Mengapa Wanita yang Wangi Terlihat Lebih Cantik?

Bagi pria maupun wanita, memiliki tubuh yang wangi adalah sebuah hal yang sangat penting. Tubuh yang wangi akan membuat setiap orang menjadi lebih percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bagi wanita, kewangian pada tubuh ternyata juga membuat mereka semakin percaya diri dan menambah aura kecantikannya. Mengapa bisa begitu?

Mengapa Wanita yang Wangi Terlihat Lebih Cantik?

SAAT ini sering kita temui bahwa banyak sekali parfum wanita yang ditawarkan dari berbagai macam brand. Selain untuk menjadi lebih cantik, penggunaan parfum pada wanita juga merupakan salah satu cara menjadi wanita berkelas.

Menggunakan parfum dengan aroma yang tepat tidak hanya membuat wanita menjadi wangi tapi juga lebih cantik dan mempesona.

Di sisi lain, sebuah studi juga menunjukkan bahwa wanita cenderung dinilai lebih menarik secara fisik, saat tercium aroma harum pada tubuhnya.

Peneliti juga menyimpulkan hal ini terjadi karena adanya persepsi bahwa kecantikan wajah fisik yang lebih didorong secara emosional, dibandingkan secara rasional. Selain itu, aroma parfum wanita yang tepat membuat wajah terlihat lebih muda atau lebih dewasa sesuai dengan keinginan pemakainya.

Baca juga: 10 Parfum Wanita Terfavorit Sepanjang Masa

Monell Chemical Senses Center mengungkapkan bahwa wajah wanita dinilai semakin menarik dengan wangi parfum yang digunakan.

Di sisi lain tingkat keharuman pada parfum yang digunakan tersebut kurang berkorelasi dalam hal menebak usia penggunanya.

Janina Seubert, PhD., seorang neurolog kognitif yang merupakan peneliti di Monell, menyampaikan bahwa aroma yang menyenangkan dan daya tarik wajah saling berintegrasi dengan evaluasi emosional.

Sehingga terdapat hubungan antara wangi parfum yang digunakan dengan persepsi akan wajah penggunanya. Dengan kata lain, wangi parfum yang tepat dapat membuat wajah penggunanya terlihat lebih muda.

Menurut Science Daily, parfum dan produk wewangian telah digunakan selama berabad-abad sebagai cara untuk meningkatkan penampilan pribadi secara keseluruhan.

Desain penelitian saat ini berpusat pada prinsip bahwa menilai daya tarik dan usia seseorang melibatkan dua metode pengolahan yang berbeda: daya tarik dianggap sebagai proses emosional sementara penilaian usia diyakini bersifat kognitif, atau berdasarkan rasional.

Dari penelitian yang dilakukan oleh PLOS ONE, diambil 18 orang dewasa muda sebagai subjek untuk menilai daya tarik dan usia, lalu dipilih delapan wajah wanita dari berbagai usia sebagai peserta.

Baca juga: Ini Dia, Cara Memilih Parfum yang Benar!

Saat dievaluasi, satu dari lima peserta menggunakan bau dari campuran minyak ikan (tidak menyenangkan) dan lainnya minyak mawar (menyenangkan), sedangkan subjek dipersilahkan untuk melakukan penilaian.

Kenikmatan bau secara langsung memengaruhi penilaian daya tarik wajah. Subjek menilai peserta dengan bau  yang menyenangkan pastilah berusia lebih muda dibanding dengan mereka yang memiliki bau tidak menyenangkan.

Ketika sampai pada tugas kognitif untuk menebak usia peserta, isyarat visual seperti keriput dan noda dikaitkan dengan persepsi usia yang lebih tua. Tapi penambahan bau yang menyenangkan atau tidak menyenangkan memiliki efek yang beragam.

Isyarat usia visual ini ternyata sangat membantu mempengaruhi persepsi usia ketika adanya stimulus bau yang menyenangkan atau wangi. Yang tadinya subjek memiliki persepsi bahwa orang ini usianya sudah tua, persepsi mereka berubah dengan menebak usia yang lebih muda.

Baca juga: Cara Memakai Parfum yang Benar Agar Tahan Lama

Untuk membuat penampilan lebih cantik dengan wangi yang menyenangkan, Anda dapat memilih parfum dengan wangi sesuai dengan karakter diri Anda. Adapun Anda bisa mengikuti beberapa tips memilih parfum agar sesuai dan cocok untuk Anda.

Tips memilih parfum selanjutnya yaitu memilih wangi berdasarkan kepribadian, serta menyadari perbedaan pada kecocokan parfum.

Saat ini banyak sekali produk parfum wanita yang dapat Anda pilih untuk melengkapi penampilan yang akan membuat Anda semakin cantik mempesona.
Kembali ke blog

Tulis komentar

Ingat, komentar perlu disetujui sebelum dipublikasikan.

Produk Rekomendasi

Tutup

Artikel terkait