Advertisement
Advertisement

Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Kebotakan Secara Alami

Kerontokan rambut disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah karena efek lingkungan, perubahan usia, stres, kebiasaan merokok, ketidakseimbangan nutrisi, ketidakseimbangan hormon, infeksi pada kulit kepala, penggunaan produk rambut yang tidak tepat, pengaruh konsumsi obat tertentu, pengaruh penyakit tertentu, seperti kelainan thyroid, kelainan autoimmune, kelainan pada indung telur, anemia dan penyakit kronis lainnya.

 Tips Mengatasi Rambut Rontok dan Kebotakan Secara Alami

NORMALNYA, ada sekitar 100.000 helai rambut yang akan terus tumbuh di kepala setiap orang. Perhitungan tersebut tentu akan berubah setiap harinya juga, karena dalam sehari akan ada sekitar 50 sampai 100 helai rambut yang akan rontok secara alami. Tapi jika kerontokan dirasa mulai melebihi standar tersebut, maka berikut adalah solusi yang bisa Anda lakukan, agar kerontokan rambut ekstrim yang Anda alami dapat dicegah sedini mungkin. 

 

1. Pijat Rambut dengan Minyak Tertentu

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara memijat kulit kepala Anda dengan minyak pijat yang tepat. Penggunaan minyak dan pijatan yang tepat dapat meningkatkan aliran darah pada celah rambut, kulit kepala dan meningkatkan kekuatan akar rambut. Dan sebagai nilai plus, Anda juga dapat merasakan relaksasi yang sebenarnya dari efek pijatan tersebut.

Ada beberapa minyak dasar yang dapat Anda gunakan untuk melakukan tips ini, beberapa diantaranya adalah minyak kelapa, minyak almond, minyal zaitun, minyak jarak, minyak amla dan lainnya. Sebagai tambahan Anda dapat tambahkan juga minyak rosemary ke dalam minyak dasar tersebut, untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal. Dan jenis minyak lain yang dapat Anda gunakan adalah minyak emu, minyak argan dan minyak gandum.

  1. Gunakan salah satu dari jenis minyak tadi menyeluruh ke bagian rambut dan kepala Anda dengan pijatan lembut dari ujung jari jemari Anda.
  2. Lakukan hal ini satu kali dalam seminggu agar metode penumbuh rambut alami ini dapat bekerja dengan maksimal.

 

2. Ramuan Bawang

Ramuan bawang dapat mengatasi rambut rontok karena bawang memiliki kandungan belerang yang tinggi, sehingga mampu meningkatkan sirkulasi darah ke pori-pori rambut, meredam panas dan mampu meregenerasi penumbuhan rambut-rambut baru.

Selain itu, antibakteri yang terkandung di dalam ramuan bawang juga mampu membunuh kuman, parasit serta mengatasi infeksi pada kulit rambut yang menjadi faktor utama kerontokan rambut. Di tahun 2002 sebuah studi yang diterbitkan dalam sebuah jurnal dermatologi mengungkapkan bahwa hampir sekitar 74 persen responden mengalami penumbuhan rambut yang signifikan setelah mereka melakukan terapi ramuan bawang secara teratur.

Cara pakai:

  • Ambil dan baluri sari-sari ramuan bawang hasil parutan tersebut langsung ke kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Jika sudah, tutup bilasan tersebut dengan menggunakan sampo.
  • Campurkan tiga sendok makan ramuan bawang, dua sendok makan minyak lidah buaya dan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk rata ketiga bahan alami tersebut dan baluri secara merata ke kulit kepala Anda. Jika sudah, diamkan selama 30 menit, sebelum Anda membilasnya dengan air dan sampo. 
  • Lakukan terapi ini selama dua atau tiga kali dalam seminggu atau beberapa minggu. 

 

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki enzim khusus yang mampu menyehatkan rambut sehingga tak salah jika lidah buaya kerap disebut-sebut sebagai salah satu sumber vitamin rambut yang bagus. Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki sifat alkali yang dapat menetralkan PH rambut ke angka normal, sehingga penumbuhan rambut dapat dimaksimalkan kembali.


Jika terapi ini dilakukan secara teratur, maka beberapa kendala seperti gatal pada kulit kepala, iritasi, ketombe dan rambut kusam dapat diatasi dengannya.

Cara menumbuhkan rambut dengan lidah buaya:

  1. Gunakan getah lidah buaya secara merata di kulit kepala.
  2. Jika sudah, diamkan beberapa jam, lalu bilas dengan air hangat.
  3. Ulangi proses ini sebanyak tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Selain terapi luar, Anda dapat juga mengonsumsi sari lidah buaya sesekali untuk menutrisi penumbuhan rambut dari dalam.

Nah, bagaimana? Anda sudah tak sabar dengan kerontokan rambut yang Anda alami saat ini? Coba ketiga tips tersebut untuk mengatasinya. Semoga berhasil.

Baca Juga: Ini Dia Cara Merawat Rambut Rusak Karena Diwarnai 

 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi