Advertisement
Advertisement

19 Tips dan Trik Paling Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Prostat

Walaupun gangguan prostat seperti pembengkakan prostat dan kanker prostat umumnya tidak terjadi pada pria dengan umur di bawah 50 tahun, tidak ada salahnya berupaya mencegah penyakit prostat dan menjaga kesehatan prostat sejak dini.

APABILA gejala-gejala penyakit prostat mulai muncul, sangat penting untuk menemui dokter atau ahli medis profesional untuk mendapatkan diagnosa dan perawatan yang tepat. Namun, seperti kata pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Jadi, sebelum gejala-gejala tersebut muncul, Anda bisa terapkan beberapa cara jaga kesehatan prostat berdasarkan 200 penelitian selama lebih dari 15 tahun di bawah ini:

1. Maksimalkan asupan buah dan sayuran

Buah dan sayuran sangat baik untuk mendapatkan sumber antikanker dan antiinflamasi. Di dalamnya mengandung berbagai zat seperti antioksidan, polifenol, vitamin, mineral, dan serat. Makanan ini dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker prostat.

2. Fokus pada nutrisi yang tepat

Pilihan makanan Anda menyumbang kemungkinan kanker prostat, payudara, pankreas, dan usus besar hingga 90%. Jadi, terapkan pola makan yang seimbang, bernutrisi dan sehat agar Anda dapat menurunkan risiko terkena penyakit prostat secara signifikan.

3. Konsumsi lemak baik

Orang-orang yang tinggal di negara yang menerapkan diet tinggi lemak seperti Amerika Serikat, ternyata memiliki tingkat kasus kanker prostat yang sangat tinggi ketimbang negara lain.

Asupan lemak sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur sistem metabolisme tubuh. Tetapi, menerapkan pola makan yang tinggi lemak yang mengandung kolesterol atau lemak jahat dapat menghambat pembuluh darah, termasuk saraf yang menuju prostat.

Oleh karena itu, kendalikan dan terapkan diet yang tinggi lemak baik dengan mengonsumsi makanan seperti alpukat, minyak zaitun atau biji wijen.

4. Perbanyak protein nabati daripada protein hewani

Beberapa tumbuhan mengandung semua protein yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan prostat secara maksimum.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mencatat bahwa "konsumsi daging merah, produk susu, dan lemak hewani yang tinggi sering menyebabkan peningkatan kanker prostat".

5. Makan makanan alami

Makanan alami pada umumnya tinggi serat, komponen yang berkaitan dengan dua indikator untuk kesehatan prostat: kadar testosteron dan kadar PSA yang lebih rendah.

6. Mengkonsumsi teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, antioksidan yang dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker, bahkan dapat mematikan sel kanker.

Pria yang minum teh hijau dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat hingga 70 persen jika dibandingkan dengan pria yang tidak minum teh hijau.

7. Makan makanan kaya omega-3

Lemak omega 3 yang ada pada ikan tertentu bersifat antiinflamasi atau melawan peradangan. Sebuah proses yang menghancurkan antioksidan alami tubuh dan melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

8. Hindari makanan dan bahan tambahan makanan yang membahayakan prostat

Beberapa makanan, suplemen, dan bahan tambahan makanan dapat membahayakan prostat. Umumnya yang mengandung pewarna tambahan, pemanis tambahan, pengawet, atau penyedap rasa. Hindari juga makanan yang terlalu manis, terlalu asin dan terlalu pedas

9. Pilih suplemen yang aman

Cari informasi tentang suplemen yang aman. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengonsumsi jenis suplemen yang aman bagi kesehatan prostat.

10 . Konsumsi makanan antikanker

Beberapa makanan dan komponennya dapat mencegah dan menghentikan kanker. Antara lain seperti likopen, kunyit/kurkumin, asam folat, dan vitamin D. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, wortel, semangka, ubi ungu, atau vitamin D.

11. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda harus minum air mineral setidaknya 8-10 gelas per hari. Menjaga kebutuhan cairan tubuh menghindarkan Anda dari penyakit prostat sekaligus saluran kandung kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

12. Pertahankan berat badan yang sehat

Kelebihan berat badan atau obesitas berkaitan dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi. Untuk itu, cara terbaik menghindari obesitas adalah menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup aktif.

13. Berolahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya membantu memperlambat penyebaran kanker prostat, tetapi juga membantu mencegah peradangan prostat dan pembengkakan prostat.

14. Kendalikan stres

Walaupun stres mungkin tidak secara langsung menyebabkan kanker, stres jangka panjang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, mengubah keseimbangan hormon Anda, dan membuat Anda lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

15. Cobalah terapi alami

Cara jaga kesehatan prostat lainnya adalah pengobatan alami.  Terapi bisa meliputi akupunktur, biofeedback, homeopati, pemulihan hormon, pijat, pijat refleksi, dan teknik pengendalian stres.

16. Ikuti gaya hidup ramah prostat

Merokok, kurang tidur, konsumsi alkohol dan beberapa jenis obat dapat memiliki efek negatif pada kesehatan prostat. Tidurlah selama setidaknya 8 jam setiap malam dan jauhi nikotin serta alkohol untuk menjaga kesehatan prostat.

17. Menjaga keseimbangan hormon

Pengendalian dan pengimbangan hormon memainkan peran utama dalam kesehatan prostat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa "diet yang tepat dapat memengaruhi risiko kanker prostat dengan pengendalian dan pengimbangan kadar hormon."

18. Jaga aktivitas seks yang sehat

Aktivitas seksual baik untuk prostat Anda. Hindari Infeksi PMS (Penyakit Menular Seksual) dengan tetap setia pada pasangan Anda dan selalu menjaga kebersihan organ intim Anda.

19. Hindari paparan racun

Jauhi bahan kimia dan zat lain yang dapat meningkatkan risiko kanker, seperti paparan debu atau asap kendaraan, junk food, dan lainnya.

Cara jaga kesehatan prostat dari paparan zat-zat beracun tersebut salah satunya dengan menggunakan masker penutup mulut dan hidung saat ke luar rumah atau mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah apel atau teh hijau.

Yuk, jaga kesehatan prostat Anda dengan menerapkan tips-tips di atas!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi