Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Instant Delivery! Garansi 3 jam sampai! Belanja sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Tak Paham Istilah Asing Pada Label Kondom? Ini Panduan Lengkapnya!

Ini aturan penting dalam melakukan seks yang aman: selalu gunakan kondom. Namun, banyaknya varian kondom yang ada di pasaran dan berbagai istilah pada kemasan sering membuat kebanyakan orang kebingungan. 

Tak Paham Istilah Asing Pada Label Kondom? Ini Panduan Lengkapnya!

DALAM hubungan seksual, kondom berperan penting dalam mencegah kehamilan sekitar 98 persen jika digunakan dengan benar. Selain itu, penggunaan kondom, baik itu kondom tebal maupun kondom tipis dapat mengurangi risiko penyakit menular seksual, termasuk HIV.

Penggunaa kondom dalam hubungan intim juga sangat baik karena mudah didapatkan, dibanderol dengan harga terjangkau, dan umumnya minim efek samping. Alih-alih mencoba semua pilihan yang ada, berikut cara memilih dan petunjuk pemakaian kondom yang sempurna untuk Anda.

PETUNJUK DAN INFORMASI DI KOTAK KONDOM ITU SANGAT PENTING

Saat membeli kondom, pastikan Anda mengetahui informasi dan petunjuk pemakaian kondom yang biasa tertera di luar kemasan. Memahami istilah/ arti yang tertera dalam kemasan kondom sangat penting agar Anda dapat menentukan kondom mana yang cocok digunakan. Agar tidak bingung lagi, berikut kami rangkum istilah-istilah yang tertera pada kemasan kondom beserta artinya. 

Lateks

Anda akan sering sekali menemukan tulisan ini pada kemasan kondom, baik pada kemasan depan atau komposisi. Hal ini karena lateks adalah bentuk alami dari karet yang digunakan untuk membuat sebagian besar kondom di pasaran. 

  • Kelebihan

Kondom dengan bahan dasar lateks sangat mudah ditemukan dan meregang untuk mengakomodasi berbagai ukuran penis. 

  • Kekurangan

Beberapa orang alergi terhadap kandungan yang ada di dalam kondom lateks. Dan lateks yang tidak bercampur dengan pelumas berbasis minyak yang akan membuatnya dengan mudah robek.

Thin dan Ultra Thin

Beberapa merek kondom memiliki tulisan ini pada kemasannya. Sesuai artinya, kondom ini masih terbuat dari bahan lateks namun terasa lebih tipis dari kondom rata-rata.

  • Kelebihan

Memberikan sensasi yang lebih intim dibanding kondom biasa, tapi tetap aman digunakan bersama pasangan. 

  • Kekurangan

Beberapa orang lebih tertarik dengan kondom tebal karena kurangnya sensasi memungkinkan mereka bertahan lebih lama saat berhubungan seksual. Hal ini juga dapat memicu peningkatan gairah bercinta semakin panas.

Dapatkan Fiesta Kondom Party Pack - 12pcs dengan harga Rp 37.300,- Beli di sini

Ribbed for Her Pleasure

Kondom ini dirancang dengan gundukan dan punggung ekstra. Jika Anda menemukan tulisan ini pada kemasan kondom, itu tandanya pengaman ini akan memliki garis-garis pada badan kondom untuk memberikan sensasi lebih saat bercinta. 

  • Kelebihan

Tonjolan ekstra dirancang untuk merangsang g-spot dan meningkatkan gairah bercinta ekstra. Tiga puluh persen wanita tidak bisa orgasme dengan melakukan hubungan intim saja sehingga beberapa orang merasa sensasi ekstra adalah hal yang menyenangkan.

  • Kekurangan

Beberapa wanita menemukan beberapa gundukan yang tidak nyaman. Ini biasanya lebih tebal dari kondom pada umumnya.

