Advertisement
Advertisement

Rambut Sering Lepek? Atasi dengan 5 Cara Ini

Sebagai mahkota kepala, kebersihan dan penampilan rambut tentu harus dijaga. Rambut yang bersih dan sehat tentu akan membuat penampilan jadi lebih maksimal. Namun bagaimana jika rambut sering lepek dan terlihat tidak menarik? Apa yang harus dilakukan? 

Rambut Sering Lepek? Atasi dengan 5 Cara Ini

BAGI pria maupun wanita, rambut merupakan bagian tubuh yang sangat bisa menunjang penampilan. Dengan rambut bersih dan sehat, seseorang akan berani tampil lebih percaya diri di muka umum.

Sayangnya sama seperti bagian tubuh lain, rambut juga memiliki banyak masalah salah satunya rambut berminyak atau lepek. Rambut lepek sendiri merupakan kondisi dimana rambut terlihat berminyak sehingga wajah akan terlihat kusam dan tidak segar.

Jika Anda mengalami hal ini, jangan berkecil hati dulu. Anda bisa mengatasi rambut lepek dengan 5 cara berikut ini:  

1. Rutin Keramas

Cara pertama agar rambut tidak lepek adalah rutin keramas atau mencuci rambut. Sesibuk apapun aktivitas, jangan lupa jagalah kebersihan rambut dengan keramas minimal dua hari sekali.

Saat keramas, pastikan rambut Anda dicuci sampai bersih sehingga tidak ada lagi sisa sampo yang menempel di rambut dan kulit kepala. Sebab sisa sampo tersebut dapat menyebabkan rambut lepek dan berminyak.

Sementara itu cara mengatasi rambut lepek lainnya adalah membilas rambut dengan cara yang benar. Cara untuk membilas rambut yang benar adalah menggunakan campuran air jeruk nipis.

Buatlah cairan jeruk nipis dengan komposisi 1:4 untuk jeruk nipis dan air. Anda dapat rutin membilas rambut dengan cairan tersebut untuk mengurangi risiko rambut lepek dan terlihat tidak menarik.

Setelah keramas, hindari menggosok rambut dengan kain kasar atau menggaruk dengan keras. Hal tersebut dapat menyebabkan kelenjar minyak rambut Anda menghasilkan lebih banyak minyak sehingga rambut jadi lepek. 

Sebamed Everyday Shampoo, Rp 200.000,- ; Beli di sini

2. Memijat Kulit Kepala

Perawatan rutin dan alami lainnya yang Anda dapat lakukan di rumah adalah memijat lembut kulit kepala dengan minyak. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa yang telah dipanaskan terlebih dahulu.

Selanjutnya, campur minyak tersebut dengan air hangat. dan oleskan pada kulit kepala dengan memijatnya secara lembut. Setelah itu, Anda dapat membilas rambut secara menyeluruh sampai benar-benar bersih.

Cara ini dipercaya dapat menjaga kesehatan rambut Anda serta menghindari rambut lepek dan berminyak. Tapi perlu diperhatikan, jika Anda memiliki jenis rambut berminyak, sebaiknya tidak mencoba cara ini ya. 

Baca juga: Cara Mencuci Rambut dengan Baik dan Benar

3. Hindari penggunaan kondisioner

Buat Anda yang sering menggunakan kondisioner setelah keramas, sebaiknya coba pikir ulang kebiasaan tersebut. Kondisioner memang dapat membuat rambut lebih halus dan mudah diatur setelah keramas, namun hal itu juga dapat membuat rambut lepek. 

Untuk itu sebaiknya Anda mengenali jenis rambut terlebih dahulu. Jika rambut Anda normal, menggunakan kondisioner rambut boleh-boleh saja. Tapi jika rambut Anda berminyak, sebaiknya cukup pakai kondisioner sedikit saja pada ujung rambut. 

4. Hindari penggunaan gel atau serum rambut

Bagi laki-laki, penggunaan serum rambut mungkin menjadi kebiasaan untuk tampil lebih segar saat beraktivitas. Tapi sayang, sepertinya Anda harus mulai mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan tersebut.

Gel dan serum rambut umumnya memiliki kandungan minyak dan akan memberikan efek licin. Jika digunakan terlalu sering hal itu justru akan membuat rambut lepek dan berminyak. 

Terlebih bagi Anda dengan tipe rambut berminyak, sebaiknya tidak perlu menggunakan kedua jenis perawatan rambut tersebut. Cukup tata rapi mahkota kepala Anda dengan minyak alami rambut tanpa tambahan produk lain. 

Rausch Green tea UV - Hair Protector, Rp 412.500,- ; Beli di sini

5. Jangan terlalu sering menyisir rambut

Bagi Anda yang sangat memperhatikan penampilan, menyisir rambut tentu menjadi hal yang sering dilakukan. Namun siapa sangka, kebiasaan tersebut justru jadi pemicu rambut lepek dan berminyak. 

Hal tersebut dikarenakan saat Anda menyisir rambut, kulit kepala justru akan memproduksi minyak berlebih. Karena itulah semakin Anda menyisir, rambut justru semakin berminyak. 

Agar rambut tidak lepek, ada baiknya setelah keramas Anda menyisir rambut dengan tangan kosong atau sisir yang memiliki gerigi jarang. Selain membuat rambut tidak lepek, cara menyisir setelah keramas tersebut akan menghindarkan rambut Anda dari kerontokan. 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi