Advertisement
Advertisement

Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulit

Memilih lipstik terkadang bukanlah perkara mudah. Pasalnya begitu banyak warna lipstik belum tentu cocok dengan warna bibir setiap orang. Lantas bagaimana cara memilih lipstik sesuai dengan warna kulit? 

Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Kulit

SEBAGAI salah satu penunjang penampilan, sudah bisa dipastikan lipstik menjadi barang yang harus ada dalam setiap tas wanita. Tidak hanya satu, kebanyakan wanita memiliki banyak koleksi lipstik yang diletakan di dalam tas peralatan kecantikan.

Beberapa diantaranya juga memiliki berbagai jenis lipstik seperti lip cream, lip tint, sampai  jenis lipstik untuk bibir kering atau lipbalm. Beberapa di antara lipstik tersebut dipakai untuk penampilan sehari-hari namun sayang kadang sisanya tidak pernah tersentuh sama sekali.

Baca juga: Lipstik Matte vs Glossy, Mana yang Anda Pilih?

Alasannya adalah para wanita ini kerap jatuh cinta pada sebuah varian lipstik namun ternyata ketika dipakai tidak cocok dengan warna kulit.

Agar Anda tidak lagi menghabiskan uang untuk warna lipstik yang tidak sesuai, make up artist Kindra Mann memberikan tips memilih lipstik sesuai dengan warna kulit berikut ini. 

Kenali Undertone Anda

Hal pertama dan dasar yang Anda lakukan adalah mengenali undertone. Setiap orang memiliki undertone kuning atau merah muda. Hal ini sangat membantu ketika Anda memilih lipstik yang sesuai dengan kulit wajah.

Undertone sendiri merupakan warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen, dan hanya terdapat tiga jenis undertone yakni: cool, warm, dan neutral.

Jika Anda masih bingung menentuka jenis undertone, caranya sangat mudah. Coba pakai perhiasan dengan warna emas dan silver. Jika Anda terlihat lebih cocok mengenakan perhiasan emas, itu tandanya Anda memiliki undertone warm. Apabila perhiasan silver terlihat indah, berarti undertone Anda adalah cool. Dan jika Anda terlihat menarik menggunakan kedua jenis perhiasan tersebut, undertone neutral adalah jawabannya. 

 

 

Dapatkan Cathy Doll Geisha Hanakazari Lip Matte Pink Moss dengan harga Rp 148.000,- Beli di sini

Jika masih belum yakin. Sandingkan perhiasan dengan wajah Anda dan lihat mana yang lebih cocok dengan kulit wajah Anda. Jangan hiraukan selera pribadi. Undertone merah muda lebih cocok dengan perhiasan perak. Sedangkan undertone kuning cocok dengan emas.

Cari tahu warna lipstik yang sesuai dengan undertone kulit anda

Dalam memilih lipstik sesuai dengan warna kulit, Anda harus menyesuaikan warna lipstik dengan undertone Anda.

Untuk yang memiliki undertone kuning atau warm maka pilihlah warna yang hangat  seperti merah marun dan bila memiliki undertone biru atau cool maka pilihnya warna biru dengan elemen warna ungu.

Hindari pemilihan warna abu-abu, atau yang terlalu pucat sebagai warna lipstik untuk perawatan bibir. Warna-warna ini akan membuat Anda terlihat seperti orang sakit.

Jika masih ragu memilih, pilih lipstik sesuai dengan skin tone Anda. Berikut ini adalah warna-warna yang sesuai dengan skin tone tipe fair, olive, dan darker.

Fair skin tone


Beruntunglah bagi Anda yang memiliki warna kulit putih pucat atau fair. Anda yang memiliki warna kulit ini bisa dengan bebas memilih warna lipstik apapun.

Untuk Anda yang ingin mengubah penampilan dalam sekejap, warna berani seperti maroon dan cokelat bisa jadi pilihan tepat.

Namun untuk tampilan sehari-hari, warna coral merah muda cerah bahkan nude, bisa dipilih karena akan membuat Anda terlihat segar natural. 

Akan tetapi sebaiknya hindari warna lipstik yang terlalu terang atau lipstik yang memiliki undertone kekuningan karena akan membuat wajah Anda terlihat kusam.

Dapatkan Purbasari Hi-Matte Lip Cream 01 dengan harga Rp 47.000,- Beli di sini

Olive skin tone

Orang dengan skin tone olive biasanya memiliki undertone kulit yang netral, mereka ini bisa dibilang cukup beruntung karena biasanya akan cocok mengenakan beragam warna lipstik seperti nude, merah muda, oranye dan merah.

Meskipun demikian, pemilihan warna yang tepat tetap diperlukan agar Anda tidak terlihat berlebihan ataupun pucat.

Untuk tampilan sehari-hari, warna coral dan nude yang tidak terlalu pucat bisa dipilih agar Anda terlihat segar dan enerjik. Sebaiknya hindari warna nude yang hampir serupa dengan tone kulit karena akan membuat Anda seolah tidak mengenakan apa-apa dan terkesan pucat seperti orang sakit. 

Tips lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan mix and match warna pakaian dan lipstik yang dikenakan. Anda bisa memilih warna pakaian dan lipstik yang senada atau pilih warna lipstik satu tone lebih cerah atau lebih gelap dari pakaian dikenakan. 

Baca juga: Lipstik Tahan Lama di Bibir? Ini Rahasianya

Darker skin tone


Anda yang memiliki warna kulit sawo matang sampai gelap tentu sering mengalami kesulitan dalam memilih warna lipstik. Warna kulit yang sudah pekat membuat tidak semua lipstik cocok digunakan.

Dibutuhkan pemilihan yang tepat agar lipstik dapat menonjolkan aura diri Anda.

Untuk itu, sebaiknya Anda memilih warna-warna gelap seperti ungu tua, merah bata dan merah cabai, dan burgundy. Lipstik dengan warna yang berani akan membuat wajah Anda terlihat lebih cerah dan bersemangat.

Sebaiknya, hindari warna netral seperti nude dan pastel seperti pink muda, karena akan membuat Anda terlihat pucat. 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi