FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Mengenal Ambergris Bahan Pembuat Parfum Paling Mahal

Banyak orang mengira jika deretan parfum mahal di toko merupakan hasil penyulingan berbagai bahan seperti buah atau bunga. Padahal tidak hanya itu, parfum dengan aroma yang memikat dapat dibuat dari muntahan seekor paus. 

Mengenal Ambergis Bahan Pembuat Parfum Paling Mahal

SAAT ini parfum sudah menjadi kebutuhan pokok demi menunjang penampilan. Dengan menggunakan parfum akan membuat tubuh wangi dan segar sepanjang hari.

Apalagi bagi Anda yang hidup di Indonesia dengan cuaca yang cenderung panas, produksi minyak berlebih jelas akan memicu munculnya bau badan tak sedap.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menyimpan sebuah parfum ditas Anda ketika hendak bepergian. Mungkin kebanyakan orang berfikir parfum mewah nan harum pasti terbuat dari bahan-bahan cantik seperti bunga.

Pada kenyataannya tidaklah demikian, bahkan ada parfum mewah yang terbuat dari bahan yang cukup menjijikan seperti ambergris atau muntahan paus.

Bahan dasar ambegris paus ini pada awalnya belum banyak diketahui banyak orang. Sampai beberapa waktu yang lalu di Indonesia sempat dihebohkan dengan nelayan yang mendadak menjadi milyader dalam semalam karena menemukan ambergris paus.  

Untuk mengetahui lebih lanjut apa sih dan bagaimana ambergris paus itu, berikut fakta-faktanya.

Apa Itu Ambergris?

Untuk mengenal jauh lebih lanjut ambegris paus ini pertama kali kita harus tau apa itu ambergris. Ambergris pauis itu sendiri adalah muntahan paus berupa zat padat lilin dan mudah terbakar yang diproduksi didalam usus ikan.

Sedangkan pakar LIPI (Lembaga Penelitian Indonesia) menyebutkan bahwa ambergris paus adalah hasil sekresi dari saluran pencernaan sperma. Hasil sekresi ini walaupun dikenal sebagai muntahan namun ambergris tidak keluar dari mulut paus tapi melalui anus paus.

Meskipun terkesan agak menjijikkan, namun faktanya ambergris paus ini aalah salah satu bahan dasar parfum yang paling mahal.

D&G Desire Women, Rp 725.000,- ; Beli di sini

Sejarah Ambergris Paus

Meskipun belum banyak diketahui oleh orang banyak, rupanya ambergris telah lama dikenal oleh bangsa Afrika sejak 1.000 SM. Pada saat itu ambergris paus dijadikan sebagai barang dagangan yang dikenal oleh bangsa China sebagai “Lung Sien Hilang” atau dalam bahasa Indonesia “Ludah Pengharum Ular Naga”.

Tapi pada saat itu orang belum mengetahui jikalau ambergris ini berasal dari muntahan paus, mereka mempercayai secara mitos bahwa ambergris berasal dari ludah naga laut yang tidur di bawah bebatuan laut.

Di Indonesia sendiri, Ambergris semakin dikenal pada saat nelayan di Bengkulu menembukan ambergris yang kemudian menjadi viral karena nelayan tersebut menjadi milyader dalam semalam.

Cara Pengolahan Ambegris

Ambergris paus dihasilkan dari reaksi iritasi perut yang disebabkan oleh kepala cumi dan kerang tertentu kemudian dimuntahkan secara spontan. Pada umumnya ambergris yang baru saja dimuntahkan berwarna kehitaman agak gelap, lunak dan baunya tidak enak.

Kendati ambergris ini adalah bahan dasar parfum mahal, tapi aromanya pada saat baru dimuntahkan tidaklah wangi. Malah di awal aromanya cenderung menjijikkan namun lama-kelamaan akan berubah menjadi aroma khas yang menyenangkan hati.  

Sementara itu cara pengolahan ambergris dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu :

  • Pertama-tama sebelum dijadikan bahan parfum, ambegris harus dibuat dengan proses tincture.
  • Proses tincture adalah proses perendaman suatu zat dengan alkohol berkadar tinggi yang biasanya mencapai lebih dari 85%.
  • Ambergris dihancurkan lalu direndam di dalam alkohol selama kurang lebih 2 hingga 7 bulan atau lebih agar ambergris larut sempurna
  • Setelah itu ambergris siap diramu dijadikan parfum

Chanel Chance Women, Rp 2.850.000,- ; Beli di sini

Mengapa Parfum Ambergris Bisa Menjadi Sangat Mahal?

Pertanyaan ini tentu menjadi pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh banyak orang. Bagaimana mungkin muntah paus yang seharusnya menjijikkan membuat nelayan di Bengkulu menjadi seorang milyader dalam waktu semalam saja. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa ambergris paus sangatlah mahal, berikut beberapa alasannya: 

  • Alasan pertama yaitu aroma ambergris yang menyenangkan manusia hanya bisa didapatkan dari ambergris saja. Tidak ada dari bahan lain, dari bunga apapun itu
  • Sangat jarang ditemukan. Meskipun jumlah paus agak banyak namun faktanya hanya sedikit paus yang bisa mengeluarkan ambergris ini.
  • Selain hanya sedikit paus yang bisa mengeluarkan ambergris ini, ambergris yang dikeluarkan oleh paus juga sangatlah sedikit. Oleh karena itu sangatlah wajar jika parfum mewah ambergris ini sangatlah mahal
  • Karena berupa muntahan yang tidak setiap waktu keluar, jadi ambergris ini sangatlah langka. Paus akan memuntahkannya jika terjadi iritasi di perut paus tersebut.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Keranjang Belanja
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi