FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120K
[INTERNSHIP] Tertarik Berkarya di Dunia E-Commerce? Join AsmaraKu Now! Mau gabung
Advertisement
Advertisement

Migrain saat Menstruasi? Lakukan Cara Ini untuk Mengobatinya

Tahukah anda? Menurut penelitian, sakit kepala sebelah atau migrain lebih rentan menyerang perempuan daripada laki-laki. Hal ini dipicu oleh fluktuasi hormon yang rutin dialami perempuan setiap bulannya, yaitu menstruasi.

Migrain saat Menstruasi? Lakukan Cara Ini untuk Mengobatinya

PENYEBAB migrain saat menstruasi memang belum diketahui secara pasti. Diduga hal tersebut diakibatkan karena jumlah hormon estrogen dan progesteron menurun dalam tubuh. Kadar estrogen dan progesteron yang menurun mempengaruhi kadar serotonin dan menurunkan kepekaan syaraf penerima rasa nyeri. Ada dua jenis migrain yang terjadi saat menstruasi antara lain:

  1. Premenstrual migrain, yaitu migrain yang dialami perempuan dalam waktu 3-7 hari sebelum menstruasi dan berakhir pada hari pertama menstruasi.
  2. Menstrual migrain, yaitu migrain yang terjadi selama 1-2 hari pertama menstruasi dan akan membaik di hari kedua atau ketiga.

Tidak perlu khawatir jika anda mengalami migrain pada masa sebelum atau sesudah menstruasi. Berikut adalah cara sederhana yang ampuh meredam migrain:

Aromaterapi

Seperti dikutip dari buku “Aromatherapy for Dummies”, campurkan 5 tetes minyak lavender esensial dengan air dingin atau air hangat lalu gunakan untuk mengompres area leher dan kepala selama 10 menit. Hal ini diyakini mampu meredam migrain.

Olahraga

Memang, olahraga merupakan cara terbaik untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Gerakan tubuh yang terjadi saat berolahraga akan menghasilkan endorfin (hormon yang befungsi menghilangkan nyeri). Maka, tidak ada salahnya melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit atau 1 jam sehingga hormon endorfin dapat membantu meredam migrain saat menstruasi.

Pijat

Memijat area bahu dan leher bagian belakang selama 5 menit, kemudian dilanjutkan dengan pijatan pada pangkal tengkorak selama 1 menit terbukti mampu meredakan migrain.

Mengonsumsi Magnesium

Salah satu penyebab orang rentan mengalami migrain karena rendahnya kadar magnesium pada tubuh. Rajin mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beras merah dapat meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh sehingga meminimalisasi terjadinya migrain saat menstruasi.

Selain itu Anda juga perlu memantau siklus menstruasi bulanan untuk memantau kesehatan organ intim. Tak hanya itu, mengetahui siklus haid bulanan juga bisa sebagai ‘alarm’ teratur atau tidaknya haid Anda setiap bulannya.

Tak usah repot, Anda bisa memantau siklus haid dan masa subur dengan Aplikasi Hawa, yang bisa di-download di Google Play Play di App Store.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Kembali —

Halaman ini dibuat untuk menjaga privasi Anda
ketika berbelanja di Asmaraku.com

Gambar Halaman Privasi