Advertisement
Advertisement

Perubahan Rambut Sesuai Usia

Selalu memiliki wajah awet muda serta kulit yang kencang adalah impian semua orang. Sayang, seiring bertambahnya usia semua itu akan berubah menua menjadi keriput. Tidak hanya kulit, bagian tubuh lain seperti rambut juga akan mengalamai perubahan sesuai pertambahan usia.

Perubahan Rambut Sesuai Usia

SAMA seperti kulit dan tubuh, rambut juga mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Setiap memasuki usia yang baru, rambut pun akan mengalami perubahan, seperti beruban atau rontok.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Apakah setiap usia tertentu dapat memberikan perubahan pada rambut kita?

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, kami akan menjelaskan siklus perubahan rambut sesuai usia. Jadi, Anda pun dapat melakukan perawatan rambut intensif untuk meminimalisir perubahan rambut yang dapat mengganggu penampilan Anda.

Usia 20-an

Di usia belasan, kebanyakan manusia akan coba bereksperimen dengan rambutnya. Beberapa eksperimen yang umum dilakukan misalnya mewarnai rambut, styling, sampai mencoba berbagai jenis produk perawatan rambut.

Mungkin tidak ada perubahan rambut yang berarti. Namun, berbagai eksperimen yang sudah di lakukan di usia belasan tersebut dapat memberikan dampak buruk pada kualitas rambut di usia 20-an. Rambut yang dulu sering diwarnai atau styling sangat berisiko mengalami kerusakan seperti rambut kering, rapuh, dan kasar.

Tidak hanya disebabkan oleh eksperimen pada rambut, perubahan rambut sesuai usia juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Tapi beda dengan wanita, jika mereka hamil di usia 20-an, rambutnya akan terlihat lebih tebal dan berkilau alami.

Pantene Total Pro-V Total Damage Care Shampoo, Rp 24.200,- ; Beli di sini

Untuk mengurangi dampak perubahan rambut di usia 20-an, kurangi proses styling atau pewarnaan rambut. Gunakan sampo dan kondisioner bebas sulfat untuk membuat rambut jadi lebih lembut. Jika terpaksa melakukan styling, gunakan produk perawatan rambut yang bisa melindungi rambut dari suhu panas yang dihasilkan.

Usia 30-an

Perubahan rambut akan mencapai puncaknya setiap 7 tahun sekali. Memasuki usia 30-an, rambut mulai mengalami penipisan karena rontok. Di samping itu, usia 30-an juga awal mula munculnya rambut beruban, meskipun sebagian orang mulai beruban sejak umur belasan atau 20 tahunan.

Untuk mengatasi perubahan rambut sesuai usia ini, Anda bisa melakukan perawatan rambut intensif dengan mengonsumsi suplemen biotin. Jenis suplemen ini dapat membuat rambut jadi lebih tebal.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan asupan Vitamin B harian. Pasalnya, Vitamin B adalah nutrisi penting yang dapat membawa oksigen ke kulit kepala untuk melancarkan pertumbuhan rambut.

Sementara, jika Anda memiliki kebiasaan mencuci rambut setiap hari, kurangi kebiasaan tersebut karena terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan sebum alami rambut sehingga menyebabkan rambut kering.

Baca juga: Tips Merawat Rambut Berwarna

Usia 40-an

Bagi wanita, usia 40-an adalah waktu mendekati menopause. Banyak yang beranggapan bahwa menopause juga memberikan perubahan signifikan pada rambut sebab perubahan hormon akibat menopause dapat menyebabkan penipisan hingga kerontokan rambut.

Selain itu, penggunaan obat-obatan yang mengandung hormon juga dapat membuat rambut jadi lebih rapuh. Jika Anda terpaksa mengonsumsi obat-obatan yang mengandung hormon, bicarakan hal ini dengan dokter terlebih dahulu  untuk mencari solusi yang tepat.

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi