Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

BUNGA

Trik Cantik Merangkai Bunga Tulip dalam Vas

Oleh: Mursyid Kasmir Naserly | 4 menit membaca


Meskipun minat penanaman bunga outdoor sudah sepi di pasaran, namun industri bunga masih akan terus bertahan lewat penjualan  bunga-bunga hias, yang umumnya digunakan sebagai tanaman penghijau di dalam ruangan. Salah satu jenis bunga yang paling laris di pasaran adalah bunga tulip. Bunga yang kerap meramaikan pasar bunga di musim semi ini merupakan bunga hias yang mampu bertahan di dalam vas berair selama tujuh hingga sepuluh hari jika Anda mengetahui triknya.

Trik Cantik Merangkai Bunga Tulip dalam Vas

SEPERTI bunga-bunga tulip potong yang bisa Anda temukan di toko bunga atau supermarket langganan Anda, semuanya rata-rata hasil dari budi daya tulip dalam ruangan. Mereka umumnya menggunakan temperatur tertentu untuk menyesuaikan iklim tempat si bunga tulip berasal. Mereka menggunakan skema jam biologi pada pertumbuhan bunga tersebut, sehingga bunga tulip memiliki waktu berkembang sendiri, berbeda dengan pertumbuhan bunga-bunga tulip yang ditanam di luar ruangan. Hal inilah yang menyebabkan tulip-tulip hasil budi daya tersebut memiliki ukuran tinggi yang serupa dan kualitasnya sangat laris di pasaran saat musim dingin tiba.

Metode inilah yang bisa Anda duplikasikan di rumah jika Anda berniat untuk memelihara tulip di dalam pot. Tempatkan dia di ruangan yang memiliki suhu sekitar 40 derajat fahrenheit selama 10 hingga 12 minggu sebelum benar-benar siap untuk dipajang di ruang yang hangat.

Namun jika Anda hanya ingin sekedar memajang tulip potong saja, maka Anda wajib memahami fakta dan tips seputar bunga tulip berikut ini.

  1. Pilih tulip potong berbatang tebal yang belum terkelupas dengan pucuk yang masih berwarna hijau dan warna bawaannya.
  2. Setibanya di rumah, potong kembali ujung batang dari tulip tersebut dengan pisau atau gunting tajam sepanjang satu setengan inci dengan pola diagonal. Banyak yang merekomendasikan pemotongan batang tersebut dilakukan di bawah aliran air atau di dalam rendaman air, agar tak ada udara yang masuk ke dalam batang, sehingga jaringan air di dalam batang dapat terlindungi.
  3. Pastikan keadaan vas bunga benar-benar bersih dari kotoran, sebelum Anda meletakkan bunga tersebut kedalamnya.
  4. Isi vas bunga dengan air hangat, bukan dengan air dingin, agar kualitas batang dapat terjaga dengan baik.
  5. Gunakan bahan pengawet seperti pupuk serbuk yang mengandung nutrisi tanaman dan pencegah bakteri, yang biasanya tersedia di toko-toko floral dan umumnya sering diberikan saat kita membeli buket bunga di toko bunga.
  6. Walaupun banyak orang yang percaya mitos bahwa air soda rasa lemon, sesendok gula, koin, atau bahkan air campuran pemutih dapat membantu bunga hias dapat hidup lebih lama di dalam vas, namun nyatanya tak satu pun dari mitos tersebut yang diterapkan oleh banyak penjual bunga profesional.
  7. Saat banyak orang yang percaya bahwa bahan pengawet tidak dibutuhkan pada bunga potong jenis tulip, maka sebuah studi di tahun 2012 (Kumar dan rekan, Jurnal Terapan Hortikultura) menunjukkan bahwa terdapat 10 perbedaan bahan pengawet yang dapat menjaga bunga lebih lama ketika dirawat di dalam air.
  8. Dan aturan umum lainnya seputar perawatan tulip adalah, Anda harus meletakkan tulip pada vas yang memiliki tinggi tidak melebihi tinggi dari bunga tulip yang Anda miliki. Tulip sangat cocok diletakkan pada vas panjang, meskipun mereka dapat juga tumbuh di vas pendek dan vas mangkok.
  9. Jangan campurkan tulip dengan potongan bunga lainnya, karena bunga jenis lain dapat mengeluarkan getah pada air, sehingga dapat mencemari asupan air yang dibutuhkan oleh tulip.
  10. Perhatikan tinggi air di dalam vas setiap harinya, karena tulip membutuhkan air yang banyak untuk bertahan hidup di dalam vas.
  11. Ganti air secara rutin sekitar 3-4 hari sekali dan Jangan letakkan vas pada paparan sinar matahari langsung.
  12. Ingin membeli tulip di hari valentine, tapi Anda bingung dengan pilihan warnanya? Menurut fakta yang ditemukan melalui hasil penelitian di sebuah studi tentang warna yang diterbitkan pada tahun 2010 (oleh Yue dan Behe di dalam Jurnal HortScience), disebutkan bahwa, antara pria dan wanita keduanya banyak yang memilih warna merah atau merah tua dan peach atau warna pink sebagai warna untuk mengungkapkan cinta.
  13. Melalui hasil riset, peminat bunga potong dari kalangan pria sekitar 30 persen dan wanita sekitar 70 persen. Hasil dari pencapaian wanita tersebut kemudian diperdalam lagi dengan perincian pembelian bunga untuk diri sendiri sekitar 44 persen, 56 persen untuk hadiah, 6 persen untuk merayakan valentine. Sedangkan pria, hanya sekitar 6 persen yang membeli bunga untuk dirinya sendiri, kebanyakan 96 persen untuk hadiah dan 23 persen lainnya untuk merayakan valentine.

 Baca Juga: Makna Menarik dari Buket Bunga Kombinasi



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_toko bunga, Beli bunga, Beli bunga tulip, Beli kategori_bunga

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com