FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Sssstt! Ini Fakta-fakta Kehamilan yang Jarang Diketahui

Selama 9 bulan mengandung tentu setiap wanita merasakan perubahan khas yang dialami oleh dirinya. Mulai dari bentuk fisik, hingga pola makan yang berbeda dari biasanya.

Sssstt! Ini Fakta-fakta Kehamilan yang Jarang Diketahui

DI samping itu, wanita hamil juga merasakan berbagai keajaiban yang belum pernah dialami olehnya saat belum mengandung. Nah, diantara banyaknya keunikan, sebenarnya ada beberapa hal yang terjadi tanpa sepengetahuan ibu hamil itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa fakta unik kehamilan yang mungkin belum Anda ketahui.

  • Wanita Hamil Bisa Mengandung Selama 1 Tahun

  • Kebanyakan wanita hamil, memiliki usia kandungan selama 9 bulan. Faktanya, seorang wanita dari provinsi Hunan, China bernama Wang Shi menjalani kehamilan terlama selama 17 bulan, ia bahkan melahirkan bayi sehatnya dengan berat 3,8 Kg lewat operasi cesar.

    Atas pengalaman tersebut, Wang Shu berhasil memecahkan gelar Guiness Word Record sebagai wanita dengan masa kehamilan terlama.

    Bayi dalam Kandungan Bisa Pipis

    Iya, bayi dalam kandungan memang sudah bisa buang air kecil. Cairan seninya dialirkan melalui pembuluh darah yang ada pada alantois (tali pusar yang membentuk ari-ari) yang kemudian dikeluarkan melalui saluran pembuangan ibu.

  • Bayi dalam Kandungan Suka Bermain

  • Sama seperti bayi setelah lahir, bayi dalam kandungan juga senang bermain. Mereka akan bermain jari kaki, tali pusar, atau apapun yang ada di jangkauan. Mereka menggulung dan menendang untuk bersenang-senang.

    Bayi dalam rahim juga punya rasa bosan, karena itulah mereka bergerak atau meraih sesuatu sebagai cara menghilangkan kebosanan.

    Anda Tidak Harus Makan Dua Porsi 

    Eating for two bukan berarti porsi makannya harus dua kali lipat, tetapi lebih ke arah asupan vitamin dan gizinya harus seimbang demi memenuhi kebutuhan nutrisi janin dan ibu selama kehamilan. 

    Usahakan perbanyak konsumsi buah-buahan, cemilan bergizi, dan minuman bernutrisi seperti yogurt atau jus buah. Selebihnya, konsumsi makanan rendah lemak.

    Air Ketuban Bisa Habis

    Ketuban berkurang (Oligohydramnios), adalah berkurangnya jumlah air ketuban, yang diketahui melalui pemeriksaan USG. Kira-kira 8% wanita hamil dapat mengalami kasus ini, dengan hanya separuhnya yang terdeteksi. Berkurangnya air ketuban bisa terjadi kapan saja, namun paling sering pada trimester 3 (akhir).

    Kejadian ini hanya bisa dideteksi dari pemeriksaan USG, tidak bisa melalui pemeriksaan fisik. Penyebabnya antara lain gangguan pada plasenta, kehamilan lewat waktu, hingga penyakit ibu hamil seperti dehidrasi, hipertensi, pre-eklampsia, diebetes, dan lain-lain.

    Sebagai solusi, ibu hamil bisa segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami hal tersebut. Ketuban pecah ditandai dengan rasa nyeri di bagian perut dan keluarnya cairan lewat jalan lahir di luar waktu yang dinantikan.

    Selain itu bagi anda yang ingin sharing soal kehamilan atau berbagi pengalaman hamil, relationship, dan cara mengurus anak, maka Aplikasi HAWA adalah jawabannya. Di forum HAWA anda bisa bercerita  atau berbagi pengalaman dengan wanita di seluruh Indonesia. Download aplikasinya di Google Play atau App store.

    Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

    Tinggalkan komentar

    Artikel Terkait

    Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
    Download sekarang:

    Logo Google Play Logo Google Play
    icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
    Keranjang Belanja
    Halaman Privasi
    Gambar Halaman Privasi