We Are Hiring! Yuk, gabung dengan keluarga AsmaraKu! Cek Karir
Advertisement
Advertisement

Sering Nyeri Haid? Ketahui Penyebab dan Solusinya

Anda para wanita tentu setuju jika haid dan rasa nyeri adalah dua hal yang rasanya tidak dapat dipisahkan. Meski mengganggu, banyak wanita merasa hal tersebut adalah wajar. Eits, jangan disepelekan lho ladies, nyeri haid bisa mengindikasikan kondisi serius dan perlu dicari solusinya. 

Sering Nyeri Haid? Ketahui Penyebab dan Solusinya

WANITA biasanya menjadi sangat gelisah dan tidak nyaman ketika tamu bulanan datang mendadak. Apalagi jika menstruasi diiringi nyeri haid yang sangat mengganggu aktivitas. Selain perut terasa kram dan nyeri, pikiran pun jadi sulit untuk berkonsentrasi ataupun bekerja dengan baik.

Penyebab nyeri haid sendiri terdiri dari berbagai faktor. Tidak hanya dari segi makanan atau penyakit tertentu, namun juga perawatan Miss V yang kurang tepat.

Jangan biarkan nyeri haid datang bak langganan. Yuk, kenali penyebab dan cara mengatasi sakit saat menstruasi yang efektif sebagai berikut:

Penyebab nyeri haid

“Kenapa perut sering kram saat datang bulan?” Pertanyaan ini tentu kerap dilontarkan kaum hawa yang merasa kurang nyaman dengan sakit akibat tamu tak diundang setiap bulan.

Selain kram perut, nyeri terkadang juga dibarengi kembung, pusing dan berdampak pada psikis yang mudah marah. Namun, rasa sakit saat menstruasi benar-benar membuat tubuh terasa lemas dan sulit beraktivitas normal.

Pada dasarnya, penyebab nyeri haid bisa dikategorikan sebagai dismenore primer. Rasa nyeri disebabkan karena peningkatan produksi prostaglandin. Yaitu sebuah hormon yang diproduksi oleh rahim hingga menyebabkan kontraksi.

Saat rahim mengalami kontraksi, otot-otot rahim ikut ditarik dan inilah yang menjadi penyebab nyeri haid. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami nyeri haid parah memiliki kontraksi rahim yang lebih kuat daripada saat melahirkan.

Taman Sari Royal Heritage Empon-Empon, Rp 49.000,- ; Beli di sini

Bahkan, versi Mayo Clinik menyebutkan pada kondisi tertentu seperti penyakit radang panggul, juga bisa menimbulkan nyeri atau kram menstruasi. Hal ini juga mempengaruhi kesuburan rahim.

Rasa nyeri saat menstruasi terkadang juga disebabkan akibat penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim atau IUD, tumor uterus fibroid, dan penyakit menular seksual serta perawatan Miss V yang kurang intensif.

Solusi Nyeri Haid

Bagi Anda yang kerap merasakan nyeri saat datang bulan, berikut beberapa perawatan alami atau cara mengatasi sakit saat haid yang patut dipertimbangkan:

1. Suplemen Herbal

Anda sering merasakan nyeri haid? Cobalah suplemen khusus bahan herbal. Karena beberapa temuan melaporkan bahwa suplemen makanan alami yang mengandung asam lemak omega-3 dan magnesium bisa mengurangi rasa sakit datang bulan.

Baca juga: Apakah Menstruasi Berat Hal yang Wajar? Ini Penjelasannya!

2. Relaksasi

Kontraksi yang membuat perut terasa kram dan nyeri bisa diredakan dengan relaksasi. Selain latihan relaksasi, yoga atau meditasi, Anda juga bisa mandi air hangat yang nyaman untuk sekadar mengendurkan otot-otot syaraf yang tegang.

3. Mengompres Hangat Perut

Car lain untuk meredakan nyeri datang bulan adalah kompres air hangat. Tempatkan handuk yang sudah direndam air hangat ke atas perut atau tempelkan botol air minum hangat di atas permukaan perut saat terasa sakit.

Sebagian orang yang melakukan hal ini melaporkan bahwa rasa nyerinya perlahan-lahan bisa hilang dan memudar. Bisa juga dengan berendam atau mandi pancuran air hangat.

Feminax, Rp 3.500,- ; Beli di sini 

4. Berhenti Merokok dan Hindari Alkohol

Kedua zat yang ada di dalam rokok dan alkohol telah diteliti bisa meningkatkan rasa nyeri atau kram menstruasi pada level yang lebih buruk.

Menurut studi Journal of Bodywork and Movement Therapies pada Oktober 2017, wanita yang berlatih yoga 30 menit per hari merasakan dirinya lebih bugar dan jarang merasakan nyeri selama datang bulan dibandingkan kelompok wanita lain yang tidak pernah latihan yoga atau jarang berolahraga.

Yoga terbukti dapat menurunkan tingkat nyeri panggul kronis pada wanita dengan penyakit panggul atau endometriosis.

Jadi, apabila Anda kerap mengalami nyeri haid yang signifikan, jangan diabaikan saja. Segera berkonsultasi dengan dokter, karena nyeri haid merupakan salah satu tanda masalah kesehatan.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi