiap orang harus berlatih dengan kapasitasnya masing-masing. Untuk Anda yang pemula akan membutuhkan bantuan supervisi dari pelatih untuk memperhatikan sampai mana daya tahan tubuh Anda dan kemungkinan gejala tekanan darah muncul.

Untuk membantu Anda lebih lanjut saat berolahraga, Dr. Rajesh, spesialis medis lapangan, menetapkan beberapa panduan untuk Anda dengan tekanan darah rendah:

  • Diskusikan dengan dokter Anda sebelum memulai latihan.
  • Beberapa jenis latihan seperti berjalan, latihan otot dan latihan yang bisa dilakukan saat duduk adalah latihan yang aman untuk dilakukan.
  • Konsumsi banyak air.
  • Pastikan Anda melakukan pemeriksaan cardio untuk menghindari gejala darah rendah muncul saat latihan.
  • Saat tekanan darah sedang rendah, jangan lakukan latihan tanpa persiapan medis.
  • Segera hubungi dokter Anda jika gejala darah rendah seperti pusing atau rasa mual muncul saat latihan.

 
Terakhir,  ia juga menyarankan Anda mengonsumsi obat Anda disertai dengan diet sehat. Menurut Dr Rajesh, tekanan darah rendah biasanya disebabkan oleh diabetes atau jumlah darah merah yang sedikit di mana Anda diharuskan mengikuti pengobatan yang layak sesuai resep dokter. Untuk menghindari gejala darah rendah pastikan Anda selalu minum cukup air.

Jika Anda berpikir tekanan darah rendah akan menjadi halangan untuk berolahraga, pikirkan sekali lagi. Fitness dan olahraga dapat memelihara tekan darah Anda.

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_kesehatan, Beli kategori_kesehatan, Beli kesehatan

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com