FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[Promo] 5% Cashback untuk pembayaran dgn OVO
Advertisement
Advertisement

Mulut Terasa Pahit, Apa ya Sebabnya?

Mulut pahit tentu dialami banyak orang, terlebih setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Namun bagaimana jika mulut Anda terasa pahit secara tiba-tiba dan dalam waktu yang lama? Anda patut waspada, lho.

SETELAH makan makanan masam atau pahit, seringkali kita merasakan mulut pahit yang sangat tidak enak. Hal ini wajar saja karena merupakan dampak dari makanan atau minuman yang kita konsumsi.

Umumnya, efek ini akan segera menghilang seiring berjalannya waktu. Namun, ada kalanya efek ini menetap dan tak hilang-hilang. Nah, ketika ini terjadi, Anda harus mulai waspada. Jangan-jangan, ada penyebab lain yang menyertai datangnya rasa mulut pahit ini.

Salah satu tanda mulut pahit yang perlu diwaspadai adalah bila rasanya tak kunjung hilang bahkan setelah Anda mengonsumsi makan makanan lain. Pun, rasa pahitnya tetap terasa setelah Anda menggosok gigi.

Bila ini terjadi, percayalah bahwa sebab mulut terasa pahit tidak hanya dari makanan yang Anda konsumsi, tetapi berasal dari gangguan kesehatan yang mungkin Anda derita. Dikutip dari medicalnewstoday.com, inilah beberapa sebab mulut terasa pahit yang mungkin terjadi pada Anda.

Mulut Kering

Mulut kering atau xerostomia adalah kondisi ketika mulut tidak memproduksi cukup saliva. Saliva sendiri berfungsi untuk membunuh bakteri. Lebih sedikit saliva berarti lebih sedikit bakteri yang terbunuh.

Penderita xerostomia akan merasakan mulut pahit, kering, dan lengket. Ini dapat disebabkan oleh konsumsi obat pahit, gangguan mulut sebelumnya, atau konsumsi tembakau.

Baca juga: Atasi Mulut Kering Dengan 10 Langkah Ini!

Kesehatan Gigi yang Buruk

Selain mulut kering, kesehatan gigi yang buruk adalah penyebab lain mulut terasa pahit. Tak hanya mulut terasa pahit, kesehatan gigi yang buruk juga bisa menimbulkan berbagai macam infeksi, cavities, dan gingivitis.

Untuk menjaga kesehatan gigi, sikat gigilah secara teratur sehabis makan dan bersihkan sela gigi dengan benang (flossing) jika dibutuhkan. Sikat lidah juga bisa Anda gunakan untuk mengenyahkan bakteri jahat. Di antara jadwal menggosok gigi, segarkanlah mulut dengan obat kumur.

Kehamilan

Nah, rupanya kehamilan juga bisa menyebabkan mulut terasa pahit, lho. Saat hamil, kondisi hormon Anda akan berubah. Fluktuasi ini akan membuat beberapa makanan terasa menjijikkan dan tidak enak di lidah. Namun, jangan khawatir, setelah melahirkan, rasa ini akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: 6 Perubahan Aneh Selama Kehamilan Ini Ternyata Wajar, Ladies

Menopause

Selain kehamilan, fase lainnya yang bisa menyebabkan mulut pahit pada perempuan adalah menopause. Rasa pahit di mulut menjelang menopause disebabkan oleh rendahnya hormon estrogen. Selain mulut pahit, rendahnya level estrogen dalam tubuh juga bisa menimbulkan sindrom mulut terbakar.

Baca juga: 10 Tanda Alami Memasuki Masa Menopause

Sindrom Mulut Terbakar

Bersama rasa pahit, ada kalanya mulut terasa seperti terbakar. Banyak yang bilang sensasinya sama seperti memakan lada pedas. Sindrom mulut terbakar dapat muncul secara mendadak dan hilang begitu saja.

Namun, ada juga yang merasakannya dalam waktu yang lama. Orang dengan sindrom mulut terbakar biasanya akan kesulitan makan dan minum walau ada sebagian yang merasa makan dan minum dapat meredakan sindrom ini.

GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau acid reflux bisa menjadi penyebab lain mulut pahit. Penyakit ini terjadi ketika otot perut bagian atas melemah hingga membiarkan asam lambung naik ke saluran cerna.

GERD cenderung mengganggu saluran cerna hingga menyebabkan sensasi terbakar di dada dan perut.

Stres dan Cemas

Kondisi psikologis rupanya bisa berdampak pada mulut pahit juga, lho. Salah satu dampak stres dan cemas adalah mengubah kemampuan Anda dalam mengecap. Cemas dapat menyebabkan mulut kering yang akhirnya berdampak pada timbulnya rasa pahit di mulut.

Itulah beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan mulut Anda pahit. Jika rasa pahit di mulut bertahan lama, segera hubungi dokter, ya.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi