FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Panduan Berbuka yang Benar Sesuai Anjuran Kemenkes

Saat berbuka orang cenderung "kalap" dalam mengonsumsi makanan dan minuman setelah lapar seharian. Padahal, ada anjuran berbuka tertentu agar Anda tetap sehat selama puasa. 

Panduan Berbuka yang Benar Sesuai Anjuran Kemenkes

BERPUASA di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban setiap umat islam untuk menjalankannya. Meski sedang menahan lapar dan haus, bukan berarti boleh dijadikan alasan untuk tidur-tiduran atau bermalas-malasan.

Justru pada saat inilah, kedisiplinan setiap muslim dalam menjalankan pola makan sehat dan memperbanyak ibadah menjadi sebuah tantangan.

Dilansir dari laman kemenkes RI, dr. Eni Gustina, MPH, selaku direktur keluarga Kemenkes menyebutkan, bahwa buah-buahan yang manis sangat baik untuk dijadikan menu berbuka sehat yang diterapkan dalam keseharian selama bulan Ramadhan.

Berikut adalah beberapa tips puasa dan menu berbuka sehat yang diberikan oleh dr. Eni Gustina:

1. Mengawali dengan Air Putih Hangat dan Kurma

Tips puasa dari dr Eni Gustina, merekomendasikan agar mengawali dahulu menu berbuka sehat dengan meneguk air putih hangat. Kemudian, menyantap buah – buahan segar yang rasanya manis dan bukan asam. Misalnya, seperti buah kurma, pepaya, semangka, melon dan sebagainya.

Menurut agama, buah kurma juga menjadi sunnah dan sangat dianjurkan untuk menu berbuka puasa. Pasalnya, kurma mengandung gula alami yang bisa memulihkan energi selepas berpuasa tanpa menaikkan gula darah secara drastis.

Tak hanya itu, menurut para pakar kesehatan buah kurma juga mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh. Di antaranya yang paling besar adalah potasium/ kalium dan magnesium. Sementara, nutrisi bermanfaat lain seperti zat besi, selenium, seng, fosfor, mangan, tembaga, boron, fluorin dan sodium

2. Jangan Berlebihan

Tips puasa selanjutnya dari dr. Eni Gustina adalah jangan langsung mengonsumsi makanan berat agar sistem pencernaan tidak kaget. Selama berpuasa berjam – jam, sistem pencernaan beristirahat dari mencerna makanan. Oleh karena itu, sebaiknya untuk menu berbuka puasa yang sehat dapat dipilih buah – buahan terlebih dahulu atau nasi dengan porsi sedikit.

3. Perbanyak Sayuran

Tips puasa sehat selanjutnya adalah perbanyak konsumsi sayuran. Saat berbuka, ketimbang langsung makan makanan berlemak, Anda sebaiknya mengonsumsi nasi dengan sayur berkuah.

Selain lebih sehat, makan dengan banyak sayuran akan membantu tubuh mendaptkan asupan nutrisi dan air yang hilang selama berpuasa seharian. 

Tidak hanya itu, jangan lupa untuk tidak makan berlebihan agar Anda bisa menjalani ibadah shalat tawawih dengan khusuk dan nyaman. 

Baca juga: Tips Olahraga Selama Ramadhan

4. Jangan Takut Makan Setelah Shalat Tarawih

Ada anggapan jika makan terlalu malam setelah shalat tarawih maka tubuh bisa gemuk. Hal ini tak sepenuhnya benar. Setelah berpuasa seharian, tubuh tentu membutuhkan asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Meski makan di malam hari, Anda tidak akan menambah berat badan asalkan makanan yang dipilih adalah sayur-sayuran, kacang, dan protein dengan sumber gizi yang seimbang.

Sehabis makan malam, juga sebaiknya jangan langsung tidur. Karena tubuh membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk mencerna sari-sari makanan.

Gunakan jeda waktu yang ada untuk beribadah atau beraktivitas hingga jam 21.00 – 22.000. Barulah, bisa tidur untuk mempersiapkan diri bangun makan sahur.

 

 Nutrimax Selenomax A, C, & E With Ala & Mixed Carotenoids, Rp 200.000,- ; Beli di sini

5. Mengonsumsi Suplemen Kesehatan

Jangan lupa, untuk menjaga tubuh tetap bugar dan tidak mudah lemas atau lesu, konsumsi juga suplemen kesehatan, contohnya seperti Vitamin C, Vitamin B, minyak ikan, zat besi, kalsium, dan berbagai mineral lainnya agar tubuh tetap berstamina meski berpuasa.

Terutama jika Anda sering bepergian atau bekerja aktif di bulan Ramadhan, sangat penting menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh agar tidak menganggu kinerja dan aktivitas sehari-hari.

Karena itu pilih suplemen kesehatan yang sudah memiliki sertifikat resmi dari Kemenkes maupun BPOM agar terjamin keaslian dan halalnya.

 

Nah, ikuti panduan berbuka puasa yang sehat sesuai anjuran di atas agar menjalani ibadah puasa Ramadhan tetap lancar. Selamat berpuasa.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi