FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[INTERNSHIP] Tertarik Berkarya di Dunia E-Commerce? Join AsmaraKu Now! Mau gabung
Advertisement
Advertisement

Percantik Kulit Wajah dengan 6 Jenis Bunga Ini

Memiliki wajah yang cantik dan segar menjadi harapan banyak wanita. Untuk mewujudkannya, banyak wanita akhirnya memilih menggunakan berbagai produk kecantikan atau pergi ke dokter kecantikan. Padahal, selain menggunakan obat, Anda juga bisa memakai bahan alami seperti bunga. 

Percantik Kulit Wajah dengan 7 Jenis Bunga Ini

BAGI wanita, wajah yang segar dan terawat mampu meningkatkan kepercayaan diri sekaligus menjadi kebanggaan tersendiri. Selain itu, wajah yang terawat juga dapat menjadi investasi untuk tetap tampil cantik di masa tua. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, pada akhirnya banyak wanita yang melakukan berbagai perawatan wajah mulai dari konsumsi suplemen sampai konsultasi ke dokter. Padahal, ada cara mudah untuk merawat wajah yaitu dengan bunga.

Yup, selain sebagai penghias taman, beberapa jenis bunga rupanya mampu merawat wajah seperti menghaluskan dan mencerahkan. Bahkan, tidak hanya wajah, bunga juga dapat bermanfaat untuk kecantikan rambut dan bibir.

Nah penasaran jenis bunga apa saja yang bermanfaat bagi kecantikan? Simak selangkapnya di bawah ini!

1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu, merupakan salah satu bunga yang paling menarik dan memiliki ratusan pola serta warna. Bunga ini dapat tumbuh di daerah tropis dan beriklim sedang. Daun kembang sepatu dapat digunakan sebagai kondisioner rambut alami karena mengandung poliakarida mucilage yang tinggi.

Anda bisa mengambil 10 hingga 15 daun kembang sepatu, lalu cuci sampai bersih. Lalu, rebus ke dalam panci berisi air dan angkat setelah airnya tersisa setengah. Dinginkan dan bilas rambut Anda dengan air rebusan kembang sepatu. Lakukan cara ini minimal dua minggu sekali dan lihat hasilnya. Ini sangat baik untuk menumbuhkan rambut, mengurangi kerontokan, dan membuat rambut tampak berkilau.

2. Mawar

Keindahan bunga mawar nampaknya memang tidak perlu diragukan lagi. Hampir seluruh dunia membudidayakan bunga yang disimbolkan sebagai bunga paling penuh kasih sayang ini. Yang dibutuhkan hanyalah sinar matahari, pemangkasan secara teratur, dan perawatan agar bunga mawar mekar sempurna.

Di sisi lain, bunga ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat bunga mawar adalah sebagai anti jerawat dan krim anti aging alami. 

Sementara itu, untuk perawatan bibir, ambil kelopak mawar yang hancur dan campurkan dengan beberapa tetes madu lalu oleskan ke bibir Anda. Ini berfungi sebagai lip balm alami. Anda mungkin tidak percaya, tapi setelah menerapkan cara ini secara rutin akan membuat bibir tampak merah muda dan lembut kemerahan.

Selain itu, bunga mawar juga berfungsi sebagai bunga untuk kecantikan wajah. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mengambil setengah sendok air mawar dan setengah sendok gliserin. Kemudian, terapkan ini ke wajah semalaman. Memang, teksturnya lengket, tapi fungsinya sebagai toner alami.

Dapatkan Humphrey Serum Vit C Collagen Plus dengan harga Rp 75.000,- Beli di sini

3. Melati

Meskipun memiliki kelopak yang kecil, melati justru menjadi bunga yang paling harum. Selain itu, tidak hanya wangi, ia juga memiliki banyak manfaat, baik sebagai minuman maupun dalam hal kecantikan, termasuk perawatan wajah. 

Untuk perawatan wajah, ambil beberapa kelopak bunga melati yang sudah dibersihkan dan hancurkan. Setelah halus, tambahkan beberapa tetes minyak kelapa di dalamnya. Kemudian Anda bisa memijat wajah menggunakan campuran ini dengan gerakan melingkar memakai ujung jari dan diamkan selama beberapa menit.

Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah. Campuran ini juga bagus untuk mengatasi kulit kering dan mencegah penuaan karena minyak kelapa memiliki manfaat untuk mengencangkan.

4. Kamomil

Kamomil adalah salah satu jenis bunga yang mekar di dalam suatu kelompok dan memiliki aroma yang ringan. Bunga ini menyukai sinar matahari penuh, tanah yang sedikit asam, dan membutuhkan penyiraman secara teratur. Selain itu, bunga keringnya dapat digunakan untuk membuat teh herbal.

Sementara itu, sebagai perawatan wajah, ambil kelopak kamomil kering atau yang baru saja dipetik, jus lemon dan susu mentah (tambahkan dengan takaran yang merata). Aplikasikan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 5 menit. Ini berfungsi sebagai pembersih alami. Selain itu, campuran tersebut juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo hitam dan pigmen wajah. 

Baca juga: Kenali 10 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

5. Calendula atau Marigold

Marigold adalah bunga cantik yang memiliki banyak manfaat. Bunga ini biasanya ditanam sebagai tanaman tahunan atau abadi tergantung pada kondisi iklim. Membudidayakan marigold cukup mudah karena mengandung kadar karotenoid tinggi (senyawa mirip Vitamin A) dan bermanfaat sebagai toner kulit alami.

Ambil beberapa kelopak bunga marigold, sementara bersihkan wajah dengan air dingin. Selanjutnya, campurkan kelopak bunga tersebut ke dalam 1 sendok makan teh susu, lalu aduk adonan sampai merata. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dapatkan Mustika Ratu Sabun Wajah Mawar dengan harga Rp 20.800,- Beli di sini

6. Lavender

Lavender adalah bunga yang terdiri dari campuran herbal menakjubkan. Ini terbukti dari banyaknya orang yang menggunakan lavender sebagai obat atau campuran dalam masakan. Selain itu, lavender memiliki kandungan berupa zat pencerah kulit yang jika digunakan secara teratur dapat membuat kulit tampak cerah.

Anda bisa memetik beberapa kelopak bunga lavender dan merebusnya selama beberapa menit. Kemudian, saring air untuk memisahkan kelopak bunga yang tersisa dan tambahkan beberapa bubuk oat untuk membuatnya seperti pasta.

Oleskan campuran secara merata sebagai masker wajah dan diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah cerah alami tanpa efek samping.

 

Nah, itu dia enam jenis bunga yang tidak hanya harum, tapi juga memiliki manfaat untuk membuat kulit wajah bersih dan cantik. Tidak ada salahnya lho mencoba merawat kulit wajah dengan bunga-bunga di atas. Selain mudah didapatkan, bahan-bahan alami tersebut menghindarkan Anda dari risiko terkena efek samping. 

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi