Advertisement
Advertisement

Pakaian Apa yang Sebenarnya Tepat untuk Ibu Hamil?

Saat hamil, wanita tentu akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya. Karena hal itu akhirnya banyak pakaian lama jadi tidak bisa terpakai untuk sementara. Lalu pakaian apa yang tepat untuk ibu hamil? 

Pakaian Apa yang Sebenarnya Tepat Untuk Ibu Hamil?

KEHAMILAN adalah masa yang indah dalam kehidupan seorang wanita. Dalam masa ini, tubuh mengalami perubahan secara fisik dan membutuhkan pakaian yang nyaman dan memenuhi perubahan tersebut.

Karena itu pakaian yang penting untuk ibu hamil adalah jenis pakaian yang dapat memberi ruang bagi bagian perut serta payudara untuk terus membesar.

Dulu, banyak ibu hamil yang tidak memperhatikan pakaian hamil dan biasanya hanya mengenakan pakaian longgar. Cara ini memang benar, karena yang terutama untuk memilih pakaian hamil adalah dengan memilih bahan yang ringan dan nyaman serta menopang perut.

Namun kini, dengan banyaknya ibu hamil yang tetap bekerja tentu merasa sedikit kesulitan dalam menemukan pakaian yang tepat. 

Lalu pakaian apa yang tepat saat hamil? Berikut ulasannya: 

Baju Hamil Sesuai Budget

Biasanya, wanita merasa kurang percaya diri dengan penampilan mereka selama masa kehamilan, maka dari itu disarankan untuk memilih pakaian hamil yang tepat untuk bentuk tubuh dan juga nyaman.

Namun, tidak jarang harga dari pakaian tersebut melebihi budget. Beberapa alternatif yang bisa dipilih adalah atasan dengan model ikat. Pakaian ini memberi ruang untuk perut saat membesar, dan merupakan salah satu model yang mudah dicari, juga banyak tersedia dengan harga yang terjangkau.

Atasan dengan bahan tunik pun juga cantik, memiliki banyak model, dengan harga yang cukup terjangkau pula. Namun ingat utnuk mencari bahan yang lembut, nyaman, dan mudah untuk bergerak.

Tips lainnya adalah untuk memilih warna yang terang, dan menghindari corak dan pola yang besar.  Kemeja panjang dengan kancing juga dapat menjadi model pakaian yang dipilih jika ingin lebih santai.

Eve Hands Free Pumping Bra, Rp 385.400,- ; Beli di sini

Nyaman Adalah Yang Terpenting

Fashion atau mode memang hal penting sebagai cara tampil cantik selama hamil, namun ingat kesehatan ibu dan bayi tetaplah yang terpenting. Jika dalam poin sebelumnya dikatakan bahwa atasan haruslah memberi ruang untuk perut, celana hamil juga harus memberi ruang bagi perut.

Pilihlah celana dengan pinggang berbagan karet agar tidak menahan pergerakan bayi atau peredaran darah. Rok dan celana low rise juga dapat menjadi alternatif yang dapat dipilih.

Selain atasan dan celana, hal penting lainnya adalah bra selama kehamilan. PIlihlah bra yang dapat menopang payudara dengan baik dan juga nyaman. Namun tidak perlu khawatir pilihan bra Anda terbatas karena kini banyak tersedia lingerie seksi yang juga nyaman.

Perhatikan Ukuran

Pakaian hamil didesain untuk memberi ruang bagi perut dan dada Ibu yang terus membesar selama masa kehamilan. Namun, beberapa ibu hamil tetap merasa lebih nyaman mengenakan pakaian sehari-hari.

Jika Anda adalah salah satunya, pastikan pakaian tersebut nyaman, dan ukurannya lebih besar dari yang biasa digunakan. Tergantung berat badan juga, kemungkinan Anda harus membeli ukuran yang lebih besar mendekati bulan-bulan akhir kehamilan.

Baca juga: Jenis Olahraga yang Nyaman saat Hamil

Pakaian Hamil untuk Wanita Karier

Jika Anda adalah seorang wanita karir yang sedang mengandung, tentu mengalami sedikit kesulitan saat harus memilih pakaian yang nyaman sekaligus sesuai aturan kantor dan tetap terlihat professional.

Namun tidak perlu khawatir, untuk 3 bulan pertama, Anda bisa mengenakan pakaian sehari-hari yang biasa dikenakan ke kantor. Pada bulan berikutnya, Anda mungkin akan membutuhkan pakaian dengan ukuran lebih besar dari biasanya.

Pilih pakaian dengan bahan halus serta memberi Anda ruang bergerak yang nyaman. Pakaian yang dapat Anda pilih termasuk celana slim fit dan rok. Kombinasi atasan biasa dengan sweater juga bisa menjadi pilihan.

Perlu diperhatikan juga, meski bekerja, hindari pemakaian high heels dan gunakan flat shoes atau sandal saat memungkinkan karena biasanya kaki akan bengkak saat hamil. 

Pakaian Olahraga

Olahraga sangat dianjurkan untuk dilakukan saat masa kehamilan karena dapat memastikan Anda dan bayi tetap sehat. Karena itu pakaian saat olahraga yang tepat perlu dipilih dengan teliti.

Pilihlah pakaian yang longgar dengan bahan katun, lycra, atau spandex yang dapat menyeimbangkan suhu tubuh dan tetap membuat Anda leluasa bergerak. Tidak hanya itu bahan tersebut juga memberi ruang untuk bagian perut.

Eve Comfy Cotton Pregnancy Low Waist Brief Panty, Rp 84.400,- ; Beli di sini

Maternity Bra

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain pakaian luar hal penting lainnya adalah maternity bra yang sesuai selama masa kehamilan dan menyusui.

Maternity bra atau bra kehamilan sangat penting untuk Anda miliki karena dalam masa kehamilan payudara akan makin berat dan lunak, sehingga butuh ditopang dengan baik.

Pilihlah bra yang terbuat dari bahan katun dan tali yang menopang punggung serta pundak tanpa terasa tegang. Meski nyaman, bukan berarti Anda tidak dapat mengenakan lingerie seksi. Kini, banyak bra yang tidak hanya memberi kenyamanan dengan model yang menarik.

Selamat menjalani masa kehamilan dengan nyaman , juga cantik!

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi