Cart 0

Keranjang belanja Anda kosong

World AIDS Day! Beli kondom, 3 Jam Delivery langsung sampai! Pesan Sekarang

#PrivasiTerjamin
Paket polos tanpa label. Hanya Tuhan yang tahu barang pesanan kamu.
#PastiBPOM
No fake, no KW. Semua barang 100% original dengan sertifikat BPOM.
#AmbilSendiri
Ada loker rahasia yang menanti. Jadi jejak kamu aman.
#FreeOngkir
Ongkirnya buat kamu aja. Lumayan...buat beli es teh.
Love. Health. Beauty
Advertisement
Advertisement

Mengapa Kurang Tidur Dapat Membuat Anda Menjadi Mudah Kesal?

Sebuah hal yang wajar jika Anda merasa kesal. Sebab kesal merupakan salah satu bentuk dari emosi manusia. Namun hal itu menjadi tidak wajar jika Anda selalu merasa kesal setiap saat tanpa ada alasan yang jelas. Lalu apa penyebab sesungguhnya yang membuat Anda menjadi mudah kesal? Ada berbagai macam alasan yang dapat membuat Anda menjadi mudah kesal. Salah satunya adalah karena kurang tidur. Maka dari itu, waspadailah jika Anda merasa mulai kurang tidur sebab hal itu bisa saja menyebabkan Anda menjadi mudah kesal.

Mengapa Kurang Tidur Dapat Membuat Anda Menjadi Mudah Kesal?

Banyak orang yang menjadikan alasan kurang tidur yang menyebabkan emosi tidak stabil dan perasaan menjadi mudah kesal. Menurut salah seorang pakar medis bernama Dr. Rahajeng Arianggaini, kurang tidur yang berkepanjangan memang dapat mempengaruhi mood seseorang. Ketika tubuh manusia merasa lelah akibat kurangnya waktu tidur, secara otomatis kesehatan emosi akan menjadi terganggu dan Anda akan lebih mudah merasa kesal.

Tak hanya sampai di situ, kepala yang pusing dan perubahan mood juga dapat menjadi faktor naik turunnya tingkat emosi Anda yang dipicu oleh tubuh Anda yang memang kurang istirahat. Di mana kondisi mata dan pikiran Anda akan terganggu serta kesehatan emosi menjadi tidak stabil. Hal ini juga dapat dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam Journal of Applied Social Psychology yang menjelaskan bahwa kurangnya waktu tidur dapat mengurangi kemampuan berpikir seseorang, menyebabkan kurangnya kontrol diri, dan kemampuan untuk berpikir jernih. Akibatnya sulit untuk membedakan mana yang benar dan salah. Selain itu kurang tidur juga mengacaukan kesehatan emosi sehingga seseorang cenderung lebih mudah kesal dan cepat tersinggung.

Sementara itu, apabila ditinjau dari pergerakan gelombang otak, saat Anda tidur akan terjadi aktivitas gelombang otak yang sangat kuat. Hal ini memungkinkan otak Anda untuk me-reset kembali dan memusnahkan semua memori yang tidak bermanfaat. Namun jika tubuh Anda kekurangan waktu untuk tidur, maka tubuh akan merespon dengan keadaan yang masih lelah dan lemas, karena proses reset belum berjalan dengan sempurna. Berbeda dengan seseorang yang memiliki waktu tidur cukup. Saat seseorang memiliki waktu tidur yang cukup, ketika bangun ia akan merasa lebih segar dan siap untuk beraktivitas kembali.

Demikian pula pada anak-anak, kurang tidur juga akan mengganggu kontrol emosi dan sifat impulsif yang mereka miliki. Anak-anak yang sering kekurangan tidur dan kelelahan pada umumnya akan lebih sering mengamuk dibandingkan dengan anak yang cukup waktu tidurnya.

Itulah alasannya mengapa orang yang kurang tidur akan menjadi lebih mudah kesal dibandingkan dengan orang yang cukup tidur. Untuk itu, pastikan agar Anda selalu mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap harinya. Anda tentu tidak ingin bukan berubah menjadi orang yang menyebalkan karena kurang tidur? Karenanya, usahakan Anda selalu memiliki waktu untuk beristirahat agar Anda tidak mudah merasa kesal.

Namun apabila Anda telah memiliki waktu tidur yang cukup tetapi Anda masih mudah merasa kesal, bisa jadi Anda memiliki sesuatu yang salah dalam diri Anda. Untuk memastikannya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan psikolog yang terpercaya. Serta sering-seringlah mengkonsumsi makanan yang bisa membantu Anda lebih cepat tidur seperti teh hijau, sayur kangkung, kacang-kacangan, dan susu coklat hangat. Jika Anda ingin solusi yang praktis, Anda bisa memanfaatkan sebuah pengobatan alternatif bernama Terapi Binaural Beats Emotional Control untuk menghilangkan perasaan mudah kesal dan membantu menjaga kesehatan emosi Anda. Tentu, dalam melakukan pengobatan seperti ini Anda harus ditangani oleh seorang terapis yang berpengalaman, ya!

Direview tanggal: | Terakhir Diedit:

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait

Lebih mudah dan hemat serta privasi terjaga di aplikasi AsmaraKu.
Download sekarang:

Logo Google Play Logo Google Play
icon-arrow-left Kembali ke Love Journal
Halaman Privasi
Gambar Halaman Privasi