FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Miss V Kering? Kenali 5 Penyebab dan Penanganannya

Tidak sedikit wanita yang mengalami vagina kering dan tentunya kondisi tersebut sangat menganggu. Selain menimbulkan rasa sakit, miss v kering juga dapat menurunkan rasa percaya diri saat berhubungan intim.

PENYEBAB miss v kering beragam, mulai dari faktor fisiologis seperti perubahan hormon atau efek samping obat, hingga masalah emosional dan psikologis seperti kurangnya keinginan atau bahkan karena kecemasan.

Untungnya, ada banyak pilihan untuk mengatasi kekeringan vagina berdasarkan penyebabnya masing-masing. Bagi Anda yang merasakan vagina kering, Anda tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendiri.

Setidaknya, dua pertiga wanita berusia di atas 60 tahun mengalami kekeringan vagina sebagai masalah seksual utama mereka selain kurangnya minat dalam seks. Namun, vagina kering juga menjadi perhatian bagi wanita di bawah 60 tahun.

Langkah pertama dalam mengatasi kekeringan vagina adalah dengan mencari tahu penyebabnya, terutama jika kekeringan vagina sampai membuat miss v sakit. Sejumlah kondisi dapat menyebabkan kurangnya pelumasan vagina, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Perubahan hormon

Salah satu penyebab miss v kering paling umum adalah karena penurunan kadar estrogren selama menopause atau perimeopause setelah melahirkan atau selama menyusui.

Pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi ke panggul juga dapat menyebabkan rendahnya estrogen dan menurunkan pelumasan vagina.

2. Penggunaan obat-obatan

Obat alergi dan pilek yang mengandung anthistamin serta obat asma dapat berefek pada pengeringan di dalam tubuh termasuk pada vagina. Hal ini menyebabkan berkurangnya pelumasan vagina dan membuat miss v kering saat berhubungan.

3. Kurang gairah

Miss v kering juga dapat disebabkan karena tingkat libido rendah atau masalah seksual dengan pasangan. Jika pasangan kurang lihai di ranjang dan mengalami ejakulasi ini, itu mungkin dapat menyebabkan miss v kering saat berhubungan intim.

Baca juga: 6 Alasan Miss V Terasa Sakit Setelah Hubungan Intim

4. Iritasi

Bahan kimia dalam sabun, produk kebersihan, pewarna dan parfum dapat menyebabkan masalah miss v sakit karena kurang pelumasan. Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa mereka memiliki alergi terhadap deterjen dan sabun.

Selain itu, banyak juga wanita yang mengalami iritasi karena pakaian dalam atau handuk. Pelumas dan benda-benda lain yang diletakan ke dalam vagina mungkin juga dapat menjadi penyebab alergi.

5. Gelisah

Faktor psikologis dan emosional seperti stres dan kecemasan juga dapat menganggu hasrat seksual dan menyebabkan kekeringan pada vagina ketika pelumasan tidak berlangsung normal pada vagina.

Ketika seorang wanita cemas, aliran darah tidak cukup dan ini akan menganggu proses pelumasan alami.

Cara mencegah dan mengatasi vagina kering

Perawatan untuk vagina kering akan bergantung kepada penyebabnya. Wanita yang mengalami masalah dengan miss V kering karena perubahan hormon seringkali dapat mengatasinya dengan terapi estrogen.

Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan merekomendasikan perawatan lokal seperti penambahan estrogen vagina. Cara lainnya adalah dengan mengonsumsi obat khusus yang dapat meningkatkan kadar estrogren.

Disamping terapi estrogen, pendekatan lain yang dapat mengatasi masalah kekeringan vagina adalah sebagai berikut:

1. Pelumas

Terdapat banyak pelumas yang dapat membantu mengatasi vagina kering. berbagai jenis pelumas dapat digunakan seperti yang berbasis silikon, minyak dan air.

Namun pelumas hanya disarankan untuk penggunaan jangka pendek dan bisa menyebabkan ketidaknyamanan ketika digunakan dalam jangka panjang.

2. Pelembab

Pelembab vagina yang dijual bebas dapat menjadi cara yang efektif untuk meminimalisir vagina kering selama beberapa hari dengan satu pemakaian. Pelembab membantu memasukkan air ke dalam jaringan vagina sehingga tidak mudah kering.

Kekeringan vagina adalah kondisi umum yang dialami oleh wanita dan seringkali membuat frustasi, namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Jika vagina kering menyebabkan hubungan intim yang menyakitkan, pastikan Anda segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca juga: 9 Cara Mengatasi Vagina Kering

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi