FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[INTERNSHIP] Tertarik Berkarya di Dunia E-Commerce? Join AsmaraKu Now! Mau gabung
Advertisement
Advertisement

Sperma Indikator Kesehatan, Benarkah?

Air mani adalah cairan tubuh berwarna putih yang dikeluarkan penis selama ejakulasi. Banyak yang belum mengetahui bahwa air mani terdiri dari sel sperma yang dapat bergerak bernama spermatozoa, dan cairan penuh nutrisi yang bernama air mani.

FUNGSI air mani adalah untuk membantu menggerakan dan meningkatkan kemampuan fertilisasi sel sperma. Meski banyak orang yang sudah tidak asing dengan istilah air mani maupun sperma, banyak yang belum paham bagaimana air mani sendiri terbentuk.

Air mani diproduksi di testis dan disimpan dalam organ bernama epididymis. Saat ejakulasi, sperma tersebut akan melewati saluran vas deferens dari epididimis ke uretra dan akhirnya keluar tubuh atau ke dalam vagina.

Mengenai kesehatan sperma, berikut yang sering dipertanyakan orang :

1. Bagaimana aroma dan rasa air mani yang bagus?

Air mani atau semen memiliki aroma dan rasa seperti klorin, sedikit manis juga karena kandungan fruktosa atau gula yang tinggi. Namun, perbedaan rasa air mani pada masing-masing orang adalah normal karena perbedaan pola makan

Baca juga: Benarkah Rasa Sperma Dipengaruhi Makanan yang Dikonsumsi?

2. Bagaimana warna air mani pria yang sehat?

Warna air mani pria yang sehat adalah putih kelabu atau dengan sedikit warna kuning. Jika Anda melihat warna lain pada air mani Anda, perlu diperhatikan dengan lebih lanjut:

1. Warna merah atau coklat

Jika air mani Anda berwarna merah atau coklat, ini mungkin adalah tanda-tanda darah. Walaupun ini terdengar mengkhawatirkan, biasanya darah pada air mani (hematospermia) biasanya tidak menimbulkan masalah apapun.

Biasanya hematospermia muncul karena biopsi prostat, namun juga dapat terjadi karena infeksi di saluran kelamin pria. Jarang sekali darah pada air mani menjadi tanda-tanda kanker atau penyakit serius lainnya.

Untungnya, hematospermia biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, penting untuk tetap memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan uji urin untuk memastikan bahwa tidak ada infeksi.

2. Warna kuning atau hijau

Air mani dengan sedikit warna kuning tidak masalah. Namun jika air mani Anda berwarna kuning atau hijau pekat, ini dapat menjadi tanda infeksi penyakit seksual gonorea.

Jika ini sampai terjadi, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan antibiotik untuk infeksi penyakit ini. Jika Anda juga mencium bau tidak sedap dari air mani meskipun tidak ada perubahan warna tertentu, segera periksakan ke dokter karena bau yang tidak sedap juga dapat menjadi tanda infeksi.

3. Bagaimana cara banyak air mani?

Volume air mani berbeda-beda selama ejakulasi. Namun, menurut penelitian, rata-rata volume air mani adalah 3,4ml. Sedangkan faktor yang mempengaruhi volume air mani sendiri adalah waktu terakhir Anda melakukan ejakulasi dan kondisi hidrasi tubuh.

Ketika air mani Anda sedikit, bisa jadi Anda kurang terhidrasi. Jadi, cara banyak air mani yang dapat Anda lakukan adalah minum air mineral sebanyak-banyaknya.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek jangka waktu kapan terakhir melakukan ejakulasi, karena melakukan ejakulasi beberapa kali dalam jangka waktu yang dekat dapat menyebabkan sedikitnya air mani yang keluar. 

Dari pembahasan dan pertanyaan yang sering dimiliki kebanyakan orang, dapat dikatakan sperma dapat menjadi penanda kondisi kesehatan Anda, terutama kondisi kesehatan alat kelamin dan bahkan tingkat hidrasi tubuh.

Baca juga: 10 Nutrisi yang Harus Dipenuhi untuk Sperma Kuat dan Sehat

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi