Advertisement
Advertisement

Sering Terpapar Polusi? Ini 3 Tips Agar Kulit Anda Tetap Indah

Salah satu masalah yang dihadapi di kota besar adalah polusi. Tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, efek polusi pada kulit juga berpengaruh dalam jangka pendek dan jangka panjang. Tetap miliki kulit sehat walau sering terpapar polusi.

Sering Terpapar Polusi? Ini 3 Tips Agar Kulit Anda Tetap Indah 

SERING terpapar polusi, Anda harus melakukan perawatan kulit ekstra untuk menjaganya.  Terlebih jika cuaca sedang panas, gas yang ikut berkontribusi membuat lapisan ozon tererosi, membuat kita tidak terlindungi dengan baik dari matahari dan membuat sinar UV makin membahayakan kulit.

Efek polusi pada kulit ini antara lain adalah penuaan dini, hiper pigmentasi dan berkurangnya produksi kolagen pada kulit. Ada tiga cara simpel perawatan kulit untuk menjaga kulit sehat.

Lindungi kulit sehat Anda

Bagi sebagian wanita, mungkin masih ada dari Anda yang masih belum familiar dengan serum wajah. Ada banyak formula intensif dari serum wajah yang mampu membuat perlindungan untuk wajah Anda dan mencegah efek merugikan dari polusi.

Coba produk yang mengandung asam lemak, komposisi asam lemak dapat melindungi kulit wajah dari lingkungan sekitar sekaligus melembabkan dari dalam permukaan kulit.

Komposisi lain yang patut dicoba adalah buckthorn oil, yaitu antioksidan konsentrat yang mengeluarkan racun dari dalam kulit, mencegah kerusakan kulit, dan mengurangi masalah kulit yang sedang dialami.

Baca juga : Perlukah Memakai Serum Wajah?

Bersihkan wajah 2 kali sehari

Cuaca kota yang hangat seperti kebanyakan wilayah di Indonesia membuat polusi asap menjadi lebih banyak.

Polusi asap ini dapat merusak kulit sehat karena polusi membuat wajah lebih mudah kotor, membuat bakteri terperangkap di pori-pori kulit yang membuatnya rentan berjerawat, membuat kulit dehidrasi dan mempercepat proses penuaan.

Beberapa pembersih wajah membuat lapisan film di permukaan kulit dan membuat proses pembersihan wajah menjadi kurang efektif karena tidak membersihkan sampai ke pori-pori.

Pilihlah sabun pembersih wajah yang terbuat dari bahan-bahan natural yang tidak mengandung pewangi dan paraben. Pemilihan bahan yang lebih natural mencegah minyak alami dari kulit tidak menjadi hilang.

Baca juga : Ingin Kulit Bersih Walau Terpapar Polusi? Bisa!

Eksfoliasi setiap hari

Jika umur Anda cenderung masih muda namun mendapati kulit Anda muncul kerutan dan noda hitam, hal itu dikarenakan dari tumpukkan kotoran yang tertinggal di kulit dan membuat wajah Anda menjadi kusam.

Menggunakan scrub wajah dapat meluruhkan kotoran yang membandel dan melepaskan sel-sel kulit mati sehingga sel kulit yang masih bagus bisa berkembang.

Perawatan kulit simpel ini juga dapat membuat sel kulit dapat tumbuh kembali dengan sehat dan memberikan kulit yang terasa muda, mengikatkan elastisitas kulit dan membantu menjaga minyak alami dan kelembaban alami kulit.

Baca juga : Eksfoliasi Kulit? Kenapa Tidak?

Selain perawatan sehari-hari, Anda juga bisa melakukan perawatan mingguan dan bulanan. Anda bisa menggunakan masker minimal seminggu sekali atau dua kali seminggu. Perawatan kulit bulanan, Anda bisa pergi ke salon untuk melakukan facial atau ke klinik kecantikan untuk melakukan mikrodebramasi.

Selain merawat kulit dari luar, menjaga kulit dari dalam juga tidak kalah penting. Disadari atau tidak, makanan yang kita konsumsi berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Pastikan untuk minum air putih secara cukup, minimal 8 gelas sehari dan hindari minuman manis atau bersoda.

Begitu pula pada makanan, hindari makan goreng-gorengan dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Vitamin yang didapat dari makanan yang kita konsumsi lebih baik manfaatnya dibandingkan dari produk yang digunakan untuk penggunaan luar.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi