FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Puasa Selama Kehamilan, Amankah?

Memasuki ibadah puasa, tentu Anda yang sedang hamil memiliki niat untuk ikut berpuasa. Namun, bolehkah seorang ibu hamil berpuasa? Apa ada risiko yang mungkin terjadi jika puasa saat hamil?

Puasa Selama Kehamilan, Amankah

MEMASUKI bulan Ramadhan, sebagian ibu yang hamil mungkin merasakan cemas apakah dapat melaksanakan ibadah puasa atau tidak. Di satu sisi, tentu sebagai muslimah yang baik, ingin rasanya dapat menikmati ibadah puasa di bulan suci.

Sementara, sebagai ibu tentu Anda ingin memastikan agar si kecil di dalam rahim selalu sehat dan tercukupi nutrisinya.

Selama 9 bulan melalui proses kehamilan, asupan nutrisi memang sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan fisik si janin. Namun, apakah puasa selama kehamilan tidak menimbulkan masalah? Berikut informasinya:

Mitos Puasa Selama Kehamilan

Dari beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa berpuasa memiliki efek yang positif untuk kesehatan mental dan fisik. Termasuk bagi ibu yang sedang hamil.

Berikut adalah beberapa mitos berkembang di tengah masyarakat tentang  efek jangka pendek dan jangka panjang bagi ibu hamil yang berpuasa:

  • Bagi ibu hamil yang memutuskan untuk tetap berpuasa selama kehamilan pada trimester pertama, kemungkinan besar akan terjadi risiko terkena mual atau morning sickness.
  • Sebagian orang percaya jika berpuasa saat hamil dapat meningkatkan kemungkinan bayi prematur.
  • Berpuasa saat hamil juga dianggap memicu masalah perkembangan fisik bayi. Seperti dehidrasi, penurunan berat badan dan gangguan pernapasan.

Padahal, pada kenyataannya semua asumsi tersebut hanya mitos dan tidak ada bukti ilmiah yang kuat. Dengan kata lain, anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Ibu yang hamil tidak perlu pusing memikirkan mitos yang tidak terbukti kebenarannya.

Madu Ibu Hamil, Rp 65.000,- ; Beli di sini

Jadi, Amankan Bila Puasa Saat Hamil?

Untuk memastikan kondisi tersebut, segera berkonsultasi dengan dokter tentang boleh atau tidak berpuasa. Karena kondisi setiap ibu hamil itu berbeda – beda. Namun, fakta yang layak diketahui bahwa aspek fisiologis wanita juga berbeda.

Sehingga ada beberapa wanita yang mengalami mual – mual atau morning sickness di awal trimester pertama, namun ada juga yang tidak sama sekali.

Bagi ibu hamil yang sering mual dan morning sickness, ada baiknya mempertimbangkan untuk tidak berpuasa. Tapi, bagi ibu hamil yang sehat – sehat saja, maka bisa berpuasa tanpa masalah apa pun.

Tips Puasa Saat Hamil

Agar Anda yang sedang mengandung bisa menjalani ibadah puasa dengan lancar dan tetap sehat selama bulan Ramadhan, coba ikuti tips puasa saat hamil berikut ini:

1. Minum Banyak Air Mineral

Saat sahur dan berbuka sebaiknya perbanyak minum air mineral untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain itu air mineral akan bermanfaat bagi ibu hamil yang sering buang air kecil atau konstipasi.

Baca juga: Panduan Berbuka yang Benar Sesuai Anjuran Kemenkes

2. Menu Bernutrisi

Untuk sajian berbuka puasa dan sahur, pilih menu yang bergizi dan sehat. Tubuh yang seharian tidak diisi oleh makanan dan minuman tentu membutuhkan energi agar bisa beraktivitas dengan baik.

Menu yang dipilih harus seimbang antara karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Tambahkan juga suplemen kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan bugar.

3. Perbanyak Buah

Ketika santap sahur atau berbuka puasa, perbanyak mengonsumsi buah – buahan segar dengan 2-3 jenis buah berbeda setiap hari. Buah-buahan kaya akan gula alami dan mineral untuk mempertahankan stamina dan energi Anda seharian.

Nutrimax Mother, Rp 150.000,- ; Beli di sini

4. Mengurangi Aktivitas

Sebaiknya ibu hamil yang sedang berpuasa mengurangi aktivitas agar tidak terlalu penat dan lelah. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat selama kehamilan dan perbanyak beribadah di dalam rumah.

Selain itu, ibu hamil juga bisa mengonsumsi suplemen kesehatan saat sahur agar tidak gampang capek atau lelah saat harus menjalani ibadah puasa.

5. Periksa ke Dokter Secara Rutin

Pastikan kondisi tubuh Anda dengan rutin mengunjungi dokter atau bidan. Jika Anda merasakan gangguan kesehatan atau gejala yang tidak nyaman di dalam tubuh karena berpuasa, saatnya untuk berkonsultasi dengan ahli medis.

 

Nah, ingat dengan baik tips puasa saat hamil di atas agar berpuasa di bulan Ramadhan tetap lancar dan tubuh selalu sehat.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi