Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

PRIA

Yang Harus Diperhatikan Kala Ingin Membeli Parfum Sebagai Hadiah

Oleh: AsmaraKu Editorial | 5 menit membaca


Saat ingin merayakan hari spesial bersama pasangan tentunya hal-hal lazim yang wajib sudah masuk dalam rencana Anda. Booking restoran mewah? Cek. Suasana romantis? Cek. Suit atau dress yang menawan? Cek. Wangi tubuh yang menyenangkan? Well, jika Anda ingin menghadiahkan parfum original  untuk orang terkasih, sebaiknya simak hal-hal berikut ini.

Yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Parfum Sebagai Hadiah

AROMA tubuh kita menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan baik oleh diri sendiri maupun oleh pasangan Anda. Tak jarang untuk hari-hari spesial seperti ulang tahun, ulang tahun pernikahan atau anniversary masa pacaran, memberikan parfum sebagai kado untuk pacar menjadi pilihan yang cukup umum. Ada beberapa fakta ilmiah yang patut Anda ketahui ketika berniat membeli parfum sebagai hadiah.

 

Kekuatan hidung

jual parfum pria original lengkap

Indera pencium adalah indera yang dominan pada sebagian besar binatang. Manusia pun juga mempunyai indera pencium yang dominan.

Pada binatang, pertemuan antar sesamanya biasanya dimulai dengan saling menciumi bau masing-masih secara intens. Dari aktivitas saling menciumi tersebutlah, binatang ini bisa mengetahui kualitas dan masa subur sesama spesiesnya yang memungkinkan mereka memutuskan untuk bereproduksi atau tidak.

Walaupun manusia tidak serta merta saling mengendus satu sama lain, penelitian pada persepsi bau tubuh manusia menunjukan bahwa hal yang terjadi pada beberapa binatang juga terjadi pada manusia melalui bau ketiak. Para peneliti ini secara teratur mengetes persepsi tentang bau tubuh dengan mengumpulkan aroma pada baju bekas pakai atau bantalan ketiak.

Para sukarelawan diminta untuk tidak menggunakan deodoran ataupun parfum pria atau parfum wanitaDari hasil tes eksperimental, diketahui bahwa pria lebih menyukai bau tubuh wanita saat sedang masa subur daripada saat tidak sedang masa subur. Sedangkan wanita lebih tertarik pada bau pria yang juga mempunyai faktor lain selain baunya, seperti kepribadian yang supel, percaya diri atau menarik secara fisik.

Baca juga: Mengapa Wanita Lebih Menyukai Pria Wangi?

Bau tubuh menjadi poin penting dalam memilih pasangan terutama wanita. Maka, jika ingin memberi parfum sebagai hadiah untuk pacar juga perlu dilihat karakter si pemakai.

Bau alami pada tubuh manusia juga memberikan tanda untuk mengukur tingkat kecocokan para pasangan. Penelitian dengan metode yang sama menunjukan bahwa kedua jenis kelamin lebih menyukai bau pasangan yang secara genetik berbeda dalam sekumpulan gen yang disebut major histocompatibility complex (MHC) . Dalam beberapa jenis vertebrata seperti ikan, reptil, serta unggas dan mamalia juga menunjukan perilaku yang sama karena dengan demikian keturunan yang dihasilkan akan lebih sehat.

 

Sejarah minyak wangi

Apa sebenarnya fungsi parfum? Memakai minyak wangi ke seluruh tubuh adalah sebuah upaya untuk menutupi bau yang berasal dari pakaian karena pada jaman dahulu pakaian bisa dipakai sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Bahan untuk membuat parfum pada jaman kuno juga mahal sehingga parfum original diasosiasikan pada kumpulan orang dengan status sosial yang tinggi. Ada banyak referensi bahwa jaman dahulu orang sudah memakai minyak wangi, termasuk yang terdapat dalam naskah kuno oleh sejarawan dari Roma,  Pliny the Elder.  Bahkan, rumah parfum tertua berumur sekitar 4000 tahun ditemukan di kota Pyrgos, Siprus.

 

Parfum tak hanya untuk menutupi bau badan

jual parfum original termurah dan telrengkapMeskipun perkembangan teknologi sudah pesat tetapi stigma sosial terhadap bau badan tidak sedap masih ada dan perusahaan pembuat parfum modern meraup untung jutaan dolar karenanya. Pada saat ini parfum relatif lebih murah dan mudah didapat di mana saja. Minyak wangi pria maupun wanita banyak sekali macamnya, bahkan parfum original unisex pun banyak beredar di toko parfum. Tidak seperti zaman dulu yang ekslusif untuk kalangan atas saja.

Tetapi jika fungsi minyak wangi hanya sekedar untuk menutupi bau tidak sedap, mengapa terdapat banyak pilihan bagi parfum pria maupun parfum wanita? Dan bagaimana parfum mengubah bau atau memblok bau alami tubuh kita yang seharusnya memberikan sinyal-sinyal alam seperti yang dibahas di atas?

Penelitian terbaru meragukan pandangan konvensional soal parfum yang fungsinya menutupi bau tidak sedap. Pada sebuah studi, peneliti meminta sukarelawan memakai bantalan masing-masing di bawah ketiak mereka. Satu ketiak menggunakan wewangian dan satunya lagi dibiarkan tidak memakai wewangian apapun. Hasilnya mungkin tidak terlalu  mengejutkan, sukarelawan yang bertugas mencium aroma tubuh mereka menyatakan bahwa bantalan ketiak yang memakai minyak wangi mempunyai wangi yang lebih menarik.

Penelitian selanjutnya, para sukarelawan diminta untuk memakai parfum pilihannya sendiri dan pilihan parfum yang sudah ditentukan oleh peneliti masing-masing di bawah ketiak mereka. Hasilnya, aroma ketiak yang dihasilkan oleh bagian yang dipakai parfum dengan pilihan para sukarelawan lebih enak dibandingkan dengan pilihan yang ditentukan oleh peneliti. Kesimpulannya, orang yang memilih minyak wangi yang mengimbangi bau alami tubuhnya akan menghasilkan perpaduan wangi yang baik.

Bagaimana tubuh kita bisa menghasilkan perpaduan tersebut? Pertanyaan ini mengarahkan kita kembali ke gen MHC yang sebelumnya dibahas. Penelitian lanjut menyatakan bahwa kita cenderung memilih parfum yang akan meningkatkan sinyal MHC kita. Jadi, memilih parfum yang pas tidak hanya soal wangi yang menyenangkan saja.

Ada faktor-faktor lain seperti kepribadian maupun yang lebih kompleks seperti menyesuaikan pilihan parfum dengan bau alami tubuh kita. Memberi minyak wangi sebagai kado untuk pacar mungkin bukan pilihan yang simpel. Terkadang wanita cocok memakai minyak wangi pria maupun sebaliknya. Sebab itu, parfum unisex hadir bagi mereka yang berada di tengah-tengah karena parfum jenis ini bisa dikenakan siapa saja.

Baca juga: Parfum Unisex Terbaik

 

Kembali ke toko parfum!

So, apa yang bisa dipelajari dari pembahasan di atas? Poin yang cukup jelas adalah memilih parfum sebagai hadiah untuk pacar dengan pilihan pribadi Anda mungkin tidak akan terlalu berhasil.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminta bantuan staf rumah parfum untuk memilih parfum original yang kurang lebih beraroma seperti orang spesial Anda. Tidak ada salahnya untuk mengambil waktu lebih dalam memilih parfum dan mencobanya di kulit Anda. Percayalah, ketika Anda menemukan parfum yang cocok, Anda akan bersyukur telah melewati waktu itu.



Sebelumnya: Ini Dia Manfaat Pakai Korset Pelangsing untuk Tubuh Anda


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_parfum, Beli kategori_pria, Beli parfum, Beli parfum pria, Beli parfum wanita, Beli pria

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com