Shared Pleasure (“Fire & Ice”)

Kondom dengan tulisan "fire & ice" bukan berarti Anda akan merasakan sensasi panas dingin saat menggunakannya. Maksud dari istilah ini adalah, kondom telah dilapisi di bagian dalam dan luar dengan lube atau pelumas pemanasan. 

  • Kelebihan

Beberapa orang merasakan pemanasan atau pendinginan yang menstimulasi saat berhubungan intim.

  • Kekurangan

Orang lain merasa sensasinya tidak nyaman dan mengganggu yang menyulitkan klimaks.

Climax Control

Kondom yang memiliki tulisan ini pada kemasannya berarti telah disempurnakan dengan pelumas desenisitasi.

  • Kelebihan

Membuat kepala penis kurang sensitive sehingga para pria memiliki waktu lebih lama untuk klimaks (1 dari 3 pria yang mengalami ejakulasi dini mungkin menyukai efeknya). Beberapa kondom ini juga memiliki pelumas gairah di bagian luar kondom yang dimaksudkan untuk menggelitik atau meningkatkan pengalaman pasangan.

  • Kekurangan

Pria yang tidak memiliki masalah dengan ejakulasi dini merasa kondom ini mengurangi kenikmatan saat berhubungan intim.

Baca juga: Cara Tes Kualitas Kondom

Lambskin

Tidak semua kondom terbuat dari bahan karet sintetis atau lateks. Beberapa kondom mencantumkan lambskin atau kulit domba pada bagian komposisi. Mengapa? Karena kondom jenis ini memang terbuat dari bagian membrane tipis berpori dari usus domba.

  • Kelebihan

Bisa menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki alergi terhadap lateks atau plastik

  • Kekurangan

Mencegah kehamilan (tidak seefektif lateks), tapi tidak melindungi dari penyakit menular seksual. Jadi hanya ideal untuk pasangan monogami.

Polyurethane

Terbuat dari jenis plastik khusus yang membantu mencegah infeksi kehamilan dan penyakit menular seksual.

  • Kelebihan

Poliuretana lebih tipis daripada lateks dan tersedia dalam berbagai ukuran. Ini mentransfer panas lebih baik daripada lateks sehingga tidak menghalangi sensasi saat bercinta. Kondom ini juga bebas dari bau lateks, tipis, dan tersedia dalam berbagai ukuran.

  • Kekurangan

Kurang elastis daripada lateks dan tidak pas. Jadi, ada baiknya memasangkannya dengan pelumas berbasis air. Kondom jenis ini juga sedikit sulit ditemukan di toko obat.

Polyisoprene

Bahan lateks sintesis yang sama kuat, tanpa kandungan yang memicu alergi.

  • Kelebihan

Umumnya lebih renggang dan tahan terhadap kerusakan daripada pilihan bebas lateks lainnya.

  • Kekurangan

Sedikit lebih tebal dari poliuretan atau lateks sehingga beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman.

Dapatkan Joy Box Fiesta Mix Edition dengan harga Rp 99.000,- Beli di sini

Spermicide

Jika Anda menemukan tulisan ini pada baiknya paham tentang artinya, karena kondom jenis ini menggunakan bahan kimia yang dapat menghentikan sperma untuk bergerak.

  • Kelebihan

Tidak ada kelebihan signifikan, meskipun memang dimaksudkan untuk menambah tingkat perlindungan terhadap kehamilan.

  • Kekurangan

Bahan aktif, nonoxynol-9 dapat mengiritasi jaringan vulva dan lapisan vagina, meningkatkan risiko tertular HIV atau penyakit menular seksual lainnya. CDC dan WHO tidak merekomendasikan kondom dengan kandungan nonoxynol-9 untuk mencegah infeksi atau penyakit.

Flavored/Glow-in-the-Dark

Kondom lateks standar dengan lapisan rasa atau lapisan tengah yang mengandung pigmen fostat tidak beracun yang menyala dalam kegelapan.

  • Kelebihan

Kondom rasa dapat meningkatkan seks oral.

  • Kekurangan

Keduanya umumnya dianggap aman, tapi hanya satu merek kondom glow-in-the-dark yang sebenarnya disetujui FDA.

Kondom Wanita

Kantung poliuretan dengan cincin fleksibel di kedua ujungnya yang dimasukkan ke dalam vagina sebelum melakukan hubungan intim.

  • Kelebihan

Memungkinkan perempuan memiliki kesempatan untuk berbagi tanggung jawab atas perlindungan. Ini juga membantu mengurangi risiko terkena HIV dan penyakit menular seksual lainnya.

  • Kekurangan

Sedikit kurang efektif dibandingkan kondom pria dalam mencegah kehamilan dan biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Baca juga: Amankah Menggunakan Kondom Pria & Kondom Wanita Secara Bersamaan? 

Jangan Lupakan Pelumas!

Ingat, pelumas bukan hanya sekedar untuk kenyamanan, melainkan juga untuk mengatur gesekan kondom dan mengurangi risiko robek atau rusak. Teteskan tiga atau empat tetes pelumas di bagian atas kondom sebelum memasukkannya ke penis.

Ini akan memungkinkan bagian dalam kondom bergerak pada korona sensitif, seperti kulup pada penis yang tidak disunat. Dan inilah cara-cara memilih pelumas yang tepat.

Berbahan Air

Terbuat dari bahan yang larut dalam air dan mudah menyerap ke dalam kulit dan menguap.

  • Kelebihan

Yang paling umum dan paling aman untuk digunakan dengan alat kontrasepsi lateks dan alat bantu seks. Mudah dibersihkan dan didesain agar tidak memicu iritasi.

  • Kekurangan

Bisa kering dengan cepat, tapi mudah basah dengan air liur atau air.

Berbahan Silikon

Pelumas dengan bahan dasar silikon umumnya terbuat dari bahan yang tidak mengandung air dan tidak diserap oleh kulit atau selaput lendir.

  • Kelebihan

Bertahan lebih lama dari pelumas berbahan dasar air.

  • Kekurangan

Tidak bisa digunakan dengan alat bantu seks silikon, tapi bisa dengan alat kontrasepsi lateks dan mainan seks non-silikon.

Berbahan Minyak

Jika Anda menemukan tulisan ini pada kemasan lubricant, itu berarti pelumas kondom terbuat dari produk berbasis minyak seperti petroleum jelly dan Vitamin E.

  • Kelebihan

Sangat disarankan bagi pasangan monogami yang tidak menggunakan kondom atau alat kontrasepsi lateks lainnya.

  • Kekurangan

Bukan untuk digunakan dengan produk lateks atau mainan karet karena dapat memecah lateks. Bisa berantakan dan sulit dibersihkan. Selain itu, beberapa orang alergi terhadap minyak tertentu.

Selain menggunakan pelumas khusus kondom, beberapa pasangan juga bereksperimen dengan menggunakan bahan berbahan dasar minyak seperti petroleum jelly atau baby oil.  

Namun sebaiknya hal ini tidak pernah Anda berdua coba karena studi pada tahun 2013 menemukan bahwa wanita yang memakai produk tersebut cenderung terkena vaginosis bakteri atau infeksi jamur.Perlu diingat bahwa setiap orang akan mengalami reaksi berbeda terhadap bahan yang terkandung di dalam kondom dan pelumas.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

2 komentar

  • http://mewkid.net/when-is-xuxlya/ – Buy Amoxicillin Amoxicillin igr.ksnz.asmaraku.com.cex.xa http://mewkid.net/when-is-xuxlya/

    eabezietihelo on
  • http://mewkid.net/when-is-xuxlya/ – 18 Amoxicillin Online uiq.uzce.asmaraku.com.knt.bu http://mewkid.net/when-is-xuxlya/

    aguqzifu on

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi