Menu
Cart

PASUTRI

Pentingnya Program Keluarga Berencana untuk Kehidupan Lebih Baik

Oleh: Astri Setyarini | 4 menit membaca


Di negara berkembang seperti Indonesia, program keluarga berencana menjadi salah satu program yang paling sering digalakkan. Selain bertujuan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, program keluarga berencana ternyata memiliki banyak keunggulan lain yang patut untuk diketahui. Apa sajakah keunggulan dari program ini?

Pentingnya Program Keluarga Berencana untuk Kehidupan Lebih Baik

PROGRAM keluarga berencana, atau sering disingkat KB, menjadi salah satu solusi yang banyak diterapkan di negara-negara dengan tingkat populasi penduduk yang tinggi. Tingkat populasi penduduk yang tinggi sendiri banyak ditemukan di negara-negara berkembang, seperti Cina, India, dan Indonesia.

Program ini menganjurkan pasutri atau keluarga untuk memiliki anak tidak lebih dari dua orang. Dengan kata lain, program ini berfokus pada pengendalian angka kelahiran atau kehamilan pada setiap keluarga.

Pengendalian angka kelahiran atau kehamilan pada program KB dapat dilakukan dengan banyak cara. Cara-cara tersebut antara lain dengan penggunaan kondom saat berhubungan intim, baik kondom pria maupun kondom wanita, konsumsi pil KB bagi wanita, atau pemasangan alat kontrasepsi, misalnya spiral. Cara-cara tersebut merupakan cara pengendalian kehamilan pada program KB yang cukup terkenal.

Jika ditilik dari cara kerjanya, tak heran jika sebagian besar orang hanya menganggap bahwa keunggulan program KB adalah menahan laju pertumbuhan penduduk. Memang benar jika tujuan utama dari program ini adalah mengendalikan angka kelahiran.

Namun, masih banyak keunggulan lain dari program keluarga berencana yang dapat membuat kehidupan jauh lebih baik. Keunggulan lain dari program ini dapat dilihat pada uraian berikut.

 

jual produk pasutri lengkap di AsmaraKuMengoptimalkan Perencanaan Keuangan

Selain mengendalikan angka kelahiran pada setiap keluarga, program keluarga berencana dapat membuat keluarga memiliki perencanaan keuangan yang optimal. Anda tentu setuju bahwa semakin banyak jumlah anak yang dimiliki, semakin besar pula biaya yang diperlukan untuk memenuhi semua kebutuhannya.

Sebaliknya, dengan membatasi jumlah anak, maka keuangan keluarga akan jauh lebih stabil dan terorganisir. Dengan mengikuti program keluarga berencana, seseorang akan memperhitungkan jumlah anak yang ingin dimiliki, juga seberapa besar biaya perkiraan biaya yang diperlukan untuk anak tersebut. Perencanaan yang matang, baik dalam hal jumlah anak maupun perkiraan biaya yang diperlukan, akan membuat keluarga jauh lebih stabil dan bahagia.

 

Meminimalkan Risiko Gangguan Kesehatan

Di negara berkembang, banyak ditemui berbagai kasus kehamilan yang tidak terduga, misalnya kehamilan yang jaraknya terlalu dekat antara kehamilan pertama dan kehamilan kedua, atau kehamilan pada usia di atas 30 hingga 40 tahun.

Patut diketahui bahwa jarak kehamilan yang terlalu dekat antara kehamilan pertama dan kehamilan kedua, yakni kurang dari dua tahun, atau kehamilan yang terjadi lebih dari lima tahun sejak kehamilan terakhir dapat berakibat buruk bagi kesehatan ibu dan anak yang bersangkutan. Bagi kaum ibu, kehamilan tak terduga dapat berakibat buruk bagi kesehatan rahim.

Baca juga: Bahaya Mitos Tentang Kontrasepsi Terhadap Wanita

Sementara itu, bagi anak yang lahir dari kehamilan tak terduga, imunitas tubuh mereka dapat terancam kesehatannya. Meningkatnya risiko gangguan kesehatan pada ibu dan anak kemudian akan berdampak pula pada kondisi keuangan keluarga.

 

jual kondom terlengkap hanya di AsmaraKu

Memiliki Banyak Variasi Selain Kontrasepsi

Sebelumnya telah disebutkan bahwa metode kontrasepsi, baik melalui pengaman, konsumsi pil KB, maupun pemasangan spiral, merupakan salah satu wujud program KB yang cukup terkenal. Metode kontrasepsi tergolong ampuh untuk menahan laju kehamilan, meskipun belum 100% menjamin bahwa kehamilan tidak akan terjadi. Selain itu, masih ada keluhan terkait kontrasepsi, misalnya konsumsi pil KB yang dinilai dapat membuat gemuk.

Untuk itu, patut Anda ketahui bahwa masih ada metode lain selain kontrasepsi yang ditawarkan dalam program KB, misalnya pendidikan seks dan teknik perencanaan keluarga secara alami. Sesuai namanya, pendidikan seks berfokus pada edukasi anggota keluarga atau pasutri terkait fungsi sistem reproduksi. Dalam pendidikan seks, pihak yang berperan sebagai tutor atau fasilitator biasanya adalah ginekolog atau konsultan seks.

Sementara itu, teknik perencanaan keluarga secara alami dilakukan dengan cara penghitungan masa subur. Penghitungan masa subur dapat dilakukan dengan bantuan kalender masa subur. Kedua cara ini menjadi alternatif lain yang dapat dipilih saat merencanakan kehamilan selain dengan metode kontrasepsi.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Metode Kalender

 

Meminimalkan Penyebaran Penyakit Menular Seksual

Hingga kini, penyakit menular seksual masih menjadi momok yang menghantui banyak orang, tak terkecuali pasangan pasutri. Penyakit menular seksual yang banyak ditemukan di kalangan pria dan wanita bervariasi, mulai dari herpes genital, chlamydia, hingga HIV dan AIDS.

Penyakit-penyakit menular seksual tersebut dapat dihindari dengan penggunaan alat kontrasepsi, misalnya kondom pria dan kondom wanita. Penggunaan kondom pria dan kondom wanita saat berhubungan intim akan meminimalkan terjadinya perpindahan virus dan bakteri antarpasangan. Dengan demikian, penggunaan kontrasepsi tidak hanya menghindarkan Anda dari kehamilan yang tidak diinginkan, tetapi juga dari risiko tertularnya penyakit menular seksual.



Sebelumnya: Apa Warna Lingerie Seksi Favorit Para Pria?


Artikel Terkait


0 comments

Tinggalkan komentar


Belanja produk di artikel ini

Beli a_kondom, Beli kategori_pasutri, Beli keluarga berencana, Beli kondom, Beli kondom beraroma, Beli kondom bertekstur, Beli kondom getar, Beli kondom tebal, Beli kondom tipis, Beli kondom wanita, Beli pasutri

HALO CINTA!

Dapatkan kejutan dari AsmaraKu jika kamu mendaftarkan email sekarang.

Kita tunggu yah belanjanya :3

PRIAWANITA
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com