Advertisement
Advertisement

Pomade Oil-Based Water Vs Water Based, Mana yang Terbaik?

Tidak hanya wanita, pria kini lebih perhatian terhadap penampilannya agar terlihat lebih rapi dan menarik lawan jenis. Salah satu cara populer yang dilakukan pria masa kini untuk merapikan penampilan, khususnya rambut, adalah dengan menggunakan pomade. 

Pomade Oil-Based Water Vs Water Based, Mana yang Terbaik

TAMPIL menarik bukan hanya wajib dilakukan oleh para wanita, tapi juga wajib bagi kaum pria. Oleh karena itu agar bisa tampil ganteng maksimal, pria juga harus melakukan perawatan muali dari tubuh, wajah, sampai rambut.

Untuk rambut, selain merapikannya dengan mencukur, pria masa kini juga dapat membuat penampilan lebih segar dan maskulin dengan menggunakan pomade rambut.

Pomade digunakan untuk menata rambut agar tetap stylish dan bergaya. Agar tampil maksimal menggunakan pomade, Anda bukan hanya perlu mengetahui cara pakai pomade yang benar, tapi juga jenis-jenis pomade.

Secara umum, ada dua jenis pomade yaitu pomade oil based dan water based. Kedua jenis pomade tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Apa itu Pomade?

Pertama hal yang harus diketahui adalah defenisi dari pomade itu sendiri. Pomade adalah produk yang penata rambut yang bisa berbentuk waxy atau greasy yang membantu para kaum adam mendapatkan bentuk tatanan rambut yang diinginkan.

Pomade sendiri sudah digunakan selama bertahun-tahun sebagai produk penata rambut. Sejarah ketenaran produk pomade dimulai pada tahun 1920-1950 ketika tatanan rambut klimis mulai bermunculan.

Pomade semakin populer ketika beberapa selebriti papan atas seperti Elvis Presley menggunakannya. Tidak hanya melalui selebriti, pomade juga melejit melalui gaya rambut pada film grease.

Baca juga: Aturan Memakai Pomade Rambut

Oil-Based Pomade

Sesuai dengan namanya, oil based pomade adalah pomade dengan bahan dasar minyak. Pomade ini adalah pomade rambut terbaik yang sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Ketika ingin membeli pomade jenis ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membaca komposisi dari pomade ini seperti petrolatum, petroleum, soft paraffin, dan mineral oil. 

Tidak seperti water-based, oil based pomade tidak dapat larut dalam air. Pomade ini memiliki daya tahan yang sangat luar biasa karena terbuat dari minyak, sehingga walaupun Anda lompat ke dalam kolam, tatanan rambut akan tetap terjaga.

Dapatkan Suavecito Pomade Premium Blend dengan harga Rp 240.000,- Beli di sini

Kelebihan Oil-Based Pomade

Karena termasuk jenis tradisional, pomade jenis ini tidak mengandung banyak komposisi kimia ketimbang water based pomade yang lebih modern. Walaupun kualitas dan ketahanan pomade berbeda-beda berdasarkan jenis produk, pada dasarnya oil based pomade ini tidak pernah kering.

Kelebihan lain dari produk pomade oil based adalah memiliki banyak jenis. Ada yang memberikan tampilan efek mengkilau, dan ada pula yang memberikan tampilan halus.

Kelebihan terakhir adalah pomade ini sangat tahan lama digunakan berjam-jam sehingga Anda bisa jauh lebih berhemat karena Anda tidak perlu menggunakan ulang selama seharian. Selain itu oil based pomade ini memiliki harga yang jauh realtif lebih murah dari water based pomade.

Kekurangan Oil-Based Pomade

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya oil based pomade ini memiliki ketahanan yang luar biasa namun karena daya tahan tersebut sehingga membuatnya sulit pada saat akan dicuci.

Bahan petroleum dan minyak pada pomade jenis ini akan membuat kulit kepala terasa lengket sehingga butuh perhatian khusus dan ekstra pada saat akan membersihkan rambut.

Selain itu berdasarkan beberapa kasus terdapat beberapa penggunanya yang berjerawat jika terkena dahi karena terlalu berminyak. Untuk itu jangan lupa gunakan produk perawatan rambut yang tepat saat mencuci rambut. 

Baca juga: Tiga Brand Pomade Terbaik

Water-Based Pomade

Water based pomade adalah pomade yang terbuat dari bahan dasar air. Pomade ini merupakan pomade versi modern dari pomade yang terbuat dari minyak.

Meskipun namanya water based pomade, namun ketika Anda hendak membeli pomade ini bukan hanya soal komposisi air yang perlu dicari di daftar komposisinya namun juga water soluble. Pomade ini kebanyakan digemari oleh pria dengan rambut bergelombang dan panjang sehingga memberikan tampilan rambut jatuh yang natural.

Dapatkan Wak Doyok Pomade - 100gr dengan harga Rp 150.000,- Beli di sini

Kelebihan Water-Based Pomade

Tidak seperti oil based pomade, water based pomade ini lebih mudah dibersihkan pada saat dicuci sehingga Anda bisa meminimalisr waktu pada saat membersihkannya. Sama halnya dengan oil based pomade, water based pomade juga bisa didapatkan dengan berbagai pilihan dari segi ketahanan, tampilan akhir dan konsistensi.

Salah satu kelebihan lain dari jenis pomade berbahan dasar air ini yaitu meskipun jenis kulit pemakai pomade berbeda-beda, penggunaan pomade tidak akan menimbulkan jerawat.

Kekurangan Water-Based Pomade

Terdapat dua aspek negatif jika berbicara soal kekurangan water based pomade. Pertama karena merupakan pomade modern, water based pomade memiliki formulasi yang jauh lebih kompleks di dalamnya, sehingga harganya jauh lebih mahal.

Kekurangan kedua adalah tidak tahan lama dibandingkan pomade berbahan dasar minyak, sehingga ketika ingin digunakan seharian, Anda perlu retouch pomade ini agar rambut tetap rapi. 

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi