Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

FREE Ongkir Pulau Jawa 0
Rp 120.000 120.000
#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Happy Valentine's Day!
Advertisement
Advertisement

Mengapa Wanita Harus Menggunakan Sport Bra Ketika Olahraga?

Beha sport atau bra olahraga sangat bagus untuk mendukung bentuk payudara ketika berolahraga. Tanpa dukungan yang nyaman, olahraga akan terasa kurang maksimal.

MENGAPA beha sport atau bra olahraga itu penting? Seperti yang Anda ketahui, gravitasi bumi membuat payudara naik-turun saat wanita berlari, melompat, atau melakukan gerakan olahraga yang aktif.

Gerakan yang terus-menerus dan berulang ini bisa menyebabkan rasa sakit, bahkan efeknya membuat payudara kendur.

Mengapa Wanita Harus Memakai Sport Bra Ketika Berolahraga?

Itulah sebabnya, sangat penting memakai ukuran sport bra yang tepat. Saat ini juga, banyak model baju olahraga wanita terbaru.

Beha sport dibuat untuk mengurangi gerakan ini dan menurunkan efek gravitasi. Payudara tidak memiliki otot.

Akan tetapi, tanpa dukungan ukuran sport bra yang sesuai, kulit dan ligamen dapat menyebabkan payudara kendur. Jika ligamen payudara sudah kendur, sulit untuk mengencangkannya kembali.

Seberapa pun ukuran payudara yang Anda miliki, payudara wanita pasti memantul selama aktivitas fisik atau berolahraga. Maka itu, yuk kita cek apa saja jenis dan kelebihan sport bra berikut ini ya!

Jenis Bra Olahraga

Ada beberapa jenis bra olahraga yang bisa dipilih sesuai bentuk dan ukuran payudara Anda. Bahkan, sekarang Anda bisa menjumpai model baju olahraga wanita terbaru dengan berbagai model dan tipenya. Antara lain:

  • Bra Kompresi (compression bra)

Bra kompresi berfungsi sesuai namanya. Kelebihan sport bra yang satu ini akan menciptakan efek mengencangkan payudara ke dada untuk membatasi pantulan payudara.

Saat menggunakan bra kompresi saat berolahraga atau aktivitas fisik yang lincah, wanita akan mudah bergerak bebas dan terasa nyaman karena minimnya pantulan payudara.

  • Bra Enkapsulasi (Encapsulation bra)

Bra enkapsulasi memiliki cup untuk masing-masing payudara. Setiap cup mengelilingi dan menopang payudara. Kebanyakan bra biasa adalah bra enkapsulasi yang tidak memiliki kompresi.

  • Bra kombinasi (Combination compression/encapsulation bra)

Bra kombinasi menggabungkan antara fungsi bra kompresi dan bra enkapsulasi. Dengan masing-masing cup yang berfungsi lebih optimal, kelebihan sport bra ini adalah dapat menawarkan dukungan payudara yang lebih nyaman.

  • Bra tank

Bra tank, juga dikenal sebagai shimmels, adalah tank top yang dilengkapi dengan cup bra. Anda akan terlihat lebih feminin dan manis saat melakukan olahraga low impact.

Akan tetapi, bra tank tidak direkomendasikan untuk dipakai ketika berlari atau aktivititas fisik high impact.

Dari beberapa jenis sport bra tersebut, ada perbedaan lain dari segi tali pengikat. Biasanya, tali pengikat sport bra ada yang terdapat di bahu dan ada juga yang terdapat di bagian punggung atau leher.

Menurut para ahli, sebaiknya pilih tali pengikat yang agak lebar agar lebih kuat dan nyaman. Selain itu, pilihlah sport bra dengan tali pengikat di bagian punggung karena mampu memberikan dukungan payudara yang lebih intens.

Bagaimana Menemukan Ukuran Sport Bra yang Pas?

Ingin memiliki ukuran sport bra yang pas? Yuk, simak tipsnya berikut ini:

1. Nyaman

Wajar bila Anda mengutamakan kenyamanan dalam memilih sport bra, baik di bagian cup maupun band-nya. Secara keseluruhan, bra olahraga Anda harus terasa sedikit lebih ketat daripada bra Anda yang biasanya.

Anda juga harus memperhatikan kenyamanan, pastikan Anda masihdapat bernapas dengan baik meski sport bra Anda ketat. Cobalah tarik napas panjang saat mencoba sport bra.

Apakah Anda merasa nyaman? Jika iya, maka Anda bisa memilih sport bra tersebut. Tetapi, bila terasa sesak atau terlalu longgar, sebaiknya pilih ukuran lain.

2. Band/Karet

Kemudian, perhatikan pula band atau karet di tepi bawah sport bra. Bagian karet atau band harus pas dan nyaman. Cobalah angkat tangan Anda sampai ke atas kepala.

Apakah band-nya bergerak atau bergeser? Jika band bergerak atau justru naik ke tulang rusuk, pilihlah bra dengan lingkar band yang lebih kecil. Jika sport bra tersebut memiliki tali, cobalah sesuaikan.

3. Cup Tidak Longgar

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah cup sport bra bisa menopang payudara secara menyeluruh. Pastikan cup tidak berkerut atau kusut. Jika kain cup tampak berkerut, cobalah sport bra dengan ukuran cup yang lebih kecil.

4. Tidak ada gesekan

Pastikan tidak ada gesekan di sekitar lengan, tali, jahitan, kait, jepit atau apa pun. Banyak bra olahraga disertai dengan tali yang dapat disesuaikan.

Sesuaikan tali untuk dukungan payudara yang lebih nyaman dan kuat. Selanjutnya, pastikan tali tidak menggali ke bahu Anda.

5. Kawat

Kawat atau underwires yang baik seharusnya melingkar di sekitar tulang rusuk Anda, bukan di payudara Anda. Jeda antar kawat di bagian depan harus berhadapan dengan tulang dada Anda.

Untungnya, sebagian besar model baju olahraga wanita terbaru menggunakan kain berteknologi tinggi, termasuk penyerap kelembaban yang kadang memicu alergi kulit.

Cara Merawat Bra Olahraga

Sebagus apa pun sport bra yang Anda miliki, suatu saat bra olahraga Anda pasti akan kehilangan elastisitasnya.

Namun, ada beberapa cara untuk membuatnya awet lebih lama. Simak langkah berikut ini:

  • Mencuci sport bra dengan tangan dan jemur dengan cara diangin-anginkan.
  • Gunakan deterjen khusus yang berformula lembut.
  • Jika sport bra sudah terasa kendur atau tidak mampu menyokong payudara secara maksimal, ganti dengan yang baru.

Bra olahraga yang baik dapat bertahan sekitar 6 bulan-1 tahun dengan estimasi sekitar 72 kali pencucian.

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:


Sumber

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi