FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Ucapkan Selamat Tinggal Kepada Ketiak Hitam Dengan 5 Cara Alami Ini!

Kondisi cuaca yang terik dan panas, kerap memicu perasaan tidak percaya diri. Selain tubuh mandi keringat, kadang area ketiak baju menjadi basah dan berbau. Bila dibiarkan, kondisi ini bisa membuat ketiak hitam dan gatal.

AREA ketiak jarang mendapat perhatian. Kebanyakan orang hanya mandi untuk membersihkan area ketiak, padahal ketiak butuh lebih banyak perhatian agar menjadi ketiak yang sehat.

Kenapa Ketiak Saya Hitam?

Area di sekitar ketiak sangat sensitif dan rentan mengalami berbagai masalah seperti ruam kemerahan, ketiak hitam dan gatal, rambut tumbuh ke dalam, infeksi, warna tidak merata, hingga tumbuh jerawat.

Banyak hal yang bisa terjadi di area ketiak jika tidak dirawat dengan tepat. Sering dicukur, dicabut bulunya, timbul ruam, jamur, memakai produk deodoran dan sebagainya juga memengaruhi kondisi ketiak. Salah satu yang paling sukar diatasi adalah ketiak hitam. Bagaimana mengatasinya?

Cara Ketiak Hitam Menjadi Putih

Ingin mengenakan gaun cantik dengan percaya diri meski lengan pendek atau bahkan tanpa lengan, tapi ketiak hitam? Jangan khawatir! Berikut adalah beberapa cara ketiak hitam menjadi putih dengan bahan alami yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel merupakan bahan alami yang dikenal bisa membantu menghilangkan noda membandel. Cuka sari apel bersifat menetralisir keasaman dan membunuh mikroba atau jamur yang memicu ketiak gelap.

Cuka sari apel mengandung zat senyawa asam yang ringan untuk menghilangkan sel kulit mati, sehingga ketiak yang gelap akan meregenerasi sel-sel kulit baru yang lebih cerah dan muda. Ketiak hitam pun akan menjadi terlihat lebih putih dan cerah.

Cara membuat:

  • Campurkan 2 sendok teh cuka sari apel dan 2 sendok teh baking soda hingga merata. Biarkan hingga campuran ini menimbulkan gelembung-gelembung kecil.
  • Setelah gelembung-gelembungnya hilang, oleskan campuran ini pada area ketiak dan biarkan hingga mengering.
  • Bilas dengan air bersih.

Lakukan dengan rutin sebanyak tiga kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal. Untuk jenis kulit sensitif, gunakan 1 sendok teh cuka sari apel, 1 sendok teh air, dan sedikit baking soda.

2. Lidah Buaya

Sejak lama, aloe vera atau lidah buaya dipercaya sebagai bahan perawatan alami kecantikan dan kesehatan. Hal ini karena gel lidah buaya mengandung Aloeocin yang bersifat sebagai inhibitor tirosinase, atau enzim yang berperan mengatasi pigmentasi kulit.

Aloeocin dalam lidah buaya akan menghambat produksi dan aktivitas enzim pigmentasi, sehingga lidah buaya dapat membantu membuat kulit ketiak hitam menjadi lebih putih. Lidah buaya juga bersifat antibakteri dan mampu menenangkan kulit yang sedang ruam atau meradang karena efek iritasi.

Yang Harus Anda Lakukan

  • Potong daun dan haluskan gel lidah buaya segar.
  • Oleskan lapisan gel ini pada ketiak Anda dan diamkan selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air.

Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya di rumah, Anda juga dapat menggunakan produk gel lidah buaya organik yang dijual bebas. Ulangi perawatan ini secara rutin setiap hari agar hasil optimal.

Baca juga: 7 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kulit

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat bagus untuk melembabkan dan memberi nutrisi bagi kulit. Minyak ini kaya antioksidan yang berperan untuk menangkal efek buruk paparan radikal bebas.

Bila dikombinasikan dengan gula merah yang berperan sebagai pengelupas (eksfoliator), maka campuran keduanya akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk dan membuat kulit ketiak gelap menjadi lebih terang

Anda Akan Membutuhkan

  • 2 sendok makan minyak zaitun murni
  • 2-3 sendok makan gula merah

Yang Harus Anda Lakukan

  • Tambahkan gula merah ke dalam minyak dan aduk perlahan.
  • Basahi kulit ketiak dan oleskan campuran.
  • Gosok selama satu atau dua menit dan diamkan selama lima menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Lakukan perawatan ini dua kali seminggu sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Kunyit

Lulur mandi dengan ramuan kulit sudah bukan hal baru. Kunyit biasanya digunakan dalam masker wajah untuk memutihkan dan mencerahkan warna kulit serta menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Ternyata tidak hanya wajah, kunyit juga bisa mencerahkan ketiak, lho.

Terapkan secara teratur pada area ketiak yang gelap agar tampak lebih cerah. Kemudian, kombinasikan pula dengan susu yang mengandung asam laktat untuk membantu proses pencerahan kulit ketiak yang lebih ampuh dan cepat.

Anda Akan Membutuhkan

  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok makan susu
  • 1 sendok teh madu (opsional)

Yang Harus Anda Lakukan

  • Campur semua bahan dan oleskan pasta pada ketiak.
  • Biarkan mengering selama 10-12 menit lalu bilas.

Ulangi perawatan ini dua kali seminggu.

5. Minyak Jarak

Minyak jarak bermanfaat untuk menyerap semua kotoran yang ada pada kulit Anda, bahkan membersihkan kotoran atau sisa-sisa bahan kimiawi yang menyumbat  pori-pori Anda.

Semua kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati dapat dihilangkan untuk menyingkap kulit yang lebih muda di ketiak Anda. Bahkan, minyak jarak juga berfungsi sebagai kondisioner kulit yang sangat ampuh.

Anda Akan Membutuhkan

  • 1-2 sendok teh minyak jarak

Yang Harus Anda Lakukan

  • Gosok lembut bagian ketiak dengan minyak jarak selama sekitar 5 menit. Diamkan antara 2 – 3 menit.
  • Bilas dengan air bersih seperti biasa.

Untuk mendapatkan kulit ketiak yang putih dan hasil maksimal, gunakan perawatan minyak jarak ini setiap hari.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi