Pre-Order Bunga Hari Ibu: 14 - 21 Desember | Limited Slot!
Advertisement
Advertisement

Waspada 6 Kebiasaan Ini Bisa Timbulkan Bintik Hitam Wajah Lho!

Tuntutan pekerjaan yang tinggi tak jarang mengharuskan seseorang untuk melakukan lebih banyak mobilitas. Tidak selalu di dalam ruangan, beberapa orang bahkan lebih sering melakukan aktivitasnya di luar rumah ditemani sinar matahari yang terik. Tapi tunggu, coba berhenti sejenak dan lihat wajah Anda di kaca. Apakah muncul noda dan bintik-bintik hitam? 

Waspada 6 Kebiasaan Ini Bisa Timbulkan Bintik Hitam Wajah Lho

SUDAH bukan rahasia umum lagi jika panasnya terik matahari mampu membuat perubahan di wajah. Sinar UV A dan UV B yang terus menerus mengenai wajah dapat membuat kulit menjadi kering, dan timbul bintik-bintik hitam. Yang lebih mengerikan lagi, sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit. 

Namun tidak hanya karena faktor paparan sinar matahari, berbagai faktor lain seperti kosmetik, stres, dan konsumsi obat-obatan juga dapat membuat perubahan pigmentasi  pada kulit. 

Untuk itu, guna mencegah timbulnya bintik hitam pada wajah, selain melakukan perawatan wajah intensif, Anda juga disarankan untuk menghindari 6 kebiasaan penyebab bintik hitam di wajah.

Apa saja? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

 

1. Merokok

Walaupun merokok sangat identik dengan kaum pria, namun di era modern ini banyak sekali wanita yang memiliki kebiasaan merokok. Selain dapat menyebabkan penyakit kronis hingga kematian, merokok juga jadi salah satu penyebab bintik hitam di wajah.

Bukan tanpa alasan, zat yang ada pada rokok akan menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan flek hitam di area wajah Anda. Mengingat hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan dan kecantikan, sebaiknya pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan merokok sekarang juga. 

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50, Rp 103.000,- ; Beli di sini

2. Malas Menggunakan Sunscreen (Tabir Surya)

Banyak kaum wanita yang masih menyepelekan perawatan wajah intensif seperti  memakai sunscreen (tabir surya) saat keluar rumah. Padahal sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan yang diakibatkan sinar ultra violet (UV).

Hal ini sangat penting terutama untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda, dengan munculnya flek hitam di wajah.

3. Penggunaan Ponsel yang Berlebihan

Seiring dengan mobilitas yang tinggi, alat komunikasi seperti ponsel menjadi barang yang tidak boleh terlupakan. Tapi tahukah Anda, sebuah penelitian menunjukan jika ponsel memiliki bakteri yang lebih banyak daripada dudukan toilet.

Mengejutkan bukan? Sekarang bayangkan jika ponsel dengan penuh bakteri tersebut terlalu sering menempel pada wajah Anda. Selain mengakibatkan jerawat, flek atau bintik hitam pada wajah pun juga mungkin muncul. 

Untuk mencegah timbulnya bintik hitam, segeralah mencuci tangan setelah menggunakan ponsel dan gunakan tisu anti bakteri untuk membersihkan ponsel Anda secara teratur.

Baca juga: 6 Hal yang Menyebabkan Pori Wajah Tersumbat

4. Permen Karet

Sebagai salah satu manisan favorit banyak orang di seluruh dunia, permen ternyata memiliki dampak buruk yaitu menimbulkan bintik-bintik hitam pada wajah. Permen dengan sifat yang mampu menghancurkan kolagen pada wajah, dapat menyebabkan kelembaban kulit tidak terjaga dengan baik.

Akibat dari hal tersebut, seseorang yang sering mengonsumsi permen karet akan mengalami kulit kering dan penuaan dini. Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang sangat senang makan permen, selain coba mengurangi jumlah konsumsi gunakan juga krim anti aging untuk mengurangi pemicu penuaan dini.

5. Banyak Mengonsumsi Gula

Selain permen, mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi juga akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan Anda. Tak hanya itu, mengonsumsi gula secara berlebihan juga berisiko terkena penuaan dini dan munculnya bintik hitam di wajah. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dengan rendah gula, dan gunakan krim anti aging secara teratur.

Humprey Serum Vit C Collagen Plus, Rp 75.000,- ; Beli di sini

6. Jarang Membersihkan Wajah

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa menyebabkan flek hitam muncul pada wajah adalah jarang membersihkan wajah. Setelah melakukan aktivitas seharian di luar rumah, tentu akan ada banyak kotoran yang menempel pada wajah terutama jika Anda menggunakan make up.

Jika tidak dibersihkan, kotoran, debu, dan make up yang menempel pada wajah Anda akan menyumbat pori-pori, menyebabkan jerawat dan lama-kelamaan menimbulkan bintik hitam di wajah Anda.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi