Menu
Cart

KESEHATAN

Rahasia Awet Muda? Jalan Kaki Jawabannya!

Oleh: Fajrie Hanggono | 3 menit membaca


Walaupun terlihat sepele, jalan kaki adalah salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan, menjaga kebugaran tubuh supaya tetap awet muda, dan memperpanjang umur Anda. Karena selain mudah dan murah, jalan kaki dapat dikategorikan sebagai olahraga low impact dan aman untuk dilakukan oleh siapapun dari muda hingga tua. Kira-kira seberapa efektifnya jalan kaki untuk memperpanjang umur?

Rahasia Awet Muda? Jalan Kaki Jawabannya!

Memperkuat Jantung

Berjalan kaki secara rutin, terbukti dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. Karena dengan rutin berjalan kaki, Anda telah membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL), dan tidak lupa jalan kaki juga menjaga tekanan darah tetap stabil.

Menurunkan Resiko Terserang Penyakit

Berdasarkan studi dari British Medical Journal, dengan berjalan kaki secara rutin akan mengurangi resiko diabetes. Dan bahkan berdasarkan survey yang diadakan oleh yayasan Walking for Health, dapat mengurangi resiko diabetes sampai 60%. Dan mereka yang terbukti secara rutin berjalan kaki, dapat mengurangi resiko kanker usus besar, payudara dan rahim hingga sebanyak 20%.

Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Secara rata-rata jika ingin mengurangi berat badan, Anda setidaknya harus mengeluarkan 600 kalori lebih banyak daripada yang masuk ke dalam tubuh Anda. Jika berat badan Anda adalah 60Kg, Anda akan membakar 75 kalori hanya dengan berjalan santai selama 30 menit. Dan jika Anda meningkatkan intensitas menjadi berjalan cepat, tubuh Anda akan membakar rata-rata 150 kalori. Dan tahukah Anda untuk mengurangi berat badan secara efektif, Anda bisa mengkombinasikan jalan santai dan jalan cepat.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Sambil Tetap Aktif Bekerja

Meningkatkan Daya Ingat

Menurunnya daya ingat biasanya menyerang 1 dari 14 orang yang sudah menginjak usia di atas 65 tahun. Dan sudah dibuktikan salah satu cara untuk menangkal berkurangnya daya ingat adalah dengan tetap aktif di usia senja. Dan berdasarkan penelitian, manula yang berjalan lebih dari 10 km per minggu, akan mengurangi resiko lupa ingatan hingga 40%.

Osteoporosis? Sudah Lupa Tuh!

Osteoporosis mungkin akan menjadi penyakit yang tidak akan pernah eksis di masa depan, jika sedari muda masyarakat dibiasakan untuk berjalan kaki. Karena hanya dengan berjalan kaki secara rutin, Anda telah membantu tulang untuk menjadi lebih kuat, lebih keras dan membantu melumasi persendian. Jadi sayonara osteoporosis!

Membentuk Kaki, Bokong dan Perut

Dengan berjalan kaki dengan benar dan rutin, secara otomatis Anda telah membentuk otot kaki, mengangkat oto bokong, dan membentuk perut. Apakah masih ada lagi? Tentunya! Dengan rutin berjalan kaki Anda juga dapat memperbaiki postur tubuh menjadi lebih tegap.

Meningkatkan Stamina

Anda sering mengantuk di kantor? Susah konsentrasi? Mata berat ketika meeting? Mulailah rutin berjalan kaki. Dengan rutin berjalan kaki, secara otomatis stamina tubuh Anda akan meningkat secara bertahap. Cara membuktikannya pun cukup mudah, coba hitung jarak tempuh maksimal di awal Anda memulai berjalan kaki, dan bandingkan dengan jarak tempuh maksimal setelah 1 minggu Anda rutin berjalan kaki.

Meningkatkan Mood

Ini dia yang paling seru! Tinggal dan beradaptasi di hiruk pikuk kehidupan kota besar, terkadang membuat mood menjadi tidak karuan. Cobalah untuk berjalan kaki, karena berdasarkan penelitian, dengan berjalan santai tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat tubuh menjadi lebih rileks dan mengurangi stress. Dan cobalah untuk berjalan kaki bersama pasangan atau teman dekat, dijamin lelah dan stress akan menghilang.

Baca juga: Hindari Stress Kerja! Ini Tips Sehat Untuk Para Pekerja Kantoran

Dari seluruh manfaat berjalan kaki di atas, apa yang membuat Anda menunda untuk mulai rutin berjalan kaki? Mulailah dari sekarang, karena tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. Tetap berhati-hati, dan selamat berjalan kaki.

 



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_multivitamin, Beli kategori_kesehatan, Beli Kesehatan, Beli multivitamin, Beli stamina tubuh

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com