Menu
Cart
[WE'RE HIRING] Ingin memiliki andil menjadi tonggak sejarah perubahan perekonomian Indonesia? Bergabunglah dengan AsmaraKu Family SAYA TERTARIK! (X)

WANITA

Tips Merawat Rambut Berwarna

Oleh: Ade Hermawan Igama | 5 menit membaca


Saat ini semakin banyak orang yang mewarnai rambutnya, mulai dari mewarnai sebagian, menambahkan highlight, mengganti warna rambut sampai sekadar menutupi uban. Warna pada rambut Anda mungkin terlihat bagus tetapi kenyataannya dapat merusak rambut. Ingin tahu tip dan trik merawat rambut yang diwarnai? Simak selengkapnya di bawah ini!

tips merawat rambut berwarna

BANYAK produk pewarna rambut mengandung amonia. Amonia adalah bahan kimia yang berfungsi sebagai bahan bleaching dalam produk pewarna rambut, bahan kimia ini lah yang membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Amonia sebenarnya sangat penting dalam produk pewarna rambut karena bahan ini membantu menyerap molekul bahan pewarna pada lapisan luar rambut namun efek sampingnya adalah bahan ini menghilangkan kelembaban rambut. Tentunya Anda pasti tahu bahwa penggunaan bahan kimia pada jangka panjang akan merusak rambut, produk pewarna rambut mengandung bahan-bahan kimia, sekali saja Anda mengabaikan perawatan maka rambut Anda bisa rusak secara permanen. Ada baiknya sebelum mewarnai rambut simak terlebih dahulu tips mewarnai rambut dan cara merawat rambut rusak karena pewarnaan berikut ini. 

Baca Juga: Ini Dia Cara Merawat Rambut Rusak Karena Diwarnai 

 

Tips cara mewarnai rambut

Pemilihan warna

Pemilihan warna rambut yang bagus untuk masing-masing orang adalah hal yang paling sulit dalam hal mewarnai rambut terlebih jika Anda melakukannya sendiri di rumah. Warna yang terdapat pada boks pewarna rambut bisa menjadi sangat berbeda pada rambut Anda. Sebagai contoh, warna keabu-abu akan terlihat datar, kemerahan akan terlihat terang dan keemasan akan terlihat mencolok. Pertimbangkan untuk memilih warna yang hangat atau netral, semakin hangat nama warna yang tertera pada boks akan semakin lembut warnanya keluar di rambut Anda.

Tes alergi

Hal ini patut dilakukan jika Anda mewarnai rambut di rumah. Caranya adalah aplikasikan sedikit krim pewarna rambut di kulit telinga atau belakang leher, diamkan selama 24 jam jika terjadi tanda-tanda iritasi sebaiknya ganti dengan merk lain.

Pilih formula yang tepat

Anda harus memutuskan apakah Anda ingin mewarnai rambut dengan permanen atau semi permanen. Pewarna rambut semi permanen akan memudar dalam kira-kira setelah 20 kali keramas, pastikan Anda membaca keterangan pada kemasan pewarna rambut.

Rawat rambut sebelum diawarnai

Ada alasan mengapa orang lain mempunyai warna rambut yang lebih bagus dan tahan lama. Anda harus melakukan perawatan rambut sebelum Anda mewarnainya. Tips merawat rambut yang ingin diwarnai adalah dengan rutin mengaplikasikan kondisioner dan pakai masker rambut minimal sebulan sekali. Sebaiknya hindari bahan kimia selama sebulan, dengan melakukan hal tersebut tentunya akan membantu mengembalikan dan merevitalisasi rambut Anda.

Rapihkan rambut Anda

Jika rambut Anda bercabang sebaiknya Anda memotong rambut terlebih dahulu atau merapihkan model potongan rambut  yang sebelumnya Anda miliki.

Rawat rambut Anda

Rawatlah rambut Anda dengan masker buatan sendiri untuk menambah kekuatan dan volume rambut. Campurkan pisang, telur dan yogurt dalam jumlah yang sama lalu aplikasikan di rambut dan diamkan selama satu jam setelah itu bilas dengan shampo yang tidak terlalu keras bahannya.

Jangan keramas sebelum mewarnai rambut

Jika Anda ingin melakukan pewarnaan rambut sebaiknya jangan mencuci rambut Anda dua hari sebelumnya. Selain akan membantu penyerapan warna, minyak pada kulit kepala juga akan meminimalisirkan kerusakan pada rambut akibat pewarnaan.

Cara mewarnai rambut

Untuk mendapatkan hasil warna yang rata pastikan Anda menggunakan sisir bergigi jarang untuk mengaplikasikan krim pewarna rambut. Mulai dari akar rambut sampai ke ujung dengan membagi rambut dalam beberapa bagian. Hindari pemakaian pewarna rambut dengan menggumpalnya dan meratakannya dengan tangan. Dengan mengaplikasikan rambut secara merata Anda akan mendapatkan warna rambut yang bagus.

Sebelum pewarnaan rambut sebaiknya pakailah kain atau handuk bekas di sekeliling pundak Anda, Anda juga bisa memakai kaos bekas. Hal ini akan menghindarkan krim pewarna menempel di kulit punggung atau leher dan jangan lupa untuk memakai sarung tangan saat mewarnai rambut.

 

Tips merawat rambut diwarnai

Selalu pakai shampo khusus

Setelah Anda mewarnai rambut jangan lupa untuk selalu keramas dengan menggunakan color protecting’ shampo. Shampo khusus ini tidak akan memudarkan warna rambut tetapi membantu molekul warna agar lebih awet. Shampo khusus rambut berwarna akan memberikan perlindungan terhadpa kerusakan berlebih akibat pewarnaan dan jangan lupa untuk keramas menggunakan air dingin karena keramas dengan air panas akan membuat rambut kering.

Keramas hanya dua kali seminggu

Saat rambut diwarnai, jangan terlalu sering mencucinya. Sering keramas akan menghilangkan minyak alami pada kulit kepala selain itu juga warna rambut Anda akan lebih cepat pudar.

Deep condition

Mungkin kondisioner biasa kurang bekerja pada rambut kering karena diwarnai, maka saatnya Anda beralih ke bahan natural. Salah satu cara merawat rambut rusak karena diwarnai adalah dengan menggunakan minyak alami seperi minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak almond.

Rajin memakai masker rambut

Satu lagi cara merawat rambut rusak adalah dengan memakai masker rambut. Pilih masker yang mengandung protein untuk mengembalikan kekuatan rambut. Campurkan bahan pisang dan madu atau telur dan mayones. Pakailah secara rutin.

Lindungi rambut berwarna Anda

Ketika sudah mendapat warna rambut yang bagus tentu sayang jika tidak melindunginya. Pakai leave-in conditioner setiap Anda habis keramas dan jika memungkinkan pakailah topi saat keluar ruangan atau pakai sunblock spray untuk rambut. Cara ini akan melindungi rambut dari matahari dan menjaga warnanya. 

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_perawatan rambut, Beli kategori_wanita, Beli perawatan rambut, Beli rambut berwarna, Beli rambut diwarnai, Beli wanita

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com