FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Senam Kegel saat Hamil Bisa Lancarkan Persalinan Lho!

Senam kegel atau biasa disebut dengan senam latihan dasar panggul sangat disarankan untuk dilakukan oleh wanita hamil. Mengapa demikian? Karena senam kegel memberikan banyak manfaat bagi wanita hamil loh, terutama untuk memudahkan proses persalinan.

Senam Kegel saat Hamil Bisa Lancarkan Persalinan Lho!

SELAIN asupan makanan yang bernutrisi dan istirahat yang cukup, olahraga secara rutin merupakan aktivitas yang disarankan bagi wanita hamil. Nah, senam kegel adalah salah satu olahraga untuk wanita hamil yang memfokuskan gerakannya untuk memperkuat otot panggul bagian bawah dan jaringan di sekitarnya, termasuk otot bagian rahim, kantong kemih, dan usus besar. Berikut informasi selengkapnya mengenai senam kegel untuk ibu hamil, check this out!

Bolehkah senam kegel saat hamil?

Tentu saja boleh. Bahkan, olahraga ini sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin setiap harinya oleh wanita hamil karena senam kegel memberikan banyak manfaat bagi kesehatan rahim dan juga mempersiapkan proses persalinan secara normal.

Untuk hasil yang maksimal dan aman dilakukan, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan langkah-langkah yang harus dilakukan. Bila perlu, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter kandungan Anda.

Cara melakukan senam kegel untuk wanita hamil

Memang, senam kegel untuk ibu hamil belum banyak diketahui. Nah, berikut ini adalah cara melakukan senam kegel untuk ibu hamil agar rahim tetap terjaga kesehatannya dan persalinan pun lancar.

  1. Posisikan tubuh Anda berbaring telentang dengan kedua tangan di samping tubuh. Bukalah paha selebar 30 cm, lalu tekuk lutut dengan telapak kaki menyentuh lantai. 
  2. Aturlah nafas Anda secara normal dan jangan menegangkan otot paha, pantat, dan juga perut selama melakukan gerakan ini.
  3. Lalu, berikan kontraksi di bagian sekitar otot panggul dari ringan ke berat dan tahan selama sekitar 3-5 detik. Ulangi hal ini sampai beberapa kali dengan gerakan lambat atau dipercepat secara bertahap. Jika Anda bingung di mana otot panggul, kencangkan otot area vagina seolah-olah sedang menahan kencing tanpa mengencangkan otot paha. 
  4. Senam kegel ini cukup mudah dan memungkinkan Anda untuk melakukannya di mana saja. Namun, sebaiknya Anda menjadwalkan pada waktu-waktu tertentu untuk bisa melakukannya dengan tenang dan teratur demi mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
  5. Cara lainnya, yaitu dengan menahan buang air kecil. Tapi, jangan terlalu lama. Lakukan hanya selama 1-2 menit, lalu buanglah air kecil ke toilet. Anda bisa lakukan hal ini sebanyak 3 kali per hari.

Manfaat senam kegel untuk wanita hamil

Meskipun tak terbatas untuk kaum hawa saja, manfaat senam kegel bagi wanita lebih banyak dibandingkan untuk kaum pria. Selain mampu meningkatkan kemampuan organ intim di dalam hubungan seksual, senam kegel juga melatih otot bagian bawah panggul yang sangat membantu bagi wanita hamil dalam proses melahirkan secara normal.

  • Menguatkan otot-otot dasar panggul sehingga sirkulasi darah di sekitar vagina lebih lancar. Selain itu, dengan otot panggul yang kuat, waktu “ngeden” saat melahirkan normal akan lebih singkat.
  • Mengurangi wasir atau ambeien (hemoroid). Pada umumnya pasca melahirkan normal, tak jarang para wanita mengalami wasir dan ambeien yang tidak nyaman. Nah, dengan melakukan senam kegel, maka Anda dapat mengurangi risiko wasir atau ambein pasca melahirkan.
  • Manfaat senam kegel ternyata tidak hanya saat menjalani proses persalinan saja, loh. Senam kegel juga berperan pasca melahirkan, di mana pemulihan organ intim dapat kembali ke bentuk semula dengan lebih cepat.

Anda juga bisa mengajak pasangan untuk melakukan senam kegel bersama, sehingga manfaatnya bisa dirasakan berdua. Hal ini juga bisa menambah keintiman dan keharmonisan rumah tangga. Selamat mencoba!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi