FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Promo] 5% Cashback untuk pembayaran dgn OVO
Advertisement
Advertisement

Tenggorokan Kering saat Puasa? Atasi dengan Cara Ini!

Selain rasa lapar, rasa haus bahkan sakit tenggorokan merupakan permasalahan yang sering dialami saat berpuasa. Agar tetap menjalankan ibadah dengan baik, bagaimana cara mengatasi tenggorokan kering?

Tenggorokan Kering saat Puasa? Atasi dengan Cara Ini

TENGGOROKAN kering adalah satu hal yang sering dikeluhkan oleh banyak orang, terutama saat menjalani ibadah puasa. Menelan air liur saja rasanya tidak cukup untuk meredakan tenggorokan yang terasa kering. Yap! Hal ini disebabkan oleh dehidrasi.

Jika biasanya Anda bebas untuk minum saat haus, tapi berbeda halnya ketika berpuasa. Anda tidak diperbolehkan untuk minum selama kurang lebih 14 jam. Tidak hanya menggangu, tenggorokan kering juga bisa menganggu kelancaran ibadah puasa Anda.

Nah, bagaimana caranya agar terhindar dari tenggorokan kering sehingga puasa akan tetap terasa nyaman dan lancar? Agar tetap dapat menjalankan ibadah puasa, AsmaraKu.com akan berbagi beberapa tips mengatasi tenggorokan kering saat berpuasa. Check this out guys!

1. Perbanyak Minum Air Mineral

Tak hanya mengonsumsi suplemen kesehatan saat sahur dan berbuka, sebaiknya Anda memperbanyak minum air mineral. Selain berfungsi mencegah dehidrasi, air mineral juga sangat bermanfaat untuk menjaga tenggorokan tak cepat kering saat puasa hingga menjelang berbuka.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, tips puasa selanjutnya, Anda bisa mengonsumsi air putih secara teratur selama bulan puasa dengan total 8 gelas saat sahur dan berbuka puasa. Dengan demikian, maka Anda akan terhindar dari tenggorokan kering.

HPAI Madu Asli Premium, Rp 130.000,- ; Beli di sini

2. Kurangi Makanan yang Digoreng

Tips mengatasi tenggorokan kering yang satu ini juga tak kalah penting. Sebisa mungkin saat sahur dan berbuka, kurangi porsi gorengan atau makanan yang banyak mengandung minyak. Terlalu banyak mengonsumi makanan yang di goreng bisa membuat masalah pada tenggorokan Anda lho.

Tapi, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan makan makanan yang di goreng ya, ini hanya dikurangi saja porsi dalam mengonsumsinya agar tenggorokan tidak mudah kering saat berpuasa.

3. Perbanyak Makan Buah

Selain memperbanyak minum air putih, sebaiknya Anda juga memperbanyak konsumsi buah. Kandungan mineral dan serat yang tersimpan pada buah dapat membantu Anda terhindar dari tenggorokan kering selama berpuasa.

Tak hanya itu, perbanyak konsumsi buah juga membuat badan Anda terasa lebih segar. Anda bisa mengkonsumsi secara langsung dimakan maupun dibuat jus. Jika Anda lebih menyukai dibuat jus, usahakan untuk tidak menggunakan buah tambahan ya guys.

Baca juga: Tips Puasa Bagi Penderita Sakit Maag

4. Berkumur dengan Air Garam

Selain mencegah tenggorokan agar tidak mudah kering saat berpuasa, larutan air garam juga mampu membasmi virus-virus yang bersarang di mulut dan tenggorokan.

Salah satu tips mengatasi tenggorokan kering yang paling mudah adalah dengan melarutkan garam secukupnya di air hangat, lalu berkumurlah saat sahur, buka puasa dan sebelum tidur selama beberapa detik. Pastikan larutan air garam menyentuh tenggorokan dan buang airnya ya, jangan ditelan.

Hemaviton C1000 Lemon, Rp 4.900,- ; Beli di sini

5. Minum Madu

Cairan manis yang berasal dari lebah ini memiliki efek melegakan tenggorokan dan berfungsi sebagai antiseptik sekaligus antibakteri alami. Tekstur madu yang kental akan membantu menjaga kelembaban di tenggorokan lebih lama.

Anda bisa mencampurkannya dengan air hangat atau teh, bisa juga dikonsumsi secara langsung saat sahur dan berbuka. Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi suplemen kesehatan saat sahur ataupun berbuka. Suplemen kesehatan juga berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

2 komentar

  • Gk jadi

    Org on
  • Gk jadi

    Org on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi