Advertisement
Advertisement

10 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi saat Hamil

Saat hamil selain menjaga kandungan dengan tidak melakukan aktivitas berat, calon ibu juga harus memberikan perlindungan dari dalam dengan mengonsumsi berbagai makanan yang bagus bagi janin. Selain berguna bagi ibu, makanan yang tepat juga dapat membantu calon bayi tumbuh sehat. 

10 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi saat Hamil

MEMPERHATIKAN makanan yang dikonsumsi saat hamil memang sangat penting, sebab apa yang dimakan oleh sang ibu akan memberikan nutrisi penting untuk pertumbuhan janinnya.

Untuk itu, setelah alat tes kehamilan menunjukkan hasil yang positif, mulai saat itulah Anda harus memperhatikan semua makanan yang dikonsumsi. Hindari makanan yang berbahaya seperti junk food dan beralihlah ke makanan untuk ibu hamil. 

Jangan hanya menyiapkan pakaian bayi, maternity bra, dan perlengkapan bayi lainnya, Anda juga harus mempersiapkan tubuh yang sehat dengan mengonsumsi 10 makanan untuk ibu hamil berikut ini: 

1. Produk Susu

Ketika hamil, wanita membutuhkan asupan kalsium lebih banyak. Hal tersebut penting untuk memenuhi kebutuhan janin yang terus bertumbuh. Karena itulah saat hamil jangan lupa selalu minum susu dan produk susu lainnya. 

Sebab setiap produk susu tidak hanya menyediakan kalsium, tetapi juga Vitamin B, magnesium, dan seng. Selain mengkonsumsi susu untuk wanita hamil, para ibu hamil juga harus mengkonsumsi yogurt atau produk susu lainnya.

2. Kacang Polong

Tahukah Anda bahwa ibu hamil tidak hanya sekedar memerlukan maternity bra atau pakaian hamil, tetapi nutrisi yang paling dibutuhkan adalah folat. Sayangnya, sebagian besar wanita hamil tidak mendapat asupan folat yang cukup.

Kacang polong adalah jenis makanan yang menyediakan serat, zat besi, protein dan juga folat. Sekedar informasi, folat adalah salah satu jenis Vitamin B yang penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya pada trimester pertama.

Herbilogy Sweet Leaf Extract Powder, Rp 89.000,- ; Beli di sini

3. Ubi Jalar

Suka makan ubi jalar? Pertahankan kebiasaan tersebut saat hamil karena ubi jalar mengandung beta karoten, senyawa di dalam tanaman yang dapat diubah menjadi Vitamin A.

Mengapa Vitamin A diperlukan oleh wanita hamil? Karena Vitamin A penting untuk pertumbuhan janin dan diferensiasi sel dan jaringan untuk perkembangan janin yang lebih sehat.

4. Salmon

Ketika alat tes kehamilan yang dipakai menunjukkan hasil yang positif, mungkin Anda terlalu bahagia sehingga lupa dengan makanan yang sehat untuk wanita hamil.

Saat dinyatakan hamil, jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi salmon karena ikan ini mengandung asam lemak omega-3 memberi nutrisi pada perkembangan otak dan janin.

Baca juga: Manfaat Memakai Krim Stretch Mark saat Hamil

5. Telur

Boleh dikatakan bahwa telur adalah makanan untuk ibu hamil yang paling praktis. Makanan ini dianggap memenuhi vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil.

Namun, kandungan yang paling penting di dalam telur bagi ibu hamil adalah kolin. Pasalnya, kolin diperlukan untuk membantu perkembangan tubuh, otak, dan kesehatan janin yang berada di dalam perutnya.

6. Brokoli dan Sayuran Hijau Gelap

Makanan super selanjutnya untuk para ibu hamil adalah brokoli. Selain dipercaya dapat membuat seseorang panjang umur, brokoli rupanya juga memiliki manfaat bagi Anda para ibu hamil lho.

Tidak hanya brokoli, teman-temannya para sayuran hijau seperti bayam dan kangkung juga memiliki manfaat seperti menyediakan serat, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan potasium.

Mengingat kandungan serat di dalam sayuran berwarna hijau gelap sangat tinggi, maka sayuran tersebut bisa mengatasi sembelit, permasalahan yang paling sering dialami oleh wanita hamil.

Madu Ibu Hamil, Rp 65.000,- ; Beli di sini

7. Daging

Siapa bilang saat hamil Anda tidak boleh mengonsumsi daging? Daging sapi dan daging ayam ternyata mengandung zat besi, kolin, dan Vitamin B lainnya. Kandungan tersebut sangat penting sebab zat besi merupakan mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

8. Minyak Ikan

Satu lagi makanan untuk wanita hamil yang diklaim sebagai superfood, yaitu minyak ikan. Minyak hati ikan mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin.

Sebelum mengonsumsi minyak ikan, pastikan memilih minyak hati ikan cod agar Anda memperoleh lebih banyak manfaat untuk kesehatan ibu dan janinnya.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Aman saat Hamil

9. Buah Berry

Makanan selanjutnya yang baik bagi ibu hamil adalah buah dari keluarga berry. Bagi ibu hamil, Anda bisa mengonsumsi jenis buah berry seperti raspberry, blueberry, blackberry, dan masih banyak lagi. Selain memiliki rasa yang manis, buah-buahan berry mengandung air yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, buah berry juga menyediakan karbohidrat, serat, dan Vitamin C.  Bahkan, buah-buahan berry juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak meningkatkan gula darah dan sangat baik bagi ibu hamil.

10. Alpukat

Siapa yang tidak suka alpukat? Hampir setiap orang pasti menyukai buah yang dagingnya berwarna hijau kekuningan ini. Ternyata tidak hanya sedap dijadikan jus penghilang dahaga, buah yang satu ini juga memiliki manfaat bagi ibu hamil.

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tidak menyebabkan kolesterol. Buah ini juga diklaim mengandung serat, folat, dan potassium yang tinggi. Ketiga kandungan tersebut membuat alpukat semakin cocok menjadi makanan untuk ibu hamil.


Demikian ulasan singkat mengenai makanan untuk ibu hamil yang baik untuk menunjang pertumbuhan janin. 10 makanan di atas bisa menjadi referensi untuk diolah menjadi menu makanan harian bagi Anda selama hamil. 

Semoga Anda menemukan makanan yang sesuai selera dan juga baik untuk kesehatan ibu dan janin di dalm kandungannya. Selamat mencoba. 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi